Sabtu, 17 April 2021

PERSAHABATAN ADALAH ANUGHRAH TERINDAH DARI TUHAN YANG TAK BISA TERGANTIKAN OLEH APAPUN.

 
























PERSAHABATAN ADALAH ANUGHRAH TERINDAH

DARI TUHAN YANG TAK BISA TERGANTIKAN OLEH APAPUN.

Hari Ke 459

Salah satu anugerah terbesar yang dapat diterima oleh seseorang adalah persahabatan. Persahabatan adalah sebentuk ikatan yang jauh lebih daripada sekadar tujuan yang sama, kesenangan yang sama, sejarah yang sama. Bersahabat berarti berada bersama dengan yang lain dalam kegembiraan dan kesedihan, juga kalau kita tidak mampu menambah kegembiraan atau mengurangi kesedihan. Berbahagialah orang yang memberikan hidupnya bagi sahabat-sahabatnya.” Sungguh mendalam makna persahabatan Anugerah adalah sesuatu yang diberikan kepada orang lain, tanpa melihat kualifikasi tertentu, yang sebenarnya tidak layak diterima oleh orang itu. Di sinilah kita melihat bahwa persahabatan sering kali kita menganggap rendah nilai persahabatan sendiri memandang persahabatan itu sebagai sesuatu yang sangat bernilai rela mati bagi para sahabat-Nya. Mari kita memaknai persahabatan lebih dalam lagi! Persahabatan bukan hanya sekadar relasi yang biasa-biasa saja, melainkan lebih dari itu, yaitu sebagai anugerah dari Tuhan. Dengan begitu, kita bisa lebih menghargai para sahabat kita.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Sekaligus sebagai MARKAS MKKS SMP Swasta Surabaya Utara , Pada Hari Sabtu 17/4/2021  Pada pukul 10.07 kedatangan tamu  sekaligus  sahabat penulis yaitu Ibu NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM Bersama dengan  suami beliau main ke SMP PGRI 6 Surabaya , Disana Ibu yang juga saat ini menjabat Direktur Pendidikan Yayasan Barunawati Biru Surabaya bersama dengan Suami Ngobrol banyak dengan Penulis yang juga di damping Kak SYAHRUL,S.Pd  selaku Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya yang juga menjadi Pelatih Pramuka dan Panahan di SMP PGRI 6 Surabaya. Di SMP PGRI 6 Surabaya Antara Penulis Dan Ibu Direktur Pendidikan Kelahiran Desember 1984 Tersebut  sudah seperti sahabat dan saudara , Penulis Dan Ibu NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM Adalah sama – sama Alumni di UNIVERSITAS NEGERI Surabaya  Cuma beda Jurusan . Penulis  merasa bangga punya sosok sahabat yang hebat seperti NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM dia sosok yang kalem , pengertian dan SMART

Sebelum pulang Ibu NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM memberikan Buah Tangan kepada Penulis dan Kak SYAHRUL Yaitu KURMA, Alhamdulilah Ibu NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM Sempat Di Goda Oleh Kak SYAHRUL,S.Pd ini ada Kurma Baru tah Namanya Nova , Akhirnya Kita Semua tertawa lagi sampai bu Nova gak kuat menahan, Ibu NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM Setiap ramadhan selalu ingat kepada penulis , Mama Penulis , Keponakan Penulis dengan membawakan Kurma. Dalam kesempatan tersebut Penulis berharap agar Persahabatan Ini Tetap berjalan walaupun sekarang jarang ketemu karena kesibukan masing – masing  Bagi Penulis  Ibu NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM Adalah seperti sosok Saudara yang selalu ada baik saat kakak penulis Sakit Operasi beliau juga hadir bersama suami dan Anaknya

Semoga ibu NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM beserta Keluarga Sehat Selalu Sukses Berkah Barokah Selamanya  Karena  bagi  penulis PERSAHABATAN ADALAH ANUGHRAH TERINDAH DARI TUHAN YANG TAK BISA TERGANTIKAN OLEH APAPUN.

#Tantangan Guru Siana     

# dispendik Surabaya

#GuruhebatA.

 

Jumat, 16 April 2021

 

































“ WALIKOTA SURABAYA MENGAJAR

MEMBERI INSPIRASI BAGI SISWA DAN KEPALA SEKOLAH

DI MASA PANDEMI COVID – 19

Hari Ke-  458

Pengertian Mengajar – Pada prinsipnya mengajar adalah upaya untuk menciptakan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung dan untuk mempromosikan proses pembelajaran. Jika belajar dikatakan dimiliki oleh siswa, mengajar adalah kegiatan guru. Pelajaran memberi pengetahuan kepada setiap siswa.Menurut pemahaman ini, Hal ini berarti bahwa tujuan belajar siswa hanyalah untuk memperoleh atau menguasai pengetahuan. Konsekuensi dari pemahaman ini dapat menyebabkan anak cenderung pasif karena hanya menerima informasi atau pengetahuan yang diberikan oleh gurunya. Agar pelajaran dipusatkan pada guru, guru memegang kunci dalam proses pembelajaran dan juga mengajar di kelas. Guru menyampaikan pengetahuan sehingga siswa mengetahui pengetahuan yang disampaikan oleh guru. Pada prinsipnya, mengajar harus membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar atau mengajar adalah upaya untuk mengatur lingkungan dalam kaitannya dengan siswa. Serta bahan pengajaran yang mengarah pada proses belajar-mengajar. Pemahaman ini juga menyiratkan bahwa guru harus dapat memainkan peran sebagai penyelenggara kegiatan belajar mengajar siswa dan bahwa mereka harus dapat memperoleh manfaat dari lingkungan. Baik di dalam kelas maupun di luar kelas yang juga mendukung kegiatan di bidang belajar dan mengajar. Sederhananya, Mengajar bertujuan untuk menyampaikan pengetahuan dan untuk melatih pola berpikir siswa. Mengajar untuk Memberi Pengetahuan Dalam konteks pendidikan, ilmu pendidikan dibagi menjadi dua bagian, yaitu ilmu eksak dan non eksak. Ilmu eksak adalah ilmu yang membutuhkan logika, perhitungan, dan keterampilan analitis yang kuat, seperti matematika, fisika, dan kimia. Ilmu pasti ini cenderung memaksimalkan kerja otak kiri.Ilmu non eksak adalah ilmu yang membutuhkan teori, pemahaman, dan ingatan yang kuat, seperti bisnis, seni, bahasa, dan sebagainya. Tidak seperti sains yang eksak, sains eksak ini membutuhkan kinerja otak kanan.Mengajar untuk Melatih Pola Piki Dalam bukunya “Taxonomy of Effective Teaching” Benjamin Bloom membagi pola pikir para siswa menjadi lima tingkatan. Lima tingkat pemikiran adalah pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan kreativitas. Pengetahua Guru mengajar di tingkat ini dengan menyampaikan fakta kepada murid-muridnya. Guru terbatas memberikan informasi kepadanya. Hasil yang diharapkan adalah bahwa pengetahuan siswa meningkat. Mereka yang awalnya tidak tahu apa-apa tentang suatu fakta harus mengetahuinya.PemahamanPada tingkat ini, guru mulai mengembangkan teknik mengajar untuk siswa mereka. Guru tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga mendorong sikapnya terhadap apa yang dia ketahui. Misalnya, setelah mengetahui arti sisi, simpul dan tepi sebuah kubus. Guru mencoba untuk bertanya tentang banyak sisi, simpul, dan tulang rusuk dari balok, prisma, piramida, tabung, dan ruang-ruang lainnya. Penerapan Pada tingkat pemikiran ini, guru memberi siswa-siswanya bentuk kegiatan dalam proses pembelajaran. Mereka menerapkan semua yang telah mereka pelajari berdasarkan pengetahuan dan pemahaman mereka.Analisispada tingkat selanjutnya, guru dapat menjelaskan berbagai kemungkinan dan hubungan yang berbeda dalam suatu materi pembelajaran. Dalam fase ini, guru mendorong siswa untuk memikirkan suatu topik dan mendorong mereka untuk menarik kesimpulan dari pemikiran mereka.Kreatif level terakhir adalah pola pikir kreatif. Pada level ini, guru tidak hanya membuat siswa memikirkan masalah, tetapi juga memungkinkan mereka untuk menghasilkan ide, konsep, ide, atau pekerjaan baru.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir , Dalam kesempatan ini Pada  hari Jum’at 16/4/2021  Siswa  SMP PGRI 6 Surabaya M. Habibi Maulana  Siswa Kelas 8  Bisa Menghadiri kegiatan WALIKOTA Surabaya mengajar yang diadakan di SMP NEGERI 1 Surabaya Jalan Pacar Nomor 1 Surabaya, Dalam kesempatan tersebut M. HABIBI Maulana Siswa Kelas 8 Putra dari pasangan  Bapak ABDUL HAFID  Dan DJUMHARIYAH  Berangkat dari SMP PGRI 6 Surabaya  bersama Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak H. BANU ATMOKO,S.Pd menuju ke SMP NEGERI 1 Surabaya, Sesampainya di SMP NEGERI 1 Surabaya M. HABIBI Maulana Siswa Kelas 8 Putra dari pasangan  Bapak ABDUL HAFID  Dan DJUMHARIYAH Di Tes SUHU Badannya Oleh TIM SATGAS COVID SMP NEGERI 1 Surabaya, Selesai Di Ukur Suhu  Beliaunya langsung mengisi Absensi  Dan Masuk ke Ruang Bilik Disinfekta untuk menuju Ruang Kelas Pelaksanaan WALIKOTA Surabaya Mengajar

Dalam kesempatan tersebut Bapak WALIKOTA Surabaya ERI CAHYADI ST MT Memaparkan materi tentang Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Kota Surabaya, Sebelum mengakhiri paparannya Bapak WALIKOTA Surabaya ERI CAHYADI ST MT menanyai Apakah dari sekian siswa ini ada yang dari SMP Swasta , M. HABIBI Maulana Menjawab ada Pak , Darimana Kata Pak ERI  Dari SMP PGRI 6 Surabaya, Sebelum meninggalkan ruangan SMPN 1 Surabaya Bapak WALIKOTA Surabaya ERI CAHYADI ST MT Melakukan Foto bersama dengan seluruh siswa / siswi  dan dengan telaten beliau menandatangani Buku yang di bawak oleh masing – masing siswa serta diberikan harapan harapan Motivasi , Dimana Harapan Motivasi dari Walikota Surabaya masing – masing siswa berbeda – beda, Sehingga harapannya Pelajar Surabaya bisa Mampu menjadi yang WALIKOTA Surabaya Harapkan.

Selesai Dari ruangan Bapak Walikota Surabaya berkesempatan untuk Foto bersama dengan Bapak / Ibu Guru SMP NEGERI 1 Surabaya dan Bapak / Ibu Pengurus MKKS SMP Swasta Surabaya Dan Negeri Termasuk Penulis bisa berkesempatan untuk Foto bersama dengan WALIKOTA Surabaya Dan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Dalam kesempatan ini Penulis yang Alumni Jurusan PLS UNESA Kelahiran APRIL 1984 Merasa Bangga siswa SMP PGRI 6 Surabaya bisa ikut Bergabung di Acara WALIKOTA Surabaya Mengajar Semoga bisa menjadi Inspirasi bagi teman – teman di SMP PGRI 6 Surabaya Serta Semoga Bisa Menginspirasi tetangga M. HABIBI MAULANA Untuk mendaftarkan Ke SMP PGRI 6 Surabaya

#Tantangan Guru Siana     

# dispendik Surabaya

#GuruhebatA.