“
JADIKAN PENDIDIKAN YANG AMAN DAN NYAMAN
BAGI GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER
DI SMP SWASTA SURABAYA UTARA “
HARI Ke - 154
Dalam
dunia pendidikan, sekolah merupakan wadah atau rumah kedua bagi peserta didik
dalam menempuh pendidikan secara formal setelah sebelumnya orang tua sebagai
pendidik pertama. Dalam hal ini sekolah memiliki masyarakat sekolah yang
terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf tata usaha, guru mata
pelajaran, guru pembimbing dan tentunya peserta didik. Pendidik atau guru
merupakan suatu profesi yang mulia sebab, guru memiliki peran penting, besar
dan strategis dalam dunia pendidikan. menurut Imam Wahyudi guru adalah orang
yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik dan guru dalam pandangan
masyarakat adalah orang yang melaksanakan pendidikan di tempat-tempat tertentu,
tidak harus dilembaga formal (sekolah) tetapi juga ditempat lain. Bimbingan dan
konseling mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu membantu
setiap pribadi siswa agar berkembang secara optimal. Bimbingan dan konseling
adalah suatu kegiatan yang berlangsung antara konselor dan klien yang bertujuan
untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh klien. Konselor
merupakan orang yang memberikan bimbingan sedangkan klien adalah orang yang
diberi bimbingan. Pembahasan tersebut bersifat mendalam menyentuh hal-hal
penting tentang diri klien Guru BK bertanggung jawab untuk membimbing siswa
sehingga dapat memiliki kepribadian yang matang dan mengenal potensi dirinya
secara menyeluruh. Dengan demikian siswa diharapkan mampu membuat keputusan
yang terbaik untuk dirinya, baik dalam memecahkan masalah mereka sendiri. Peran
guru BK dalam bimbingan konseling sangatlah penting baik dalam keberlangsungan
kegiatan belajar mengajar maupun sebagai tenaga pembina sekaligus membantu
dalam menangani berbagai masalah yang dialami siswa. Dengan adanya guru BK
dalam lembaga sekolah, maka memungkinkan teratasinya suatu masalah termasuk
masalah siswa berkepribadian introvert. Seseorang yang memiliki kepribadian
introvet memusatkan diri pada dunia dalam dan privat dimana realita hadir dalam
bentuk hasil amatan, cenderung menyendiri, pendiam atau tidak ramah. Biasanya
kepribadian introvet sibuk dengan kehidupan mereka sendiri.2 Individu dengan
tipe kepribadian introvert lambat dalam aktifitas hal tersebut karena individu
introvert lebih pasif dan kaku. Introvert cenderung memiliki hambatan dalam
berkomunikasi dan bergaul dengan lingkungan sekitarnyanya. Individu yang
memiliki kepribadian introvet biasanya sulit dalam berinteraksi atau
menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya karena anak introvet lebih
cenderung menyendiri, dan pendiam. Maka dari itu siswa yang bersifat introvet
biasanya kurang aktif dikelas atau susah untuk bergaul dengan temannya. Cara
untuk mengatasi masalah tersebut dengan layanan bimbingan dan konseling.
Bimbingan dan konseling merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam
menemukan kepribadian tersebut dimaksudkan supaya siswa dapat i keberadaan
layanan bimbingan dan konseling di sekolah tampak lebih baik dibanding era
sebelumnya. Pengakuan kearah layanan bimbingan dan konseling sebagai suatu
profesi sudah semakin mengkristal terutama dari pemerintah dan kalangan profesi
lainnya. Penyelenggaraan bimbingan konseling sangat memiliki peran yang penting
dalam tercapainya tujuan pendidikan. Dengan layanan bimbingan dan konseling,
diharapkan sebuah lembaga pendidikan dapat membentuk karakter siswa yang baik
dan mewujudkan nilai-nilai edukatif yang membangun. Selain itu bimbingan dan
konseling juga tempat mencurahkan segala keluh kesah yang mungkin begitu rumit
dialami suatu individu. Bimbingan dan konseling mengembangkan beberapa peran
utamanya sebagai sebuah layanan. Bimbingan dan konseling juga memiliki potensi
yang mengarah ke pembentukan karakter kebangsaan yang sesuai dengan cita-cita
bangsa. Begitu pentingnya layanan bimbingan dan konseling yang mampu ikut
mewujudkan generasi penerus yang berkarakter.
Pada hari Sabtu 4/6/2022 Sebanyak 40 Guru BK
Dan Sebanyak 40 Waka Kesiswaan SMP Swasta Surabaya Utara berkumpul di Ruang A-301 (Gedung A lantai 3) Kampus Universitas KATOLIK WIDYA MANDALA
Surabaya Jl DINOYO Surabaya Untuk
mengikuti kuliah tamu yang di sampaikan oleh Nara Sumber : IPTU
Kiki Tamasari, S.Psi., M.Psi. Psikolog dari Polda Jawa Timur
Harapannya
Bapak dan Ibu Guru BK Dan Waka Kesiswaan
Dalam
kesempatan tersebut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli
Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan
Wonokusumo Kecamatan Semampir Sekaligus ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara
memberikan Hadiah kepada Penanya dalam kegiatan tersebut , Di samping itu
UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Surabaya
bersama MKKS SMP Swasta Surabaya Utara memberikan Hadiah Kepada JUARA
Yang Sudah membuat VIDEO Teknik Pendampingan Siswa dan Keterampilan Dasar
Teknik Konseling” Dimana Juara 1 Yaitu dari SMP MUHAMMADIYAH 16 Surabaya ,
Juara 2 Dari SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya
Dan Juara 3 Adalah Dari SMP AC 1 Surabaya Di samping Itu Juga ada
Pemberian Hadiah untuk peserta Yang Paling AKTIF Selama kegiatan Pelatihan Teknik
Pendampingan Siswa dan Keterampilan Dasar Teknik Konseling Yaitu dari SMP AT
TARBIYAH Surabaya
Dalam
kesempatan ini Penulis menghaturkan Banyak Terimakasih Kepada UNIKA WIDYA
MANDALA Surabaya Di samping itu Penulis berharap dari kegiatan ini harapannya
Bapak dan Ibu Guru memiliki wawasan yang menyeluruh mengenai tindakan yang
dapat diambil ketika mengalami permasalahan di sekolah sehingga Guru dapat
mendampingi siswa-siswanya dengan baik serta menciptakan lingkungan yang
kondusif di lingkungan sekolah Sehingga Bapak / Ibu Guru SMP Swasta Surabaya
Utara Mampu Menjadikan Siswa / Siswi SMP Swasta Surabaya Utara Generasi Emas
UNGGUL Dan BERKARAKTER
#Tantangan
Guru Siana
#
dispendik Surabaya
#Guruhebat