SIAP SAMBUT DAN SUKSESKAN KURIKULUM MERDEKA
BERSAMA MKKS SMP SWASTA SURABAYA UTARA
DAN UNIKA WIDYA MANDALA SURABAYA ( FKIP )
HARI Ke - 140
Alur Pembelajaran adalah rangkaian tujuan
pembelajaran yang disusun secaral ogis menurut urutan pembelajaran sejak awal
hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang
dilakukan dari hari kehari. Sedangkan yang dimaksud Modul Ajar sama seperti
halnya RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar
aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa. Perangkat ajar kurikulum
Sekolah penggerak berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar ini diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode
terdiferensiasi. Alur Pembelajaran (AP)adalah rangkaian tujuan
pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut
urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara
linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke
hari untuk mengukur CP (Capaian Pembelajaran). Sebagaimana telah dijelaskan
pada posting sebelumnya Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang
diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah
(SD, SMP, SMA). Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 –2), Fase B (kelas 3 –4), Fase C (kelas
5-6), Fase D (kelas 7-9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kelas 11 –12). Alur Pembelajaran
disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir
setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.
Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP (Capaian
Pembelajaran) di akhir fase
tersebut. Dalam penyusunan tujuan pembelajaran harus disusun secara kronologis
berdasarkan urutan pembelajaran
dari waktu ke waktu.Guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing,
yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintah
menyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan
kurikulum yang siap digunakan
satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar. Alur tujuan pembelajaran harus mencakup
kompetensi, konten dan variasi. Adapun yang dimaksud kompetensi adalah kemampuan yang dapat didemontrasikan atau
dikuasi oleh peserta didik. Konten adalah materi atau konsep utama yang perlu
dipahami peserta didik di akhir satu unit pembelajaran. Sedangkan yang dimaksud variasi adalah keterampilan berpikir yang
perlu dikuasai siswa untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam mempersiapkan pembelajaran di Tahun
Pelajaran Baru 2022/2023 dengan Kurikulum yang baru juga MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bekerjasama
dengan UNIKA WIDYA MANDALA Surabaya pada hari SABTU 21/5/2022 Mengadakan Pelatihan
Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi Para Guru di Lingkungan MKKS
SMPS Surabaya , Dimana pelatihan tersebut dilakukan secara Hybrid . Dimana 50
Orang Wakil Kepala Sekolah URUSAN Kurikulum Dan Perwakilan Guru mengikuti
kegiatan tersebut secara LURING ( Tatap Muka ) Di kampus UNIKA WIDYA MANDALA Jl
KALIJUDAN Nomor 37 Surabaya Sedangkan Bapak / Ibu Kepala Sekolah dan Guru yang
mengajar di Kelas 7 SMP Swasta Surabaya Utara mengikuti melalui ZOOM ( Daring )
Join
Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/86273685322 Meeting ID: 862 7368 5322 Passcode: mkks2022.
Adapun kegiatan Pelatihan tersebut dimulai Pukul 08.00 WIB .
Dalam kesempatan yang baik ini sebelum memulai Bapak Dr V LULUK PRIYAMBODO ,
M.Pd melakukan Refleksi pada Pertemuan yang kedua Pada hari Sabtu 14/5/2022 ,
Bapak Dr V LULUK PRIYAMBODO M.Pd memberikan pertanyaan tentang materi yang
sudah di sampaikan minggu lalu apakah Bapak / Ibu WAKA KURIKULUM Dan Bapak / Ibu Guru Paham tentang Konsep
Kurikulum Merdeka. Alhamdulilah di Pertemuan Ketiga ini Bapak / Ibu WAKA
Kurikulum Dan Perwakilan Guru sudah mulai paham Kurikulum Merdeka
Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya
Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7
– 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir menghaturkan Banyak Terimakasih
Kepada UNIKA WIDYA MANDALA Surabaya dan Bapak / Ibu WAKA Kurikulum dan
Perwakilan Guru SMP Swasta Surabaya Utara yang sangat Luar biasa dan semangat dalam
mengikuti kegiatan tersebut , Jangan Anda Niatkan Kegiatan ini dengan Terpaksa
Tapi NIATKAN Dengan IBADAH Semata – mata
Untuk mendapatkan Ridho Allah S.W.T
Dalam kesempatan ini yang menjadi NARASUMBER
Dalam kegiatan hari ini adalah Ibu Kristin Anggraini, S.Pd., M.Pd. dimana beliau adalah KAPRODI PG PAUD
UNIKA WIDYA MANDALA SURABAYA. , Selesai pemaparan dari Ibu Kristin
Anggraini, S.Pd., M.Pd. Pihak UNIKA WIDYA MANDALA Surabaya langsung membagi
kelompok sesuai Mata Pelajaran yang di ampu oleh Bapak / Ibu Guru SMP Swasta
Surabaya Utara , Sebelum ke Pembagian Kelompok Ibu Kristin Anggraini, S.Pd., M.Pd Melakukan ICE
Breaking , Dalam kesempatan ini Alhamdulilah Sudah di
bagi 7 MAPEL Untuk Membuat ATP Tersebut,
Dengan semangat sampai tidak terasa sudah menunjukan Pukul 12.30 Akhirnya kegiatan ini berakhir
Dalam
CLOSING STEATMENT Menyampaikan Kepada Bapak / Ibu Guru SMP Swasta Surabaya
sungguh luar biasa , Alhamdulilah Bapak
/ Ibu LUAR Biasa Hebat Dua Kali pertemuan Sudah berhasil menyusun 7 MAPEL Untuk
ATP , Dalam kesempatan ini Penulis berharap untuk segera menjadikan Baik KOSP
Nya Maupun ATP Nya Sehingga pada saat Pelatihan Dari Dinas Pendidikan Kota
Surabaya Insyah Allah SMP Swasta Surabaya Utara SIAP Dengan Kurikulum Merdeka
Serta Siap Mengantarkan GENERASI EMAS UNGGUL Dan Berkarakter.
#Tantangan Guru Siana
# dispendik Surabaya