Sabtu, 23 April 2022

ersama UNIKA WIDYA MANDALA Dan Bapak / Ibu Guru SMP Swasta Surabaya SIAP Dukung Program Sekolah Penggerak (PSP) dan Kurikulum Merdeka (KM) Beserta Komponennya Serta — Pembelajaran Paradigma Baru (PPB) “

 

B














































ersama UNIKA WIDYA MANDALA Dan Bapak / Ibu Guru

     SMP Swasta Surabaya SIAP Dukung Program Sekolah

         Penggerak (PSP) dan Kurikulum Merdeka (KM)

             Beserta Komponennya Serta — Pembelajaran

                           Paradigma Baru (PPB) 

                                                        Hari Ke - 112

Bahan ajar Kurikulum Merdeka, meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, serta bentuk lainnya. Pendidik dapat menggunakan beragam perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar dapat langsung digunakan pendidik untuk mengajar atau pun sebagai referensi atau inspirasi dalam merancang pembelajaran. Contoh bahan ajar yang disediakan oleh Pemerintah dalam Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut

1. Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Modul projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan profil pelajar Pancasila.Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul projek yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul projek sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul projek yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik.

2. Modul Ajar

 

Modul ajar merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul ajar yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik. Oleh karena itu pendidik yang menggunakan modul ajar yang disediakan Pemerintah tidak perlu lagi menyusun perencanaan pembelajaran/RPP/modul ajar. Ketentuan lebih lanjut mengenai alur dan tujuan pembelajaran serta pengembangan modul ajar diatur dalam panduan yang ditetapkan oleh pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.

Wawasan Konseptual Tentang Sekolah Penggerak Dan Kurikulum Merdeka Serta Komponennya  Dan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah  Serta Paradigma Pembelajaran Baru yang harus diketahui oleh Pendidik di Indonesia Khususnya Di SMP Swasta Surabaya Utara , Makanya Pada Hari SABTU 23/4/2022 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Bekerjasama dengan UNIKA WIDYA MANDALA Surabaya mengadakan Pendampingan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Yang dilaksanakan secara DARING Melalui LINK Join Zoom Meeting

https://us02web.zoom.us/j/83424420514?pwd=V0k1clFnZnJOdEUwM2U0MTl6Z3VVdz09  Meeting ID: 834 2442 0514

Passcode: PKMFKIP22 Dimana Kegiatan Ini Dilaksanakan Mulai Tanggal 23 APRIL 2022 Sampai 18 JUNI 2022 , Dimana Pada Pembukaan pada hari ini Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Sekaligus Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara  Menghaturkan banyak terimakasih Kepada UNIKA WIDYA MANDALA Atas Atensi nya Kepada SMP Swasta Surabaya Utara  Mulai Pelatuhan LAB IPA , Pelatihan Guru BK Dan WAKA KESISWAAN Dan Pendampingan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka SMP Swasta Surabaya Utara Dalam Kesempatan ini Penulis menyampaikan Bahwa Kegiatan ini adalah Menyiapkan SMP Swasta Surabaya Utara dalam TAHUN AJARAN BARU 2022/2023 Siap Dengan Kurikulum Merdeka Pada saat Mengajar Peserta Didik nya , Yang Terakhir Penulis juga Meminta Kepada Bapak / Ibu Kepala Sekolah , Waka Kurikulum Dan Bapak / Ibu Guru SMP Swasta Surabaya Utara  Jangan merasa kegiatan ini menjadi beban tetapi ini semua anggap sebagai ibadah dan berikan senyuman , sehingga tidak merasa terbebani bagi Guru dengan kegiatan ini.

Sebelum Memulai Materi Pihak Panitia FKIP UNIKA WIDYA MANDALA Mengadakan Pre Test Untuk Mengetahui Tentang Kurikulum Merdeka , Dimana Bapak / Ibu Kepala Sekolah , Bapak / Ibu Kurikulum Dan  Bapak / Ibu Guru Mengerjakan Pre Tes Melalui LINK   : Link Pre-test

: https://tinyurl.com/mppst6v8  Dalam kesempatan ini Bapak / Ibu Peserta di berikan kesempatan waktu 30 Menit Mengerjakan Pre Tes Tersebut

Selesai Materi Pre Test Tersebut  Materi Selanjutnya Yaitu Materi Yang di sampaikan Oeh Dr V LULUK Priyambodo , M.Pd dimana Materi yang di sampaikan yaitu tentang   Program Sekolah Penggerak (PSP) dan Kurikulum Merdeka (KM) Beserta Komponennya (SKL, SI, Capaian Pembelajaran, Asesmen, Perangkat Ajar) dan Kompetensi Guru & Kepala Sekolah . Alhamdulilah Paparan Dari Dr V LULUK PRIYAMBODO , M.Pd tidak membuat 145 Yang tergabung dalam Room zoom tersebut untuk Keluar dari ZOOM Tersebut Malah sangat aktif dalam mengikuti Kegiatan tersebut

Banyak Yang bertanya Kepada Bapak Dr V LULUK PRIYAMBODO , M.Pd diantaranya :

1.  mohon izin bertanya, 1. apakah administrasi guru di kurikulum merdeka lebih ringan ? 2. terkait guru yang sertifikasi apakah ada jaminan bisa terpenuhi jamnya, mengingat sekolah swasta siswa dan rombel terbatas, sehingga banyak guru yang kekurangan jam ? ( Dari Bapak MUJA SMP AL KHAIRIYAH Surabaya )

2.  Mau tanya P Luluk, untuk materi Esensial itu ada di SKL atau SI atau seperti apa penetapannya ? mohon arahannya  ( Dari Bapak FARIZ KUDDAH ,S.Pd SMP AL IRSYAD )

3.  Mau tanya pak

3.1. Memperbaiki catatan saya, sayart untuk penerapan kurikulum merdeka itu harus memiliki status sekolah penggerak/guru penggerak?

3.2. Mapel TIK WAJIB ini mengajar atau pendampingan terhadap para guru?  ( Dwiky Apthal kurniawan )

 

Dalam Kesempatan ini Materi yang Kedua yaitu — Pembelajaran Paradigma Baru (PPB) yang di sampaikan oleh Dr. Ig. Harjanto Dimana  Tujuan dari kegiatan ini adalah Peserta memahami substansi esensial PPB.,

Menurut Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Dan Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Semoga SMP Swasta Surabaya Tahun Pelajaran 2022-2023 Siap Mendukung Dan Menggunakan Kurikulum Merdeka Yang Telah Di Terapkan Oleh Pemerintah Serta Semoga Pelaksanaan PPDB 2022-2023 SMP Swasta Surabaya Utara Mendapatkan Siswa / Siswi yang banyak Berkah Barokah Selamanya Serta Bapak / Ibu Guru WAKA Kurikulum di berikan kesehatan untuk terus menimba Ilmu Untuk Kemajuan SMP Swasta Surabaya Utara

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

#Dinaspendidikan SurabayaA

Jumat, 22 April 2022

DENGAN SMK PELAYARAN INDO BARUNA SURABAYA

 “ KEMITRAAN ANTARA SMP PGRI 6 SURABAYA

DENGAN SMK PELAYARAN INDO BARUNA SURABAYA

Hari Ke -111


Partnership atau kemitraan adalah suatu jenis bisnis yang mana terdapat suatu perjanjian formal yang terjadi di antara dua orang atau lebih yang dibuat dan juga disepakati untuk bisa menjadi rekan pemilik, saling melakukan pendistribusian tanggung jawab untuk bisa menjalankan organisasi dan berbagai pendapatan ataupun kerugian yang terjadi di dalam bisnis. Untuk di indonesia sendiri, seluruh aspek terkait kemitraan ini sudah diatur di bawah ‘PP 17/2013’. Secara khusus, peraturan ini menjelaskan bahwa kemitraan adalah hubungan yang dijalin antara dua atau lebih orang ataupun institusi yang sudah menerima untuk bisa saling berbagi keuntungan yang diperoleh dari bisnis di bawah pengawasan seluruh anggota ataupun nama anggota lain.Sedangkan berdasarkan KPPU.GO.ID kemitraan adalah suatu kerjasama di dalam keterkaitan usaha secara langsung ataupun tidak langsung, atas dasar saling percaya, membutuhkan, memperkuat dan menguntungkan yang melibatkan para pebisnis UMKM ataupun pebisnis besar.Selain itu, laman resmi Investopedia juga menjelaskan bahwa kemitraan adalah suatu perjanjian formal yang dilakukan antar kedua belah pihak atau lebih untuk bisa mengurus suatu bisnis dan membagi keuntungannya.Hal tersebut tentunya berbeda dengan joint venture yang dilakukan oleh dua perusahaan oleh lebih, karena kemitraan hanya berlaku untuk gabungan antar perorangan saja.Saat ini, sudah banyak sekali jenis kemitraan, namun jenis kemitraan yang paling banyak adalah kemitraan yang dilakukan secara bersama, menjalankan tugas secara merata, dan memperoleh keuntungan yang sama.Walaupun begitu, masih ada juga kemitraan yang menjadikan salah satu pihaknya sebagai “silent partner”, sehingga pihak yang lain tidak perlu ikut campur dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Kemitraan sangat di perlukan dalam kehidupan seperti saat ini , Seperti  yang di lakukan di SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang Terletak Di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Pada Hari Jun’at 22/4/2022 Kedatangan Tamu dari SMK Pelayaran INDO BARUNA Surabaya , rombongan Dari SMK Pelayaran INDO BARUNA Surabaya Datang Pada Pukul 07.00 Dimana Kedatangan Mereka yaitu melakukan Presentasi di Peserta Didik Kelas 9 SMP PGRI 6 Surabaya , Dalam kesempatan Tersebut Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Ikut mendampingi Dari SMK Pelayaran INDO BARUNA Surabaya Di Ruangan Kelas 9

Menurut Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Kegiatan Ini dilakukan sebelum Pelaksanaan Ujian Satuan Pendidikan Kelas 9 Dimana Pada Hari Ini Hanya 1 Mata pelajaran yaitu Hanya Matematika Makanya Hari ini Sebelum UJIAN Dilakukan PRESENTASI Dari SMK Pelayaran INDO BARUNA Surabaya , Kegiatan ini Juga sebagai bentuk kemitraan Antara SMK Pelayaran Indo Baruna Surabaya Dengan SMP PGRI 6 Surabaya.

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

#Dinaspendidikan SurabayaA

Kamis, 21 April 2022

Hadapi Siswa Nakal Untuk Menjadi Generasi Emas”

 “WEBINAR Manajemen Kelas Dan  Cara Jitu

Hadapi Siswa Nakal Untuk Menjadi Generasi Emas”

HARI KE - 110

Manajemen kelas adalah ketentuan dan prosedur yang diperlukan guna menciptakan dan memelihara lingkungan tempat terjadi kegiatan belajar dan mengajar. Manajemen kelas juga dapat diartikan sebagai perangkat perilaku dan kegiatan guru yang diarahkan untuk menarik perilaku siswa yang wajar, pantas, dan layak serta usaha dalam meminimalkan gangguanTujuan pengelolaan kelas pada hakikatnya telah terkandung dalam tujuan pendidikan. Secara umum tujuan pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap serta apresiasi pada siswaDalam manajemen kelas terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan sebagai prasyarat menciptakan satu model pembelajaran yang efektif dan efisien, yaitu  Prinsip Kesiapan (Readiness) Prinsip Motivasi (Motivation) Prinsip   Perhatian  Prinsip Perseps  iPrinsip Retensi   Prinsip Transfer

Permasalahan-permasalahan dalam manajemen kelas:

a. Masalah yang disebabkan oleh guru

    guru membiarkan peserta didik berbuat salah

    guru lebih mementingkan materi daripada peserta didik

    guru kurang menghargai peserta didik

    guru kurang memiliki rasa humor

    guru mempermalukan siswa

    guru gagal menjelaskan tujuan pelajaran pada siswa

    guru tidak memahami perbedaan individu

    guru berbicara tidak jelas

    guru memberi tugas yang terlalu berat dan kompleks

    guru tidak memberikan umpan balik terhadap siswa

b. Masalah yang disebabkan oleh peserta didik

    siswa yang terlalu mencari perhatian

    siswa yang sakit

    siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah

    siswa yang pesimis daan kurang motivasi belajar

c. Masalah yang disebabkan oleh lingkungan

    lingkungan rumah/keluarga

    lingkungan tempat tinggal

    lingkungan sekolah

    situasi sekolah

Saat ini kenakalan remaj-remaja sudah sangat membuat kita geleng kepala, sebenarnya nakal itu adalah hal yang wajar tapi nakal yang tidak membuah kan hasil maksiat. Saat ini banyak kita temukan siswa-siswi yang sudah berani membentak Gurunya disekolah, melawan dengan Orang tuanya, tidak mau menuruti apa yang dissampaikan oleh Guru, padahal yang disampaikan itu untuk kebaikan mereka itu sendiri. Sekarang banyak kita lihat diberita baik media cetak atau yang lainnya menunjukkan kenakalan remaja kita, ada yang melahirkan di toilet sekolah, ada yang ketangkap lagi bersama di dalam sebuah rumah, ada yang ketangkap lagi berduan di kebun-kebun, ada yang ketangkap menggunakan lem aibon, ada yang sudah mulai mengkonsumsi ganja, sabu-sabu dan lainnya. Sebetulnya mereka berdua saja tidak masalah namun kelakuan mereka itu  yang tidak baik yang sudah jauh melenceng dari layaknya seorang siswa yang berpendidikan, sampai-sampai kita yang melihat berita itu pun terkadang menggelengkan kepala. Terkadang sebagai pendidik ada rasa perihatin yang sangat teramat dalam hati, namun terkadang kita jadi serba salah untuk menyikapinya.

Bapak/Ibu  Dewan Guru merasakan kesulitan mengelola pembelajaran di kelas offline maupun online ,  Siswa nakal: presepsi menuju pendampingan potensi . Seperti yang di adakan di masing – masing Sekolah pasti banyak Siswa Yang Nakal Termasuk di SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Pada Hari Kamis 21/4/2022 Bertepatan dengan Hari Kartini Webinar Manajemen Kelas Siswa Nakal Melalui  Link ZOOM Join Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/88456074776?pwd=RDN1R0lTTUJ2ZWRTc3dXclVjc0ZIQT09 


Meeting ID: 884 5607 4776  Passcode: 2022 Dimana yang menjadi Narasumber  Ustad Farda Khoirul Roin, S.Psi

Ustad Farda Khoirul Roin, S.Psi menyampaikan bahwa Peran Guru sangat penting dalam mengatur Manajemen yang ada di Kelas . Buat Siswa Merasa aman dan nyaman dalam pembelajaran di kelas tersebut

Semoga Dengan Kegiatan tersebut penulis berharap agar Siswa Merasa Aman Dan Nyaman dalam kegiatan pembelajaran tersebut di tambah lagi dengan Di berikan sarana yang mendukung sehingga tidak ada lagi siswa / siswi di SMP PGRI 6 Surabaya Siswa / Siswi yang Nakal Tapi siswa / siswi yang Penuh dengan Segudang Prestasi dan Menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter Yang bisa Membanggakan dan mengharumkan sekolah dan orang tua tercinta

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

#Dinaspendidikan SurabayaA

Rabu, 20 April 2022

SEPIRING KARI KAMBING CAK HOR Teman Di Kala Hujan Yang Dingin “

 “ SEPIRING KARI KAMBING CAK HOR

Teman Di Kala Hujan Yang Dingin “

Hari Ke - 109

Kari atau yang dikenal di Indonesia sebagai kare adalah nama untuk berbagai jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai cita rasa tajam dan pedas. Kari berasal Asia Selatan, terutama dari India yang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa. Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkih. Jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung jenis kari dan negara asal masakan. Bubuk kari (curry powder) atau masala adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania karena rindu dengan kari India.Dalam bahasa-bahasa Dravida, kari berarti sayuran dalam saus atau saus] Kata kerja karughi dalam bahasa Tamil berarti menggoreng dengan minyak banyak (atau membakar). Dalam bahasa Kannada, kari juga menggoreng atau hidangan gorengan. Dalam sebagian bahasa-bahasa India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bersama nasi atau roti. Di negara-negara Barat, curry telah menjadi kosakata bahasa Inggris untuk semua jenis masakan khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah. Kepopuleran kari telah menyebar dari anak benua India ke dalam khazanah masakan dunia. Setiap negara memiliki jenis kari khas yang disesuaikan dengan selera orang di negara itu. Kari telah menjadi makanan dunia, dan diadopsi ke dalam masakan Thailand, masakan Inggris, dan masakan Jepan

Di sela – sela kesibukan Kepala SMP Swasta Surabaya Utara Pada Hari Selasa 19/4/2022 Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir  Bersama Bapak H. OEMAR ,S.Ag Kepala SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya Bapak SYAHRUL ,S.Pd Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6  , Bapak ANAS FAUZI ,S.Pd Kepala SMP MUJAHIDIN Surabaya menikmati rintihan hujan di Kota Surabaya sambil menunggu Adzan Maghrib Makan Bersama di WARUNG CAK HOR Jl INDRAPURA Surabaya 

Sambil Menunggu Adzan Maghrib dengan Gemercik air Hujan Penulis bersama teman – teman tersebut banyak yang di obrolkan mulai ujian satuan pendidikan , Sampai di Kemajuan Sekolah kita masing – masing Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir  Bersama Bapak H. OEMAR ,S.Ag Kepala SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya Bapak SYAHRUL ,S.Pd Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Menikmati hidangan NASI KARE Kambing  Sedangkan Bapak ANAS FAUZI ,S.Pd Kepala SMP MUJAHIDIN Surabaya Menikmati Ayam Srundeng . 

Tak Terasa Sudah Pukul 18.00 Kita melaksanakan Sholat Maghrib Di Belakang WARUNG CAK HOR Ada Masjid di sana Kita Melaksanakan SHOLAT Maghrib Berjamaah , Saat Akan membayar Ada pemandangan yang sangat membuat Penulis tertarik yaitu Ada APLIKASI Untuk Menghitung habis nya berapa yang akan kita bayar semua di hitung dengan Aplikasi yang sudah ada Menunya Mulai KARE , KRUPUK Sampai yang lain lain . Kata Penulis kepada Teman teman Ternyata WARUNG Ini Keren “ MELEK IT “ 

Sepiring Kare Kambing Ini adalah Teman bagi Kita untuk menantikan Terang nya hujan yang melanda Kota Surabaya Tercinta Serta Semoga Sepiring Kare Kambing Ini bisa menjadikan Persahabatan semakin Kokoh di Kalangan SMP Swasta Surabaya Utara Tanpa Membedakan Sekolah Besar Dan Sekolah Kecil

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

#Dinaspendidikan SurabayaA

Selasa, 19 April 2022

Bergerak Bersama Mewujudkan Generasi Emas Surabaya Dengan Layanan Holistik Untuk Anak Istimewa"

 "Bergerak Bersama Mewujudkan Generasi Emas Surabaya Dengan Layanan Holistik Untuk Anak Istimewa"

HARI KE - 108

Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuHolistik Integratifnya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak. PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat. Tujuan PAUD Holistik Integratif, secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia; sedangkan secara khusus adalah: (1) terpenuHolistik Integratifnya kebutuhan esensial anak usia dini secara; (2) terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada; (3) terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah; dan (4) terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Pemerintah Daerah Pelaksanaan PAUD HOLISTIK INTEGRATIF dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif pengembangan PAUD holistik integratif juga bertujuan memenuHolistik Integratif 5 pilar hak anak. Mulai dari hak anak untuk terHolistik Integratifndar dari penyakit, serta hak terpenuHolistik Integratif kecukupan gizi agar dapat bereksplorasi dan mengembangkan kemampuan otaknya dengan maksimal. Selain itu, anak juga perlu distimulasi sedini mungkin, mendapatkan pengasuhan yang baik, serta hak mendapatkan perlindungan dari kekerasan fisik dan psikologis. Layanan PAUD holistik integratif ini meliputi pengembangan karakter, pengembangan aspek dalam bidang agama dan moral, motorik kasar dan halus, kognitif, serta bahasa dan sosial-emosional. Metode ini juga menekankan layanan kesehatan dan gizi, serta stimulasi. Selain itu, layanan PAUD ini memiliki konsep program berbasis keluarga dan komunitas.

Memperingati Hari Autisme Internasional Pemerintah Kota Surabaya Dalam Hal Ini PUSPAGA Pada Hari Selasa 19/4/2022  Pukul 09.00 Mengadakan Acara Talkshow Ketahanan Keluarga Dengan Tema "Bergerak Bersama Mewujudkan Generasi Emas Surabaya Dengan Layanan Holistik Untuk Anak Istimewa"     Dalam kesempatan tersebut yang menjadi Narasumber adalah Ibu Rini Indriyani Eri Cahyadi ,S.Farm ,Apt  ( Bunda Paud Kota Surabaya Dan Ketua TP PKK Kota Surabaya ) Prof Dr Budiyanto , M.Pd ( Guru Besar Inklusi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya ) Ibu Bonie Dewayanti ,S.Psi ( Ibunda Dari Muhammad Aden Hadi Kini Mahasiswa Semester 6 Jurusan Tata Boga UNESA ) Toni Ardiyanto A.P ,S.Sos , M.Si ( Kepala DP3APPKB Kota Surabaya ) Dan Ir YUSUF MASRUH MM ( Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya ) 

Dimana  Dalam kesempatan yang baik  ini Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Dalam kesempatan ini mengikuti Secara Daring Melalui Meeting ID: 928 4439 5786  Passcode: surabaya22

 

Link : https://zoom.us/j/92844395786?pwd=Y3lUY3NvOEZuK2haMjJyZURNRzhoQT09 

Dalam Kesempatan ini Penulis Berharap agar Siswa / Siswi Di SMP PGRI 6 Surabaya Menjadi  Generasi Emas Yang Unggul Dan Berkarakter Karena dari Generasi Emas Ini Tumbuhlah Kota Ini menajdi Kota Yang Hebat Dan Kota Yang Tangguh 

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

#Dinaspendidikan SurabayaA

Senin, 18 April 2022

Webinar Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar Bersama Kemendikbudristek

 Webinar Implementasi Kurikulum Merdeka

dan Platform Merdeka Mengajar Bersama Kemendikbudristek

HARI Ke - 107

Dalam rangka mendukung satuan pendidikan yang akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara Mandiri, Ditjen GTK Kemendikbudristek membuat Seri Webinar Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar yang akan membahas berbagai topik dan praktik kurikum merdeka.

 Pada Hari Senin 18/4/2022 Ditjen GTK Kemendikbudristek  Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar | Seri 1: Filosofi Kurikulum Merdeka  , Dimana Kegiatan Webinar Tersebut dimulai Pukul 13.30 Secara Daring . Dimana Dalam Kesempatan ini yang menjadi Narasumber adalah Drs ZULFIKRI Anas , M.Ed  ( PLT Pusat Kurikulum  Dan Pembelajaran BKSAP ) Narasumber yang Kedua yaitu Lasty Davira Kesdu ,S.Sn MM (Tenaga Ahli Kemdikbud Ristek ) Serta YUDI NUGHRAHA ,S.Si ( Guru SMAN 1 Cikalong Wetan  Kab Bandung Jawa Barat )

Lasty Davira Kesdu ,S.Sn MM (Tenaga Ahli Kemdikbud Ristek ) Menyampaikan Tentang Platform Merdeka  Mengajar Melalui ANDROID  Dengan LINK https://play.google.com/store/apps/details?id=id.belajar.app 

YUDI NUGHRAHA ,S.Si ( Guru SMAN 1 Cikalong Wetan  Kab Bandung Jawa Barat ) Proses Belajar Berbeda yaitu Defrensiasi  dengan Pemetaan  dilakukan di awal tahun pelajaran , Kurikulum 2013 Kita Mengenal KI Dan KD Di Kurikulum Merdeka Tidak Mengenal  Di Kelas 10 Menggunakan Difrensiasi Ada Modul Ajar Pentingnya Kolaborasi Tentang apa DEFRENSIASI . Adanya Projek Profil Pelajar Pancasila Menjadi kewajiban melekat di Mata Pelajaran ( Jam Mata Pelajaran ) Sudah Di tetapkan Dalam 7 Tema Oleh Pemerintah : Tema kearifan Lokal , Dampak IPTEKS ( Siswa Menghasilkan Karya Ilmiah  ) Merekayasa NKRI( Siswa Mampu membuat Tepat Guna dari Racycle )

Setelah Asesmen Baru Orientasi Guru Guru mempunyai Kewajiban  projek tersebut dilakukan tentang gambaran projek tersebut Dimana Penilaian  Menggunakan Siswa Presentasi ( Modul 1 ) Dilaksanakan Secara DARING 

Dampak yang dirasakan yaitu  harus menggali potensi , harus sering belajar sesuai perkembangan zaman dan berkolaborasi dengan guru yang lain untuk mengetahui awal pemetaan

Dalam kesempatan ini Penulis berharap semoga Di SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Bisa Siap Menerapkan Kurikulum Merdeka dengan sebaik baik nya 

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

#Dinaspendidikan SurabayaA

Minggu, 17 April 2022

Nikmatnya buka puasa bersama sahabat sepiring rawon dan segelas teh panas

 “ NIKMATNYA BUKA PUASA BERSAMA SAHABAT

SEPIRING RAWON DAN SEGELAS THE PANAS”

JALIN KEAKRABAN “

HARI KE - 106

Sahabat adalah seseorang yang mau menunjukkan di mana letak kesalahanku, bukan seseorang yang membicarakanku di belakang dan membiarkanku tetap dengan kesalahan yang ku buat tanpa tahu apa yang salah. Sahabat adalah seseorang yang tidak menumbuhkan perasaan negatif dalam hati dan pikiranku.. Sahabat adalah seseorang yang menegurku manakala aku membicarakan orang lain.. Sahabat adalah seseorang yang tidak membiarkanku menghabiskan waktu dengan sia-sia untuk sekedar mengobrol tanpa makna.. Namun, yang pasti Sahabat adalah manusia biasa yang tak lepas dari salah dan lupa.. Maka, Sahabat yang baik adalah teman yang mau berbesar hati meminta maaf jika salah, dan memaafkan kesalahan Sahabat yang berbuat salah.

Pada Hari Kamis 14/4/2022  Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir   bersama Bapak AINUL YAQIN ,S.Si Kepala SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya , Bapak ANAS FAUZI ,S.Pd Kepala SMP MUJAHIDIN Surabaya Dan Bapak  SYAHRUL ,S.Pd Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya  pada Pukul 17.00 Mendatangi Sekolah SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya  Untuk Menghadiri Undangan Bapak H. OEMAR ,S.Ag  Untuk Buka Bersama 

Di Ruangan  Bapak H. OEMAR ,S.Ag sudah  disiapkan  menu buka Es Blewah , The panas , Buah SINOM  Saat Adzan Maghrib berkumandang Penulis minum The Panas  setelah itu di lanjutkan  Penulis Sholat Maghrib berjamaah dengan Siswa / Siswi dan Guru SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya  Setelah Sholat Maghrib kita semua menikmati hidangan Buka Puasa dari Bapak H. OEMAR ,S.Ag Ada RAWON , Gurami Bakar , Udang  Kangkung Krupuk Dan  Dalam kesempatan ini Penulis menikmati hidangan RAWON Dan Udang Di tambah SAMBEL Dan Krupuk  Yang Begitu Nikmat

Pada saat Akan Pulang  Penulis bersama Bapak AINUL YAQIN ,S.Si Kepala SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya , Bapak ANAS FAUZI ,S.Pd Kepala SMP MUJAHIDIN Surabaya Dan Bapak  SYAHRUL ,S.Pd Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya mendapatkan PARSEL Dari Bapak H. OEMAR ,S.Ag Selaku Kepala SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya . Menurut Penulis kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang terindah bisa kumpul dengan sahabat di sela sela kesibukan kita masing – masing  Semoga Kita Semua Di Berikan Kesehatan Kelancaran Rezeki Dan Keberkahan

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

#Dinaspendidikan SurabayaA