AJAK SISWA MENJADI GENERASI EMAS BERKARAKTER
MELALUI PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT
HARI KE – 270
Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga mampu memberikan perubahan prilaku keaarah lebih baik terhadap peserta didik. Pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum yang menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan kegiatan peserta didik sesuai dengan rencana yang telah di programkan. Guru harus dapat mengambil keputusan atas dasar penilaian yang tepat ketika peserta didik belum dapat membentuk kompetensi dasar, apakah kegiatan pembelajaran dihentikan, diubah metodenya, atau mengulang dulu pembelajaran yang lalu. Guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), yang akan bermuara pada peningkatan prestasi peserta didik (Mulyasa, 2007: 39). Namun dalam pelaksanaannya bahwa dalam pembelajaran matematika sering ditemukan siswa sedikit melakukan aktifitas fisik dan tidak beranjak dari tempat duduk, contohnya hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru, membaca materi-materi, mencatat di meja dengan perasaan bosan dan lelah sangat mudah menghampiri. Siswa mudah sekali mengantuk, padahal siswa sudah meniatkan untuk belajar sungguh-sungguh sehingga siswa kurang senang dan kurang termotivasi dalam pembelajaran matematika. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru pada setiap pembelajaran, siswa tidakmempunyai kemauan dan motivasi dalampembelajaran
Dalam menyiapkan Pembelajaran yang AKTIF , INOVATIF , Kreatif , Efektif Dan Menyenangkangkan ( PAIKEM ) Serta Gembira Berbobot ( GEMBROT ) , Menurut Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Mengajak Guru – Guru SMP Swasta Surabaya Utara Untuk Mengajar PAIKEM GEMBROT Dalam Mencerdaskan Generasi EMAS UNGGUL DAN Berkarakter Di Wilayah Surabaya Utara dan Di Wilayah Indonesia.
#Tantangan Guru Siana
# dispendik Surabaya