Kamis, 12 April 2018

“ Mencetak Generasi Yang Unggul Melalui Literasi Qur’an Dan Literasi Sekolah “




















“ Mencetak Generasi Yang Unggul Melalui Literasi Qur’an Dan Literasi Sekolah “
Sejarah mencatat, metode belajar baca huruf Al-Qur’an di tanah air selama beberapa dekade atau bahkan lebih satu abad sebelum tahun 1970-an “didominasi” oleh metode turutan (al-Qa’idah al-Baghdadiyah). Materi dalam metode ini dimulai dari pengenalan nama-nama huruf hijaiyah, harakat, hingga bacaan surat Juz Amma (juz 30 Al-Qur’an) Pengalaman belajar penulis sewaktu kecil juga menggunakan metode belajar itu. Hampir bisa dipastikan, metode ini digunakan oleh sebagian besar umat Islam di tanah air sebelum tahun 1970 atau 1980-an. Di banyak daerah terutama di luar Jawa Tengah, dominasi metode al-Baghaddi itu bahkan berlangsung lebih panjang, menembus tahun 1990-an.  Ciri metode ini adalah penekanan yang kuat terhadap ilmu atau pengetahuan, bukan pada keterampilan (maharah/skill) membaca. Oleh karena itu, pelajaran paling awal dari metode ini adalah pengenalan nama-nama huruf Arab (hijaiyah), bukan dengan cara praktik membaca huruf itu. Materi selanjutnya juga demikian, nama-nama harakat juga dikenalkan secara rinci bergandengan dengan huruf itu (mengeja). Ketika anak atau pembelajar membaca kata-kata yang ada dalam buku itu maka mereka akan mengeja nama-nama setiap huruf beserta nama harakatnya.Baru kemudian dipelajari bagaimana hasil bacaannya. Sekali lagi, ciri paling khas dari metode ini adalah pendekatan yang kuat terhadap obyek sebagai pengetahuan, bukan sebagai kemampuan.  Implikasinya tentu mudah ditebak. Anak-anak hasil “didikan” metode ini mengetahui dan bisa menyebutkan nama-nama huruf berikut nama-nama harakat yang sedang dibaca dengan baik.Tetapi mereka memerlukan waktu yang lama untuk mencapai kemampuan membaca. Singkatnya, mereka banyak mengetahui tentang huruf-huruf Al-Qur’an tetapi sedikit kemampuan untuk bisa membaca, itu pun setelah belajar cukup lama. Tak sedikit, mereka akhirnya berhenti belajar dan tak mampu membaca Al-Qur’an selama hidupnya. Kendati demikian harus diakui, jasa metode ini bagi perjuangan melek baca Al-Qur’an di tanah air begitu besar. Betapapun berbagai kelemahan itu, metode ini dicatat dalam sejarah telah melahirkan ulama-ulama besar, para kiai dan tokoh agama, para muallif kitab, para ahli tafsir dan penghafal Al-Qur’an dalam jumlah besar dan dalam waktu yang lama
SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatana Semampir dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Spegrinam Surabaya  mempunyai banyak kegiatan yaitu Setiap Hari Senin Upacara Bendera dan Seperti Pada Hari Kamis 12/4/2018 Seluruh siswa / siswi Spegrinam Surabaya sebelum memulai Pelajaran melaksanakan Kegiatan Literasi Al- Qur’an Dimana Setiap Kamis Pagi yaitu Membaca Istighosah , Yasin dan Sholawat Nabi , Dalam Kesempatan tersebut Bapak AAN Miftahul Fawaid , S.Pd di damping Achmad Rizal Afandi dan Moch. Angga Eka Saputra  Siswa Kelas 9 Spegrinam Surabaya Membaca Yasin Istighosah dan sholawat secara bersama sama , Kegiatan Literasi AL- Qur’an di Spegrinam Surabaya Dilakukan Setiap Hari Selasa Dan Sabtu  Yaitu Membaca Juz Amma , Asmaul Husna Dan Doa – Doa Pendek Hari Rabu dan Kamis Kegiatan Literasi AL- Qur’an Di Spegrinam Surabaya Yaitu Membaca Istighosah dan Yasin, Selesai Gerakan Literasi AL- Qur’an Pagi hari ini Seluruh siswa Kelas 8 Masuk Ke Dalam Ruang Perpustakaan Untuk Melakukan Gerakan Literasi Sekolah Yaitu Wajib Baca , Tidak  hanya membaca Buku Tetapi Selesai Membaca oleh Kepala Perpustakaan Spegrinam Surabaya Ibu Dina Ayu Septyarini , S.Pd  diminta Untuk menceritakan kembali Isi Buku tersebut seperti Yang dilakukan oleh Dian Nita Anggraini menceritakan Buku yang di baca tadi ke teman temannya . Menurut Banu Atmoko , S.Pd bahwa Kegiatan ini bertujuan Agar siswa Spegrinam memiliki Karakter yang Bagus tidak hanya Pandai Ilmu Pengetahuan Tetapi Juga Agama , Diharapkan Lulusan dari SMP PGRI 6 Surabaya tidak hanya Pandai IPTEK’S Tetapi Juga Pandai Di Bidang IMTAQ



Senin, 09 April 2018

“ Semangat Kedisiplinan Tetap Melekat Di Jiwa Spegrinam”
























“ Semangat Kedisiplinan Tetap Melekat Di Jiwa Spegrinam”
 perbedaanpertama adalah dalam USBN akan ditambahkan materi soal berupa esai. Perbedaan kedua, materi pembuatan soal akan diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang SMP. Namun, pemerintah pusat akan menyisipkan beberapa pertanyaan, baik berupa pilihan ganda atau essai yang berfungsi sebagai indikator standar nasional. Selama ini, materi soal UN hanya berupa pilihan ganda dan dibuat sepenuhnya oleh pemerintah pusat. "Soal esai ini untuk menggali kemampuan siswa agar berlatih berpikir kritis. Selama ini kan dalam UN tidak ada. Soal sisipan dari pemerintah pusat itu, tak akan berbeda-beda di setiap daerah.
SMP PGRI 6 Surabaya Adalah Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Pada Hari Senin 9/4/2018 Sebanyak 41 Siswa Kelas 9 Melaksanakan Kegiatan USBN – BK Dan Sebanyak 19 Siswa Kelas 6 SDS “ AL-IKHLAS melaksanakan kegiatan USBN . Sebelum melaksankan Kegiatan USBN – BK Kelas 9 Dan USBN Kelas 6 SDS AL-IKHLAS Seluruh siswa SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya Mengikuti Rangkaian Upacara Bendera Setiap Hari Senin yang  menjadi Pembina Upacara Adalah Kak Heri Kuswanto dalam sambutannya Kak Heri Kuswanto mengajak seluruh siswa Spegrinam Surabaya untuk memacu kreativitas dan berprestasi , Dalam Kesempatan tersebut Kak Heri Kuswantyo Juga Menyerahkan Piagam Sertifikat Kepada Siswa Atas Nama Nur Lailiah Siswa Kelas 7 Spegrinam Surabaya Dalam Lomba Pidato Bahasa Inggris Yang Diadakan Di SMA Negeri 19 Surabaya. Selesai mengikuti Upacara sebanyak 21 Siswa sesia 1 SMP PGRI 6 Surabaya Persiapan Masuk Ke Ruang USBN- BK Untuk mengikuti Pelajaran Hari Senin yaitu Bahasa Indonesia , Dalam Kesempatan ini yang menjadi Pengawas Ruang USBN- BK Sesi Pertama adalah DWI  Lestari , S.E Dan Sesi Ke 20 Siswa Di Jaga Oleh Bapak Achmad Syaifudin , S.H.I. Seluruh siswa Spegrinam Surabaya membaca dan menjawab soal – soal USBN- BK Tersebut dengan sangat ati ati dan cermat . Menurut Zilfa Nur Qomariyah Siswa Spegrinam Surabaya Sesi Kedua Mengatakan bahwa Seluruh siswa Sebanyak 41 Siswa Hadir semua dan insyah allah materi yang telah diajarkan Bapak / Ibu Guru Bisa Terserap Dengan sebaik baiknya dan Insyah Allah Bisa Mendapatkan hasil USBN- BK Terbaik serta Dapat Lulus USBN Dan Siap Untuk UNBK Tahun Pelajaran 2017 -2018 Pada Tanggal 23-26 April 2018 . Alhamdulilah Pelaksanaan USBN- BK Sesi 1 Dan 2 Berjalan Lancar Tanpa adanya Halangan .


Minggu, 08 April 2018

“ Melalui FOGIPSI Kita Jadikan Organisasi Profesi Pendidik Yang Profesional “


































“ Melalui FOGIPSI Kita Jadikan Organisasi Profesi Pendidik Yang Profesional “
Organisasi profesional adalah suatu organisasi, yang biasanya bersifat nirlaba, yang ditujukan untuk suatu profesi tertentu dan bertujuan melindungi kepentingan publik maupun profesional pada bidang tersebut. Organisasi profesional dapat memelihara atau menerapkan suatu standar pelatihan dan etika pada profesi mereka untuk melindungi kepentingan publik. Banyak organisasi memberikan sertifikasi profesional untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki kualifikasi pada suatu bidang tertentu. Kadang, walaupun tidak selalu, keanggotaan pada suatu organisasi sinonim dengan sertifikasi. Secara terminologi, sistem dipakai dalam berbagai macam cara yang luas sehingga sangat sulit untuk mendefinisikan atau mengartikannya sebagai suatu pernyataan yang merangkum seluruh penggunaannya dan yang cukup ringkas untuk dapat memenuhi apa yang menjadi maksudnya Hal tersebut disebabkan bahwa pengertian sistem itu bergantung dari latar belakang mengenai cara pandang orang yang mencoba untuk mendefinisikannya. Semisal, menurut hukum bahwa Sistem dipandang sebagai suatu kumpulan aturan-aturan yang membatasi, baik dari kapasitas sistem itu sendiri maupun lingkungan dimana sistem itu sedang berada untuk memberikan jaminan keadilan dan keserasian. Sedangkan managemen yaitu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengendalian / pengawasan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan sumber daya lainnya. Jadi sistem manajemen dalam organisasi forum guru  merupakan suatu jaringan dari beberapa prosedur yang saling memiliki keterkaitan satu sama lain berdasarkan pola atau skema yang bulat sebagai serangkaian proses untk merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan atau mengendalikan/ mengawasi usaha agar tercapai suatu tujuan secara efektif dan efisien. Dan sukses tidaknya seorang pemimpin melaksanakan tugas kepemimpinannya,  tidak  terutama   ditentukan  oleh  tingkat keterampilan tehnis (technical skills) yang dimiliknya, akan tetapi lebih banyak ditentukan oleh keahliannya menggerakkan orang lain untuk bekerja dengan baik (managerial skills).
Forum Guru IPS Seluruh Jawa  Timur Pada Hari Minggu 8/4/2018 Melaksanakan  kegiatan Musyawarah Wilayah II   Forum Guru IPS Jawa Timur Dan Seminar Nasional   Tentang MENJADIKAN ORGANISASI PROFESI PENDIDIK YANG PROFESIONAL  yang di sampaikan Oleh DR. Martadi , M.Sn Beliau Adalah  Dosen Di Universitas Negeri Surabaya Dan Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya. Dalam Pemaparannya DR. Martadi , M,Sn menyampaikan bahwa Saat ini  peran dan fungsi guru sudah digantikan oleh kemampuan perangkat IT terintegrasi: internet, youtube dan seluruh video explainer Hanya process membangun relasi dan mentransmisikan semangat dan gairah yang tidak bisa dikerjakan oleh IT. Karena itu unsur inilah harus menjadi kekuatan guru di jaman NOW (Touching the Heart) , DR. Martadi , M,Sn Menyampaikan bahwa Sebuah Organisasi  harus memiliki Defrensiasi Sebagai keunggulan dibandingkan organissi yang lain. DR. Martadi , M,Sn Juga menyampaikan bahwa sebuah Organisasi Tersebut  dalam mengelolah harus  Memiliki Nilai Dan Visi , Misi , Aturan , Profesionalisne , Insentif , Sumber Daya Dan Rencana Kerja Jika Itu semua dimiliki oleh Organisasi Maka Organisasi tersebut bisa maju , Maka DR. Martadi , M,Sn Mengajak Forum Guru IPS Jawa Timur Untuk Menunjukan Eksistensinya di Dunia Pendidikan , Selesai Pemaparan Dari DR. Martadi , M,Sn Adalah Pemaparan Dari Mas Jaka Samudra Tim IT Fogipsi Jawa Timur dan Ibu Dra Sutarwiyah , M.Pd Pengurus FOGIPSI Jawa Timur ,Beliau menyampiakan Materi tentang  Penilaian Zipgrade yaitu Aplikasi Android dan ios yang berfungsi untuk Pemindai/scaner grading/koreksi Lembar Jawab Komputer. dengan software android ini, kita dapat mengkoreksi ljk cukup menggunakan kamera hp / smartphone , Dimana Seluruh Peserta  Musyawarah Wilayah Dan Seminar nasional FOGIPSI Se Jawa Timur Sebanyak 60 Orang langsung mengaplikasikan  Aplikasi Penilaian Zipgrade Tersebut yang di sampaikan Oleh  Mas Jaka Samudra Dan Ibu Dra. Sutarwiyah , M.Pd. Para Peserta Muswil II Dan Seminar nasional Sangat antusias dengan Penilaian tersebut , Karena langsung Di Koreksi dan Tahu hasil jawaban anak didik kita melalui HP Android , Ketua Umum Fogipsi Jawa Timur Drs. H. Shahibur Rahman , M.Pd dalam sambutannya mengajak seluruh Anggota Dan Pengurus FOGIPSI Jawa Timur Untuk Bersinergi bersama sama Membangun Organisasi Ini, serta Dimana Beliau juga mengajak seluruh Anggota FOGIPSI Jawa Timur Untuk Ikut berpartisipasi dalam kegiatan FOGIPSI  seperti Tanggal 28 April 2018 Di Pasuruan , Dan Insyah Allah FOGIPSI Jawa Timur akan Berangkat bersama sama Menghadiri MUNAS Fogipsi Di Bali Yang Insyah Allah Tanggal 12 Mei 2018 .