Edu Time - Serial Kepsek Jaman Now Bersama KPI
Manajemen Pengembangan SDM Guru dan Karyawan di Sekolah
Untuk Mencetak GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER
HARI KE - 62
Guru
dan karyawan merupakan salah satu komponen sumber daya manusia pendidikan yang
harus dikelola dan dikembangkan terus-menerus secara kontinyu dan
berkelanjutan. Pengembangan guru dan karyawan di lembaga pendidikan dapat
dilakukan melalui on the job, demonstrasi and example, dan classroom methods.
Selain itu, pengembangan profesi guru juga dapat dilaksanakan melalui
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), yang meliputi: pengembangan diri,
publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Melalui pengembangan ini, potensi sumber
daya guru dan karyawan dapat dibina dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan
keterampilan dan kualitas kinerjanya dalam mengajar sehingga profesionalisme
guru dapat terwujud. Guru yang profesional sesungguhnya adalah guru yang di dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya bersifat otonom, menguasai kompetensi
secara komprehensif dan daya intelektual tinggi. Guru yang profesional akan
mampu untuk melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Pembelajaran yang
bermutu diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman
peserta didik. Dalam arti yang
tradisional, konsep pengelolaan
tenaga pendidik dan kependidikan terbatas
pada urusan-urusan manajemen
operatif, seperti mengelola data
tenaga pendidik dan
kependidikan (record keeping), penilaian kinerja
yang bersifat mekanistik
(mechanical job evaluation), kenaikan pangkat
dan gaji secara
otomatis (automatic merit increase).Perhatian terhadap
SDM pada masa
kini mencakup
aspek-aspek yang berkaitan dengan
keamanan dan kenyamanan tenaga
pendidik dan kependidikan (fisik,
emosional dan sosial),
yang akan berpengaruh
secara signifikan terhadap cara-cara
mereka bertugas, dan dengan
sendirinya berpengaruhterhadap produktivitas mereka.Manajemen Sumber
Daya Manusia (MSDM)pada
masa kini memfasilitasi aktualisasi
dan pengembangan kompetensi
para tenaga pendidik dan
kependidikan melalui program-program pengembangan
dan pemberdayaan yang dilakukan
secara sistematik. Pengembangan dan pemberdayaan SDM
merupakan bagian dari
MSDM yang memiliki
fungsi untuk memperbaiki kompetensi,
adaptabilitas dan komitmen
para tenaga pendidik dan
kependidikan. Dengan cara
demikian,sekolah memiliki
kekuatan bukan saja
sekedar bertahan (survival),melainkan tumbuh (growth),produktif
(productive),dan kompetitif
(competitive).Dan dalam proses demikian,
dukungan SDM yang
kuat melahirkan sekolah
yang Manajemen Sumber
Daya Manusia (MSDM)
adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan
pengakuan pada pentingnya
tenaga pendidik dan kependidikan pada
sekolah sebagai sumber
daya manusia yang
vital, yang memberikan sumbangan
terhadap tujuan sekolah,
dan memanfaatkan fungsi dan
kegiatan yang menjamin
bahwa sumber daya
manusiadimanfaatkan secara
efektif dan adil
demi kemaslahatan individu,
sekolah, dan masyarakat.3Dalam pengertian
ini, posisi sumber
daya manusia tidak
bisa digantikan oleh faktor-faktor
lain dilihat dari
nilai sumbangannya terhadap sekolah. Seorang
tenaga pendidik dan
kependidikan dinyatakan memiliki nilai sumbangan
kepada sekolah apabila
kehadirannya diperlukan, memiliki nilai tambah
terhadap produktivitas sekolah
dan kegiatannya berada
dalammata rantai keutuhan
sistem sekolah itu.
Tingkat keberhasilan manajemen sumber daya
manusia dalam satu
sekolah dapat dikaji
dari ketepatan melaksanakan
fungsi-fungsi MSDM. Kemaslahatan seorang tenaga pendidik dan kependidikan
harus dilihat dari
kepentingan dan kebermaknaan
bagi dirinya sendiri, produktivitas sekolah dan pihak-pihak yang memperoleh
jasa layanan sekolah itu
Dalam
masa Pandemi COVID 19 Manajemen Pengembangan SDM Guru Dan Karyawan sangat
diperlukan dalam mencapai sebuah kesuksesan , Seperti yang dilakukan Penulis
Pada Hari Kamis 3/3/2022 Pukul 19.30 Mengikuti Edu Time - Serial Kepsek Jaman
Now
Manajemen Pengembangan SDM
Guru dan Karyawan di Sekolah Secara DARING Yang diadakan Oleh KPI Dan KUANTA
Melalui LINK https://zoom.us/j/94156684305?pwd=VUwwU3Zza01lYmU0cUF3QUk3MHh5dz09 Dimana Yang Menjadi NARASUMBER Adalah Ibu
DYAH SAPTARININGTYAS. Dimana Para Kepala Sekolah Sangat Antusias dalam
mengikuti rangkaian kegiatan tersebut
Penulis
yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang
terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan
Semampir sangat semangat mengikuti kegiatan tersebut Agar Penulis bisa
melakukan Manajemen Pengembangan SDM
Guru Dan KARYAWAN Di Sekolah SMP PGRI 6 Surabaya , Apalagi setelah ini
akan melaksanakan PPDB 2022/2023 Dengan Merubahan Manajemen Tersebut Harapanya
Agar Guru Guru di SMP PGRI 6 Surabaya Bisa Semangat Untuk Antarkan GENERASI
EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER
Tidak
Terasa Sudah Pukul 21.00 Penulis Juga Menyempatkan
Untuk Mengisi Presensi Kehadiran Di Kegiatan Tersebut Melalui LINK : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfDl8XJ6o2BUwgp2cgIWoUPgpzTHzSODlUNUiQ3O9EoSYPj7w/viewform
# Tantangan GuruSiana
#Guruhebat
#Dinaspendidikan SurabayaA