Jumat, 30 September 2022

AJAK SISWA MENJADI GENERASI EMAS BERKARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT

 

AJAK SISWA MENJADI GENERASI EMAS BERKARAKTER

MELALUI PEMBELAJARAN  PAIKEM  GEMBROT

HARI KE – 270

Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga mampu memberikan perubahan prilaku keaarah lebih baik terhadap peserta didik. Pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum yang menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan kegiatan peserta didik sesuai dengan rencana yang telah di programkan. Guru harus dapat mengambil keputusan atas dasar penilaian yang tepat ketika peserta didik belum dapat membentuk kompetensi dasar, apakah kegiatan pembelajaran dihentikan, diubah metodenya, atau mengulang dulu pembelajaran yang lalu. Guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), yang akan bermuara pada peningkatan prestasi peserta didik (Mulyasa, 2007: 39). Namun dalam pelaksanaannya bahwa dalam pembelajaran matematika sering ditemukan siswa sedikit melakukan aktifitas fisik dan tidak beranjak dari tempat duduk, contohnya hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru, membaca materi-materi, mencatat di meja dengan perasaan bosan dan lelah sangat mudah menghampiri. Siswa mudah sekali mengantuk, padahal siswa sudah meniatkan untuk belajar sungguh-sungguh sehingga siswa kurang senang dan kurang termotivasi dalam pembelajaran matematika. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru pada setiap pembelajaran, siswa tidakmempunyai kemauan dan motivasi dalampembelajaran

Dalam menyiapkan Pembelajaran yang  AKTIF  , INOVATIF , Kreatif , Efektif Dan Menyenangkangkan ( PAIKEM )  Serta Gembira Berbobot  ( GEMBROT ) , Menurut Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan  yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Mengajak Guru – Guru SMP Swasta Surabaya Utara Untuk Mengajar PAIKEM GEMBROT Dalam Mencerdaskan Generasi EMAS UNGGUL DAN Berkarakter Di Wilayah Surabaya Utara  dan Di Wilayah Indonesia.

#Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

 

Rabu, 28 September 2022

BERSAMA SMP NASIONAL DENPASAR SERTA MKKS Wujudkan Generasi Emas, Generasi Cerdas dan Berkarakter Di SMP SWASTA SURABAYA UTARA

 












BERSAMA SMP NASIONAL DENPASAR SERTA MKKS

Wujudkan Generasi Emas, Generasi Cerdas

dan Berkarakter Di  SMP SWASTA SURABAYA UTARA

HARI KE – 269

Sejak dulu pendidikan karakter memang gencar dilakukan dan sangat penting diajarkan kepada peserta didik, guna menghasilkan generasi emas. Pendidikan karakter di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila menghasilkan generasi pelajar Pancasila. Ada 6 ciri utama belajar Pancasila yaitu kreatif, bernalar kritis, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia, gotong royong dan kebhinekaan global. Seperti yang diketahui, bahwasanya pendidikan karakter merupakan konteks penting pada abad 21 guna mengatasi krisis moral generasi Indonesia. Kebijakan pemerintah untuk menguatkan pendidikan karakter ini diperlukan bantuan atau kerjasama yang baik antara pemerintah, sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, orangtua dan peserta didik itu sendiri. Karakter sendiri merupakan wujud abstrak dari manusia yang berbentuk perilaku dan kebiasaan setiap individu. Keluarga merupakan lingkungan pertama yang membentuk karakter seseorang, di mana mereka dididik dan diajarkan nilai-nilai berbudi luhur. Karakter seseorang juga dibentuk berdasarkan lingkungannya, sekolah memiliki peran penting untuk menguatkan karakter peserta didik. Sistem pendidikan yang baik dapat memajukan pendidikan bangsa dan mengejar ketertinggalan bangsa lain dalam bidang sains teknologi ataupun ekonomi. Kita semua tahu bahwa tujuan pendidikan bukan hanya mencerdaskan anak bangsa, tetapi membuat mereka lebih berkarakter dan dapat menjalankan nilai-nilai yang baik. Karakteristik diri seseorang berbentuk perilaku guna memenuhi tuntutan atau kebutuhan tertentu. Pendidikan karakter perlu ditanamkan pada anak-anak sejak mereka masuk sekolah, mulai dari playgroup atau taman kanak-kanak. Disini, peran guru sangat dibutuhkan sebagai ujung tombak yang berhadapan langsung dengan peserta didik.Untuk implementasi, pendidikan karakter perlu dilakukan secara sistematis yang di dalamnya terdiri dari beberapa aspek, mulai dari aspek afektif, kognitif dan psikomotorik yang berjalan beriringan. Contoh implementasi pendidikan karakter dalam diri siswa yaitu mereka menjadi siswa yang cerdas dalam proses belajar di kelas, memiliki akhlak mulia dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler atau olahraga.Mengapa pendidikan karakter ini sangat penting? Karena tanpa adanya perilaku yang baik, perkembangan pengetahuan akan menurunkan nilai luhur, melemahkan kepribadian yang baik serta membuat generasi bangsa tidak dapat mempertahankan dan mengembangkan kesejahteraan bangsa.Pendidikan karakter, wujudkan pelajar Pancasila dan generasi emas. Pancasila merupakan identitas budaya Indonesia yang memiliki nilai-nilai baik untuk menciptakan generasi yang terbuka, berkewargaan global, bisa menerima keragaman tanpa menghilangkan ciri atau identitas asli.

Dalam Wujudkan Generasi Emas, Generasi Cerdas dan Berkarakter Di SMP Swasta Surabaya Utara Selalu mengibarkan Untuk Terus MAJU Untuk Wujudkan Generasi Emas, Generasi Cerdas dan Berkarakter Dimana SMP Swasta Surabaya Utara Mulai Melebarkan SAYAP Nya , Seperti Pada Hari Rabu 28/9/2022 Kepala SMP Swasta Surabaya Utara Mengambil MOU Dari masing – masing SMP Swasta Surabaya Utara dengan SMP NASIONAL DENPASAR Bali , MOU Tersebut Di ambil Di SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan Yang Terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir

Menurut Penulis yang Juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Menyampaikan  bahwa TUJUAN Dari MOU Antara SMP Swasta Surabaya Utara dengan SMP NASIONAL DENPASAR BALI Yaitu   Wujudkan Generasi Emas, Generasi Cerdas dan Berkarakter di SMP Swasta Surabaya Utara

#Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

Selasa, 27 September 2022

BERSAMA DEPARTEMEN MATEMATIKA ITS Siapkan Pembelajaran Yang AKTIF , KREATIF , INOVATIF Serta Menyenangkan Di SMP Swasta Surabaya Utara

 







































BERSAMA DEPARTEMEN MATEMATIKA ITS

Siapkan Pembelajaran Yang AKTIF , KREATIF , INOVATIF

Serta Menyenangkan Di SMP Swasta Surabaya Utara

HARI KE – 268

 Sebagai upaya memasifkan edukasi literasi, Jaringan Sekolah Indonesia Dompet Dhuafa Pendidikan menginisiasi gerakan Gemari Baca sebagai cara untuk membangun sistem kerelawanan yang biasa disebut Duta Gemari Baca. “Pemuda adalah penggerak, sejak dulu hingga saat ini pemuda memegang peranan penting dalam peradabaah. Salah satu cara yang bisa kita lakukan ialah berkolaborasi membentuk sebuah komunitas. Kenapa? Karena kita, para pemuda, bukan soal jumlah usia, tapi cara dia memandang tentang masa depan. tips dan trik serta cara jitu dalam memaksimalkan kemampuan komunitas serta relawan melalui nilai-nilai kerelawanan yang sudah di internalisasi. Dalam paparannya ia menambahkan jika komunitas yang baik ialah komunitas yang mampu berkolaborasi secara luas, sinergis, dan berkelanjutan.

Dalam mewujudkan Pembelajaran Yang AKTIF , KREATIF , INOVATIF Serta Menyenangkan Dalam Pembelajaran Kurikulum MERDEKA bagi Peserta Didik Di WILAYAH SMP Swasta Surabaya Utara , Pada Hari SELASA 27/9/2022  Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak Di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir, Bapak AINUL YAQIN ,S.Si Selaku Kepala SMP WACHID HASYIM 1 Surabaya Dan Bapak H. OEMAR ,S.Ag Selaku Kepala SMP Kemala BHAYANGKARI 8 Surabaya  Ngopi  Bareng Bersama Prof. Dr. Subiono, M.S , Dan Dr. Imam Mukhlash, S.Si, MT Di Ruang Diskusi MATEMATIKA ITS Sambil NGOPI Dan Makan SOTO AYAM Di sana Membahas Masalah Pendidikan Di Indonesia.

Selesai Dari Ruang Diskusi Penulis bersama Dr. Imam Mukhlash, S.Si, MT Dan TIM Dari MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Sowan Ke Kepala DEPARTEMEN MATEMATIKA ITS  Bertemu dengan Subchan, Ph.D  Dan Dr. Darmaji, S.Si, MT Dalam kesempatan tersebut Penulis Meminta Kepada ITS Untuk Melakukan KEGIATAN PELATIHAN   PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN Berbasis Digital  Sehingga

 

Pembelajaran Yang AKTIF , KREATIF , INOVATIF Serta Menyenangkan Dalam Pembelajaran Kurikulum MERDEKA bagi Peserta Didik

 

#Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

Senin, 26 September 2022

Dengan BUAH JERUK AJAK SISWA SMP PGRI 6 SURABAYA PEDULI BERBUDAYA LINGKUNGAN JADIKAN SEKOLAH RESIK RECK !!!

 




















Dengan BUAH JERUK  AJAK SISWA SMP PGRI 6 SURABAYA

PEDULI BERBUDAYA LINGKUNGAN

JADIKAN SEKOLAH RESIK RECK !!!

HARI KE – 267

Di Sekolah tempat saya mengajar ada program untuk seluruh warga sekolah yaitu Peduli Lingkungan Sekolah dengan mengambil Selogan. "Sekolahklu Resik". Kata sekolah nampaknya semua kalangan masyarakat sudah mengenal yaitu sebuah lembaga formal tempat proses belajar mengajar dilaksanakan secara terencana dan profesional untuk mencapai suatu tujuan secara berjenjang.  Jadi arti dari Sekolahku Resik yaitu Sebuah lembaga pendidikan formal yang memiliki tempat bersih, rapi, dan teratur. Sehingga semua warga sekolah terutama peserta didik merasa aman  dan nyaman menuntut ilmu di sekolah tersebut.Apabila peserta didik merasa aman dan nyaman belajar di sekolah, sudah pasti memberikan pengaruh yang sangat besar untuk kemajuan belajar. Dampaknya dari Sekolahku Resik diantaranya:

1. Para peserta didik akan merasa betah    berada  di sekolah untuk belajar.

2. Tumbuh motivasi untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam ilmu pengetahuan, sikap, dan psikomotorik mereka.

3. Orangtua akan merasa tenang karena putra putrinya belajar di tempat yang penuh dengan keamanan dan kenyaman.

Semua warga sekolah sama-sama senada seirama melaksanakan program tersebut dengan teknik  saling mengingatkan diantara warga sekolah.

Untuk mewujudkan Sekolah RESIK Banyak sekali Cara yang dilakukan SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir dalam menumbuhkan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Tersebut seperti yang Dilakukan Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Dalam mengajak Siswa / Siswi Nya Untuk Peduli Berbudaya Lingkungan Pada Hari Senin 26/9/2022 Saat Latihan EXTRA Drumband Siswa / Siswi Di ajak Kerja Bakti Untuk Membersihkan Sampah – sampah sisa Tadi Siang waktu Sekolah

Di Sela – Sela melakukan kegiatan bersih bersih Tersebut Membagikan BUAH JERUK Kepada Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Tersebut , Dimana Siswa / Siswi Mendapatkan Jeruk Masing Masing 1 Buah , Dimana Dari JERUK Tersebut Harapannya TERCIPTA SIKAP PEDULI Dan Berbudaya Lingkungan SERTA Penulis Mengajak Untuk SEKOLAHKU RESIK RECK !!!!

#Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat