Sabtu, 01 Februari 2020

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan dan Pengajaran





















Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan dan Pengajaran
Hari Ke – 18

Teknologi komunikasi dianggap mencakup pengertian yang luas, termasuk sistem, saluran, perangkat keras dan perangkat lunak dari komunikasi modern. Sedangkan teknologi informasi merupakan bagian dari pengertian teknologi komunikasi. Teknologi informasi adalah ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diolah. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya. Komunikasi dapat diartikan sebagai proses sistematik bertukar informasi di antara pihak-pihak, biasanya lewat sistem simbol biasa. Secara ilmiah komunikasi dapat berarti proses penyampaian pesan atau informasi dari pengirim kepada penerima dengan simbol tertentu. Berdasarkan dua pengertian di atas data disimpulkan bahwa TIK adalah proses penyampaian informasi melalui pengolahan data yang melibatkan pengirim dan penerima informasi dengan menggunakan simbol tertentu. TIK adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengelolaan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, hubungan computer dengan manusia dan hal yang berkaitan dengan sosial, ekonomi dan kebudayaan. Pemanfaatan tenologi dan komunikasi dalam bidang pendidikan, seperti pemanfaatan komputer dan jaringan computer memberikan kesempatan kepada setiap pembelajar untuk mengakses materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan Komputer. Dari penjelasan tersebut dapat dimaknai bahwa TIK merupakan media yang berupa teknologi seperti komputer beserta jaringannya yang dapat digunakan untuk proses pengolahan dan pemprosesan data yang berguna untuk pemanfaatan berbagai bidang sosial, ekonomi, budaya dan tentunya pendidikan. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. TIK menjadi sesuatu yang mutlak untuk dikuasai untuk mengejar ketertinggalan teknologi bangsa Indonesia. Bahkan di berbagai lembaga pendidikan saat ini pasti akan memprioritaskan dan menambah pelajaran TIK dalam jadwal pelajarannya serta memperbanyak media-media yang membantu pengembangan pembelajaran. Perkembangannya yang sangat cepat dan pesat menuntut semua komponen lembaga pendidikan harus mampu mengejarnya, tak terkecuali tenaga pendidik. Dalam menghadirkan fungsi teknologi asas praktis, efektif dan efisien menjadi acuan utama. Artinya kalau kehadirannya justru menyulitkan dan menambah beban materi dan waktu maka kehadiran TIK justru tidak ada gunanya. Namun rasanya hal ini tidak akan terjadi di era informasi ini. Di mana perangkat komunikasi nirkabel sudah merambah sampai ke pelosok pedesaan. Kehadiran teknologi ini harus digunakan sebaik-baiknya dengan pengelolaan yang tepat. TIK yang sudah menyatu kehadirannya dengan masyarakat menjadi sesuatu yang harus dimuati nilai baik. Maka tugas tenaga pendidik untuk menangkap kehadiran TIK ini menjadi sesuatu yang positif dan berdaya guna bahkan menjadi bernilai ekonomis (ergonomis). Pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid. Pembelajaran juga bisa diartikan sebagi upaya untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa dapat belajar. Dengan demikian pembelajaran dapat didefinisikan sebagai upaya proses membangun pemahaman siswa. Pembelajaran disini lebih menekankan pada upaya guru untuk mendorong atau memfasilitasi siswa dalam belajar. Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan mendapatkan berbagai sumber untuk belajar. Pembelajaran dapat melibatkan dua pihak yaitu siswa sebagai pembelajar dan guru sebagai fasilitator. Yang terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah terjadinya proses belajar.  Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg,dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu:
1.           dari pelatihan ke penampilan,
2.           dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja,
3.           dari kertas ke "on line" atau saluran,
4.           fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja,
5.           dari waktu siklus ke waktu nyata.
Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa.  Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut cyber teaching atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learningyaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. Menurut Rosenberg e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria yaitu:
1.           E-learningmerupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribsi dan membagi materi ajar atau informasi.
2.           Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar.
3.           Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran dibalik paradigma pembelajaran tradisional.
Saat ini dengan perkembangan teknologi informasi maka para praktisi pendidikan juga memanfaatkan teknologi tersebut untuk media pengajaran. TIK juga berfungsi untuk memperkecil kesenjangan penguasaan Teknologi mutakhir, khususnya dalam dunia pendidikan. Pembangunan pendidikan berbasis TIK setidaknya memberikan dua keuntungan. Pertama, sebagai pendorong komunitas pendidikan (termasuk guru) untuk lebih apresiatif dan praktif dalam memaksimalisasi potensi pendidikan. Kedua, memberikan kesempatan luas kepada peserta didik dalam memanfaatkan setiap potensi yang ada yang dapat diperoleh dari sumber-sumber yang tidak terbatas.
Pengembangan TIK Di Dunia Pendidikan Kota Surabaya sudah selangkah lebih maju di bandingkan Kota – Kota Lain , Seperti yang di lakukan  Dinas Pendidikan Kota Surabaya Pada hari Sabtu 1/2/2020  Mengadakan kegiatan Pengimbasan  Pelatihan Pemanfaatan dan Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi ( TIK ) Bagi Kepala SMP Se Kota Surabaya , dalam kesempatan tersebut Dinas Pendidikan Kota membagi  Pengimbasan  Pelatihan Pemanfaatan dan Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi ( TIK ) Bagi Kepala SMP Se Kota Surabaya menjadi 5 Wilayah , Yaitu  Wilayah Utara di tempatkan di SMP Negeri 5 Surabaya  JL Rajawali No. 57 Surabaya , Wilayah Barat di SMP Negeri 26 Surabaya JL Banjar Sugihan No. 21 Surabaya , Wilayah Pusat di SMP Negeri 3 Surabaya  JL Praban No. 3 Surabaya , Wilayah Selatan Di tempatkan di SMP NEGERI 13 Surabaya  JL Jemur Wonosari  II Surabaya. Kegiatan Pengimbasan  Pelatihan Pemanfaatan dan Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi ( TIK ) Bagi Kepala SMP Se Kota Surabaya  Dilaksanakan selama 1 Bulan ( 4 kali pertemuan ) setiap sabtu , Adapun yang menjadi Instruktur adalah Kepala SMP Negeri/ Swasta Serta Pengawas Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yang Sudah di berangkatkan Pelatihan di SOLO dengan LP2KS, Rencana kegiatan tersebut akan di laksanakan setiap sabtu dengan 2 Sesi . Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya  Bapak BANU ATMOKO , S.Pd  yang Juga sebagai TRAINER Menyampaikan bahwa Tujuan dari ini adalah agar kepala Sekolah  Melek IT ,  Informasi Teknologi berperan sebagai alat produksi dan penyaji materi pembelajaran. , TIK berperan untuk distribusi materi pembelajaran. TIK berperan sebagai pengevaluasi pembelajaran.  TIK berperan sebagai media kolaborasi pembelajaran. TIK berperan pencari sumber materi pembelajaran.
# Tantangan Guru Siana
# dispendik Surabaya
#Guruhebat


Jumat, 31 Januari 2020

“Jum;at Sehat & Jum’at Berkah Bersama IWAPI Dan PT .Pokphand “





















“Jum;at Sehat & Jum’at Berkah Bersama  IWAPI Dan  PT .Pokphand “

          Tantangan Hari Ke - 17
Program Jum’at sehat dan berkah merupakan Program kegiatan bagian umum setiap hari jumat senam pagi dan bersih-bersih lingkungan, kegiatan senam pagi jumat merupakan program yang sudah lama berjalan dan tetap akan selalu dilaksanakan oleh bagian umum karena banyak memberikan manfaat dan kegunaan bagi semua Guru dan siswa  agar tetap sehat dan kuat, kegiatan ini juga tidak saja membuat sehat tapi juga ajang ceria silaturahmi pertemuan Dosen Karyawan dan mahasiswa sambil menikmati snack yang disediakan oleh Supriadi selaku pengelola senam Jumat sehat. Dalam kesempatan senam pagi ini hadir Kepala SMP PGRI 6 Surabaya  beliau menganjurkan agar kita melakukan pola hidup sehat dengan cinta berolah raga serta menciptakan Sekolah bersih  dan nyaman.
SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir , Pada Hari Jum’at 31/1/2020 , Seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya  berkumpul di lapangan dengan membawa bekal makanan yang dimasukan ke dalam Tepak makan , untuk sarapan pagi bersama yang setiap akhir Bulan di adakan , Tidak hanya siswa nya yang ikut sarapan  tetapi guru guru pun Juga ikut sarapan pagi  bersama dengan seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya , Selesai sarapan selesai sarapan seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya langsung membersihkan halaman sekolah , menata kembali tikar dan karpet karpet, Sebelum mengakhiri kegiatan belajar mengajar seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya mulai  kelas 7 – 9 dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya mulai Kelas 1- 6  berbaris ke lapangan untuk menerima  pembagian Telur Sumbangan IWAPI Dan  PT .Pokphand , Tidak hanya Seluruh siswa / siswi nya saja yang terima Telur Tetapi Bapak / Ibu dewan Guru juga menerima Pembagian Telur Sumbangan IWAPI Dan  PT .Pokphand . Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak  BANU ATMOKO , S.Pd  Mengucapkan Terimakasih Atas Sumbangan Telur dari IWAPI Dan  PT .Pokphand alhamdulilah Siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya bisa menikmati Telur  bersama  keluarga serta menurut Kepala Sekolah Kelahiran APRIL 1984  Bahwa Telur  tersebut menambah GIZI
# Tantangan Guru Siana
# dispendik Surabaya
#Guruhebat


Kamis, 30 Januari 2020

“ Ajak Kepedulian Sosial Serta Ajak Untuk Ingat Kematian”
































“ Ajak Kepedulian Sosial Serta Ajak Untuk Ingat Kematian”
Tantangan Hari Ke - 16

Ibnu Umar RA berkata, ''Aku datang menemui Nabi Muhammad SAW bersama 10 orang, lalu salah seorang Anshar bertanya, siapakah orang yang paling cerdas dan paling mulia wahai Rasulullah? Nabi menjawab, orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya, mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemuliaan dunia dan kehormatan.'' (HR Ibnu Majah) Manusia yang mengingat kematian akan memendekkan angan-angannya, lebih menyegerakan berkarya, dan gemar berbuat kebajikan. Dia menginsyafi diri bahwa setiap manusia, baik kaya atau miskin, memiliki jabatan tinggi atau rendah, pintar atau bodoh, dan fisik sempurna atau cacat, semuanya akan kembali menyatu dengan tanah. Sendiri dalam kegelapan menghadapi malaikat maut. Allah berfirman dalam surat Al Jumu'ah (62) ayat 8, ''Katakanlah sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.'' Perbedaan terbesar orang yang mengingat kematian dengan tidak ialah terletak pada kehati-hatian bersikap, kerendahan hati, keikhlasan, amal kebaikan, dan kezuhudannya. Harta, tahta, kata, dan cinta dunia yang ia miliki tak memerngaruhi pandangannya terhadap semua manusia. Ia memahami manusia sama-sama sebagai makhluk ciptaan Allah yang akan kembali pada-Nya dan mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya. Hanya tingkatan takwa yang membedakan kedudukan masing-masing manusia. Ia tak segan menguras harta untuk membantu kesusahan orang lain. Jabatan atau tahta, ia fungsikan sebesar-besarnya untuk memaslahatan seluruh rakyat dan bukannya malah membebani hidup rakyat. Cinta, kata, serta popularitas, ia gunakan untuk melakukan banyak pencerahan agar kehidupan masyarakat terangkat lebih baik. Mengingat kematian akan melembutkan hati yang keras, kaku, dan beku. Syafiah RA mengisahkan seorang perempuan mengadu kepada Aisyah RA tentang kekesatan hatinya, lalu Aisyah berkata, ''Perbanyaklah mengingat kematian niscaya hatimu menjadi lembut.'' Kemudian perempuan itu melakukannya sehingga hatinya menjadi lembut. Ka'ab sahabat Rasulullah mengungkapkan bahwa siapa yang mengetahui kematian pasti segala penderitaan dan kesusahan dunia menjadi ringan baginya. Sebab, kematian adalah kafarat bagi setiap Muslim. Sungguh manusia cerdas ialah yang bisa memaknai kematian dengan benar dan mengantarkannya pada kemulian hakiki.
Dalam mengajarkan   kepada seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo  Kecamatan Semampir , Pada Hari Kamis 30/1/2020 Seperti  biasa melaksanakan kegiatan Sholat Dhuha , Sholat Hajat , Pembacaan Istighosah , Pembacaan Yasin  yang di pimpin oleh Bapak Ustad ACHMAD SYAIFUDDIN , S.H.I Selaku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti , Selesai acara Istighosah saat Jam Istirahat seluruh Bapak / Ibu Dewan Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Mendatangi kediaman  MUHAMMAD RAMZY ANANTIO  di WONOKUSUMO WETAN 3/8 Surabaya Siswa Kelas 7 yang Ibunya Meninggal Dunia. Dalam kesempatan tersebut Bapak / Ibu Dewan Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SD AL- IKHLAS Surabaya bersama 2 Perwakilan Siswa SMP PGRI 6 Surabaya  yaitu Moch. SUIB Dan HABIBI Membawa Sumbangan Beras dari seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya. Di Kediaman RAMZY Ayah Beliau WIYANTO Meminta maaf atas Kesalahan  istrinya semasa hidup serta mohon maaf jika selama ini kurang perhatian ke RAMZY, Dalam kesempatan tersebut Bapak Ustad  ACHMAD SYAIFUDDIN , S.H.I Memimpin pembacaan doa untuk Almarhumah Ibu SUNARTI  yang meninggal  Dalam Usia 48 Tahun .  Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak BANU ATMOKO , S.Pd yang  mendampingi kegiatan tersebut bahwa tujuan dari kegiatan tersebut Ikut bersimpati dan berbela Sungkawa , Serta Kepedulian  kepada keluarga Bapak WIYANTO Atas meninggal nya Istri tercinta Ibu SUNARTI , disamping itu juga Menurut Kepala Sekolah Kelahiran APRIL 1984 Bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah Mengingatkan kita baik sebagai Guru Maupun siswa untuk selalu ingat akan kematian
# Tantangan Guru Siana
# dispendik Surabaya
#Guruhebat