“
Pemberdayaan Keterampilan Dan INOVASI Guru Matematika Melalui Pembelajaran GEOGEBRA”
Geogebra adalah
software matematika dinamis
yang menggabungkan geometri,
aljabar, dan kalkulus dapat digunakan
sebagai alat bantu
dalam pembelajaran matematika. Software
ini dikembangkan untuk proses
belajar mengajar matematika
di sekolah oleh Markus
Hohenwarter di Universitas
Florida Atlantic. Di satu sisi,
GeoGebra adalah sistem geometri dinamik. Anda dapat melakukan konstruksi dengan
titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, begitu juga dengan fungsi,
dan mengubah hasil konstruksi selanjutnya. Selain itu geogebra adalah Sebuah
softwere yang sangat membantu teman-teman atau para guru dalam mengerjakan
tugas atau pembelajaran Matematika yang berkaitan dengan geometri, aljabar,
tabel, grafik, statistik dan kalkulus bisa lebih mudah menggunakan software
ini. Banyak guru sudah memakai softwere ini n recomend pakakai softwere ini.
Yang belom silakan d coba. GeoGebra merupakan program komputer yang bersifat
dinamis dan interaktif untuk mendukung pembelajaran dan penyelesaian persoalan
matematika khususnya geometri, aljabar, dan kalkulus. Sebagai sistem geometri
dinamik, konstruksi pada GeoGebra dapat dilakukan dengan titik, vektor, ruas
garis, garis, irisan kerucut, fungsi. Software yang dikembangkan oleh Markus
Hohenwarter dapat digunakan secara gratis oleh Anda terutama sebagai siswa,
guru, atau orang tua. Salah satu ontoh penggunaan yang sangat sederhana
misalnya pada kotak isian input saya memasukan fungsi kuadrat, maka setelah
menekan tombol [Enter] grafik fungsi kuadrat tersebut akan ditampilkan. Dengan
menggunakan tool point yang disediakan, saya mengklik dua titik perpotongan
grafik tersebut dengan sumbu x, sebagai penyelesaian dimana y=0. Selain itu
sebagai contoh juga dapat di gunakan dalam pembelajaran integral Tentunya
GeoGebra dapat pula digunakan untuk menyelesaikan dan menggambarkan berbagai
persoalan matematika yang lebih kompleks bagi pandangan saya. Saya sendiri,
karena keterbatasan ilmu matematika tentunya tidak dapat menggambarkan secara
lengkap kegunaan dari GeoGebra, namun jangan kuatir, menu-menu dapat disetting
menggunakan Bahasa Indonesia, termasuk menu bantuan (help) yang dapat membantu
mengenal dan menggunakan Geogebra ini sesuai dengan materi yang akan dipelajari
atau diajarkan. GeoGebra dapat digunakan pada komputer dengan sistem operasi
Windows, Mac, Linux maupun langsung melalui menu Web Start pada website-nya.
(Sumber: http://matematikacerdas.wordpress.com/2011/09/30/membuat-media-pembelajaran-matematika-dengan-geogebra-serta-video-tutorialnya/)
Untuk menggunakan program Geogebra terlebih dahulu kita harus menginstal
program Java. Program java dapat didownload pada link http://filehippo.com/download_jre_32/
Program Geogebra bisa didownload pada link http://www.geogebra.org/cms/en/installers. Akibat perkembangan dan kemajuan sains dan teknologi batas
antarnegara yang ada di bumi ini sudah tidak nampak lagi. Berbagai informasi
sebagai produk dari perkembangan dan kemajuan sains dan teknologi itu dengan
deras mengalir ke setiap negara teramsuk Indonesia tanpa dapat dibendung atau
dicegah. Era informasi telah terjadi di bumi ini, sungguh luar biasa! Pesatnya perkembangan
sains dan teknolgi di abad sekarang ini, tidak memung-kinkan lagi seorang guru
untuk mentransfernya kepada siswa dalam waktu yang singkat di dalam kelas.
Kenyataan ini menuntut guru atau calon guru menjadi fasilitator yang lebih
kreatif, inovatif ,menyenangkan dan berkarkter untuk menciptakan kondisi
belajar mengajar yang kondusif sehingga membawa anak didiknya mempunyai
kemampuan BELAJAR BAGAIMANA BELAJAR atau kemampuan learning how to
learn secara aktif. Ini berarti guru dituntut untuk menjadikan
anak didiknya sumber daya manusia yang mencari informasi kemudian mengelolanya
untuk kehidupannya sehari-hari, dibarengi dengan iman dan taqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa. Dengan kata lain guru dituntut untuk menciptakan sumber daya
manusia Indonesia yang handal baik secara mental maupun fisiknya. Apakah yang
harus guru perbuat dengan tuntutan seperti ini? Tidak lain dan tidak bukan guru
haruslah menjadikan dirinya sebagai guru yang profesional dengan meningkatkan
daya kreasi , inovasinya ,menyenangkan dan berkarakter. Untuk itu marilah kita
simak uraian dalam makalah berikut ini secara cermat Kreatif merupakan suatu
kondisi dimana seseorang memiliki kemampuan daya cipta. Seseorang yang memiliki
daya kreasi tinggi sering pula orang tersebut kreativitasnya tinggi. Maksudnya,
sebuah kreasi merupakan hasil buah pikiran atau kecerdasan akal manusia. Secara
singkat kreatif atau kreativitas dapat didefinisikan sebagai kemampuan
mencipta.yang dimiliki seseorang. Inovatif, seperti halnya
kreatif, juga merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang. Inovatif merupakan
sifat pembaruan atau kreasi baru. Kreasi ini bisa berhubungan dengan pendekatan,
metode, atau gagasan. Gagasan-gagasan itu akan merupakan suatu inovasi apabila
berbeda dengan yang lama. Dengan kata lain inovatif berarti kemampuan untuk
memperkenalkan sesuatu yang baru. Dalam kehidupan
biasanya dua kemampuan ini saling berkait erat. Seseorang yang kreatif biasanya
juga inovatif. Sekarang bagaimanakah kreatif dan inovatif ini apabila kita
kaitkan dalam dunia pekerjaan guru serta kaitannya denga era kemajuan sains dan
teknologi yang kian pesat berkembang. Kedua kemampuan ini akan sangat berarti
atau bermakna dalam dunia pendidikan, apabila dicermati pengertiannya dan
selanjutnya diaplikasikan pada tugas dan peran sehari-hari kita sebagai guru..
Mengapa demikian? Kreativitas dan inovasi yang ada atau yang sudah dimiliki
setiap orang/siswa Guru diharapkan akan memberi peluang kepada siswa untuk
memilikinya karakter tersebut. Guru mempunyai kesempatan besar untuk mengubah
suatu kondisi atau atmosfir pembelajaran yang kurang baik menjadi lebih baik.
Diharapkan dengan kreatifitas dan inovasi guru-guru sebagai ujung tombak
kreator dan inovator yang langsung berhadapan dengan kelas akan membawa suatu
kondisi pembelajaran yang kondusif secara keseluruhan. Selanjutnya apabila
kedua kemampuan ini sudah menjadi milik guru-guru dalam pekerjaannya sehari-hari,
bukan hal yang tidak mungkin guru-guru ini akan menjadi agen pembaharuan baik
untuk sekolah tempatnya bekerja atau fat untuk menciptakan sesuatu. Suatu
produk yang kreatif lebih luas lagi bagi dunia persekolahan, bahkan dunia
pendidikan. Daya kreativitas , inovasi,menyenangkan dan berkarakter secara
alamiah telah dimiliki oleh setiap orang. Namun tumbuh dan berkembangnya pada
setiap orang ini akan berbeda tergantung dari kesempatan masing-masing untuk
mengembangkannya. Pengembangan atau tumbuhnya dengan subur kreativitas dan
inovasi pada setiap orang atau sehubungan dengan pekerjaan guru adalah dengan
adanya latihan yang berkesinambungan. Latihan ini harus dibarengi pula dengan
penanaman sikap dan nilai yang luhur, yaitu sikap seorang ilmuwan dan nilai
yang berlandaskan pada IMTAQ. Cukup banyak dan beragam kreatifitas dan inovatif yang dapat
kita lakukan dalam kaitannya dengan tugas dan peran kita sebagai guru. Beberapa
aspek yang mungkin diberdayakan akan dibahas dalam bagian ini, baik yang
berkaitan dengan perencanaan maupun pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM).
Dalam perencanaan dan pelaksanaan PBM terdapatbeberapa komponen yang terkait
langsung, yaitu bahan ajar, metode dan pendekatan, sarana dan prasarana,
keterampilan dasar mengajar, dan asesmen.
Dalam
rangka Pemberdayaan Keterampilan Dan
Inovasi Bagi Guru Matematika Di
Lingkungan SMP Swasta Surabaya Utara , Pada Hari SABTU 5 Dan 12 OKTOBER 2019 ,
Mengadakan Kegiatan Pelatihan “ GEOGEBRA “
Kegiatan tersebut adalah Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dari Departemen Matematika
FMKSD ITS Bekerja sama dengan
MKKS SMP Swasta Surabaya Utara. Kegiatan Tersebut di hadiri Oleh Bapak Mukhlas
Selaku Kepala Departemen Matematika FMKSD ITS.
Disamping Itu Kegiatan Pelatihan GEOGEBRA ini Di Hadiri Pengawas Pembina
Yaitu Ibu HJ ENDANG SRI RENASTUTIK , S.Pd , M.Pd Dan Ibu TRI ENDANG KUSTIANINGSIH , S.Pd , M.Pd Selaku
Pengawas Pembina SMP Wilayah Surabaya
Utara , Bu HJ ENDANG SRI RENASTUTIK , S.Pd , M.Pd berharap agar Aplikasi ini dapat dimanfaatkan
di Sekolah Bapak / Ibu Masing – Masing, Serta Beliau Menyampaikan Akan Ada
Rencana Tindak Lanjut , Dimana Saat Pengawas Pembina Kunjungan Ke Sekolah sekolah Aplikasi
tersebut dapat Di Praktekan di sekolah masing masing . Dalam Kesempatan
ini Yang Hadir dari MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Adalah Bapak AINUL YAKIN ,
S.Si Selaku Dari Bidang GTK MKKS SMP
Swasta Surabaya Utara , Bapak Drs, H. MAHFUDZ , M.Pd . I Selaku Ketua MKKS
Kecamatan Kenjeran Dan Bulak Serta Bapak H. OEMAR , S.Ag Selaku Kepala SMP
Kemala Bhayangkari 8 Surabaya yang Ikut Suport
Guru – Gurunya, Dosen – Dosen ITS Sangat Luar biasa dalam memberikan
materi serta mendampingi Guru Guru SMP Swasta Surabaya Utara Yang Sudah Usia
Tua Tua , Tetapi mereka masih Semangat dalam belajar , bahkan dari ITS Sangat
Telaten mendampingi guru tersebut dalam pengoprasian APLIKASI Tersebut.,
Seluruh Guru – Guru Matematika SMP Swasta Surabaya Utara Sangat senang dengan
pelatihan tersebut Bahkan sampai Jam ISHOMA mereka Asyik Dalam Pengoprasian
APLIKASI Tersebut. Menurut Mei KURNIATUL ADAWIYAH , S.Pd Guru Matematika Dari SMP PGRI 6 Surabaya Kegiatan
ini sangat bermafaat dalam Pembelajaran di Sekolah masing – masing , Apalagi
dalam mempersiapkan UNBK Tahun 2019/2020. Banu Atmoko , S.Pd Selaku Sekretaris
MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Beliau berharap Agar APLIKASI Ini dapat di
praktekkan dalam KBM , Serta Kepala Sekolah Kelahiran APRIL 1984 Tersebut
berharap agar kegiatan ini dapat berlanjut sehingga Guru Guru SMP Swasta
Surabaya Utara dapat mencerdaskan anak Bangsa Menjadi Generasi Emas Yang Unggul
, Apalagi saat ini Pembelajaran Sudah 4,0 Diharapkan Guru Guru SMP Swasta Utara
mempunyai keterampilan dan bisa Berinovasi