Apa itu CSR? CSR adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial atau lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Sedangkan definisi CSR menurut World Business Council on Sustainable Development adalah komitmen dari bisnis/perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seraya meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat luas. Wacana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) yang kini menjadi isu sentral yang semakin populer dan bahkan ditempatkan pada posisi yang penting, karena itu kian banyak pula kalangan dunia usaha dan pihak-pihak terkait mulai merespon wacana ini, tidak sekedar mengikuti tren tanpa memahami esensi dan manfaatnya. Program CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) perusahaan dan bukan lagi dilihat sebagai sarana biaya (cost centre) melainkan sebagai sarana meraih keuntungan (profit centre). Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Disisi lain masyarakat mempertanyakan apakah perusahaan yang berorientasi pada usaha memaksimalisasi keuntungan-keuntungan ekonomis memiliki komitmen moral untuk mendistribusi keuntungan-keuntungannya membangun masyarakat lokal, karena seiring waktu masyarakat tak sekedar menuntut perusahaan untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukan, melainkan juga menuntut untuk bertanggung jawab sosial. Penerapan program CSR merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik (Good Coporate Governance). Diperlukan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) agar perilaku pelaku bisnis mempunyai arahan yang bisa dirujuk dengan mengatur hubungan seluruh kepentingan pemangku kepentingan (stakeholders) yang dapat dipenuhi secara proporsional, mencegah kesalahan-kesalahan signifikan dalam strategi korporasi dan memastikan kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat diperbaiki dengan segera. Dengan pemahaman tersebut, maka pada dasarnya CSR memiliki fungsi atau peran strategis bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian dari manajemen risiko khususnya dalam membentuk katup pengaman sosial (social security). Selain itu melalui CSR perusahaan juga dapat membangun reputasinya, seperti meningkatkan citra perusahaan maupun pemegang sahamnya, posisi merek perusahaan, maupun bidang usaha perusahaan.
Dalam hal ini perlu ditegaskan bahwa CSR berbeda dengan charity atau sumbangan sosial. CSR harus dijalankan di atas suatu program dengan memerhatikan kebutuhan dan keberlanjutan program dalam jangka panjang. Sementara sumbangan sosial lebih bersifat sesaat dan berdampak sementara. Semangat CSR diharapkan dapat mampu membantu menciptakan keseimbangan antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan. Pada dasarnya tanggung jawab sosial perusahaan ini diharapkan dapat kembali menjadi budaya bagi bangsa Indonesia khususnya, dan masyarakat dunia dalam kebersamaan mengatasi masalah sosial dan lingkungan. Keputusan manajemen perusahaan untuk melaksanakan program-program CSR secara berkelanjutan, pada dasarnya merupakan keputusan yang rasional. Sebab implementasi program-program CSR akan menimbulkan efek lingkaran emas yang akan dinikmati oleh perusahaan dan seluruh stakeholder-nya. Melalui CSR, kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas akan lebih terjamin. Kondisi ini pada gilirannya akan menjamin kelancaran seluruh proses atau aktivitas produksi perusahaan serta pemasaran hasil-hasil produksi perusahaan. Sedangkan terjaganya kelestarian lingkungan dan alam selain menjamin kelancaran proses produksi juga menjamin ketersediaan pasokan bahan baku produksi yang diambil dari alam. Bila CSR benar-benar dijalankan secara efektif maka dapat memperkuat atau meningkatkan akumulasi modal sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Modal sosial, termasuk elemen-elemennya seperti kepercayaan, kohesifitas, altruisme, gotong royong, jaringan dan kolaborasi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Melalui beragam mekanismenya, modal sosial dapat meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi dalam proses demokrasi, menguatnya keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat kekerasan dan kejahatan.
Tanggung jawab perusahaan terhadap kepentingan publik dapat diwujudkan melalui pelaksanaan program-program CSR yang berkelanjutan dan menyentuh langsung aspek-aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian realisasi program-program CSR merupakan sumbangan perusahaan secara tidak langsung terhadap penguatan modal sosial secara keseluruhan. Berbeda halnya dengan modal finansial yang dapat dihitung nilainya kuantitatif, maka modal sosial tidak dapat dihitung nilainya secara pasti. Namun demikian, dapat ditegaskan bahwa pengeluaran biaya untuk program-program CSR merupakan investasi perusahaan untuk memupuk modal social
SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo , Kecamatan Semampir Pada Hari Sabtu 7/5/2016 , Kedatangan Kak Kaka Waldy dan dari Tim Pasific Paint , dimana kedatangan mereka berdua yaitu memberikan bantuan Cat Maetrolite Produk dari Pasific Paint sebanyak 73 Galon , Dimana penyerahan secara simbolis Cat tersebut di terima oleh Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Banu Atmoko , S.Pd dan perwakilan Asisten Manager Pasific Paint , Disamping penyerahan secara simbolis kepada Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya juga ikut dalam penyerahan simbolis tersebut yaitu Lutfia Turfa , Fransiska Nur Syahfitri , Khairun Islamia , Zulfarkhan Mustofa Hadi , Yuda Agustiyan , Nevela Anindita Syahrini , serta Ibu Anis Laily Mufidah , S.Pd selaku Bendahara SMP PGRI 6 Surabaya dan Kepala SDS “ AL-IKHLAS “Surabaya, serta Ibu Faizatun Nuril Abidah , S.Pd . Menurut Banu Atmoko , S.Pd selaku Kepala Spegrinam Surabaya beliau menyampaikan ucaran rasa terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Pasific Paint yang telah memberikan bantuan CSR Cat kepada SMP PGRI 6 Surabaya , apalagi Pak Banu Atmoko , S.Pd sangat bersyukur karena Senin Menghadapi UNBK , Jadi sekolah bisa tampak bersih dan cerah kembali , serta apalagi akan mengahadpi PPDB Tahun 2016 – 2017 , Bapak Kepala Spegrinam Surabaya berharap agar Dengan di cat tersebut ruangan tampak baik sehingga diharapkan banyak yang daftar ke SMP PGRI 6 Surabaya. Selesai penyerahan simbolis tersebut Bapak Kepala Spegrinam didampingi oleh Pihak Pasific Paint mengamati seluruh siswa yang mengecat di dalam ruangan kelas sambil ngobrol dan bercanda , Dimana Seluruh siswa Spegrinam Surabaya mempunyai inisiatif lain dalam mengecat tembok kelas , Dimana mereka membagi menjadi 3 Bagian warna , sehingga diharapkan menarik , Menurut Ibu Sri Supadmi , S.Pd selaku Ketua Komite SMP PGRI 6 Surabaya beliau berharap agar kerjasama CSR ini bisa berlanjut selamanya , mengingat kondisi siswa SMP PGRI 6 Surabaya yang kecil dan sedikit siswanya. Selesai Pengecatan seluruh siswa Spegrinam menikmati hidangan rujakan