Jumat, 19 November 2021
Kamis, 18 November 2021
“ Dengan Kegiatan ANBK Ajak Dan Ajarkan Siswa Untuk Bernalar Dan Berpikir Kritis “
“ Dengan Kegiatan ANBK Ajak Dan Ajarkan Siswa Untuk
Bernalar Dan Berpikir
Kritis “
HARI KE
-673
Bernalar kritis menjadi salah satu nilai-nilai
yang dirumuskan dalam enam sikap pelajar Pancasila sesuai arahan Pusat
Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemendikbud). Karena itu, bernalar kritis perlu dimiliki anak muda Indonesia.
dalam hal bernalar kritis pada praktiknya bisa dilakukan dengan memilah
informasi. Saat mendapat informasi, harus pandai memilah-milah dan menafsirkan
serta menggunakan informasi untuk kebaikan. "Milenial perlu membaca dulu
dan melihat fenomena secara kritis atas informasi yang diperoleh Untuk menunjang kesuksesan,
bukan hanya dibutuhkan nilai sekolah ataupun IPK, akan tetapi karakter mendasar
seperti memiliki bernalar kritis," "Selain memberi kemudahan, era digital justru lebih banyak
tantangan bagi pendidikan karakter karena pengaruh negatif juga masuk. Misalnya
melalui konten-konten dewasa dan kekerasan, jadi pelajar pun perlu bernalar
kritis atas informasi yang ada," pelajar Pancasila harus memiliki
filter terhadap nilai-nilai yang tidak sesuai Pancasila pada era digital
tersebut. Karena itu, kata dia, dalam menumbuhkan bernalar kritis pada peserta
didik, tak bisa hanya mengandalkan guru, tetapi juga butuh bimbangan orangtua
di rumah
Dalam menyiapkan Generasi Emas Yang Unggul
dan bernalar Kritis SDS AL-IKHLAS
Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem
III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Pada Hari Rabu 17 November 2021- Kamis 18 November
2021 Siswa Kelas 5 Sebanyak 10 Orang Mengikuti Kegiatan ANBK Gelombang2 Sesi 1 Dimana Dalam kesempatan ini
yang menjadi Pengawas Ruang ANBK Di SDS AL-IKHLAS Surabaya Pada Hari RABU
17/11/2021 Yaitu Ibu ERMA KURNIYAWATI,S.Pd dari SDN WONOKUSUMO VI Surabaya Alhamdulilah Pelaksanaan ANBK Hari Rabu
17/11/2021 Berjalan lancar tanpa hambatan
Tepat Pukul 10.30 Siswa / Siswi SDS AL-IKHLAS Surabaya Meninggalkan
Ruangan ANBK Dalam Kesempatan Ini yang
menjadi Proktor ANBK Di SDS AL-IKHLAS Surabaya adalah Ibu MEI RATNA
SUSANTI,S.Si Yang Juga Guru WAKASEK Dan Proktor di SMP PGRI 6 Surabaya Sedangkan TEKHNISI Adalah Ibu DINA AYU
SEPTYARINI,S.Pd Selaku Guru Bahasa INGGRIS
Baik Di SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya . Enak nya
Ujian Di SDS AL-IKHLAS Surabaya adalah 1 Atap dengan SMP PGRI 6 Surabaya jadi sangat lebih muda untuk kordinasi nya
dalam kegiatan ANBK Tersebut
Pada Pelaksanaan ANBK Hari Kedua Hari Kamis 18/11/2021 SDS
AL-IKHLAS Surabaya kedatangan tamu dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yaitu
Mas THEO ADI Meninjau Pelaksanaan ANBK Di SDS AL-IKHLAS Surabaya
Menurut Penulis yang Menjadi Sekretaris Yayasan Pendidikan
AL-IKHLAS Semampir Dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Menyampaikan Alhamdulilah
Pelaksanaan ANBK Di SDS AL-IKHLAS
Surabaya Mulai Hari RABU 17/11/2021 Dan Kamis 18/11/2021 Berjalan lancar
semua Semoga Siswa / Siswi SDS AL-IKHLAS
Surabaya bisa bernalar kritis sejak usia
dini dan di harapkan Siswa / Siswi SDS
AL-IKHLAS Surabaya menjadi Generasi Emas Yang Unggul dan Generasi Emas Yang
Hebat
Tantangan Guru Siana
# dispendik
Surabaya
#Guruhebat
Rabu, 17 November 2021
“ PEMBELAJARAN HOME VISIT PAUD AZZURA SEKOLAH NYA KEPONAKAN TERCINTA “
“ PEMBELAJARAN HOME VISIT PAUD AZZURA
SEKOLAH
NYA KEPONAKAN TERCINTA “
HARI KE
-672
Dengan adanya
pandemi penyebaran virus
Covid-19 padaawal tahun 2020 memberikan
pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan.Salahsatu dampak yang terkena
dari imbas wabah
covid 19 ini
adalah sektor pendidikan. Virus Covid-19 ini
membuat proses belajar
mengajar yang semula
dilakukan dengan cara normal
atau tatap muka
berubah
menjadi menjadi pembelajaran
jarak jauh,dengan tujuan
siswa tidak tersebar
penyakit atau virus
covid 19 apabila belajar dilakukan disekolah.Dengan situasi
ini guru tidak
boleh menyerah dan
harus berpikir menemukan solusi bagaimana caranya
masih bisa melakukan
kegiatan belajar
mengajar ini tetap
terlaksana walapun terjadipandemi demi
memastikan seluruh
peserta didik dapat
memperoleh informasi/ilmu pengetahuan
serta berpartisipasi dalam kegiatan proses belajar
mengajarbahwasanya sekolah dilakukan denganmemilih pembelajaran
secaradaring, luring, home visitataupunkombinasi ketiganya.Hal ini
dilihat berdasarkan hasil
pengamatan dan observasi
yang dilakukan oleh pihak
sekolah dan orang
tua untuk membuat
kesepakatan bagaimanaproses belajar mengajar ini dilakukan selama
pandemi.Dari gambaran diatas dapat diperoleh
kesimpulan bahwa dunia
pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan sistem pendidikan akibat adanya
pandemi Covid-19. Pandemi
ini menyebabkan pembelajaran
harus dilaksanakan dengan mengantisipasi adanya
penularan wabah ini
melalui protokol kesehatan.
Berubahnya pelaksanaan pembelajaran,baik itu pembelajaran daring, luring, dan
campuran telah banyak dilakukan di sekolah-sekolah.Menurut Bilfaqih
& Qomarudin (2015,
hlm. 1) “Pembelajaran
online adalah rencana untuk
menyelenggarakan kursus pembelajaran online
untuk mencakup kelompok sasaran yang besar dan luas. Thorme dalam
Kuntarto (2017, Penerapan Metode Daring,
Luring Dan Home VisitDi Kelas V UPT SPF SDN
106828 Sumberjo DiMasa Pandemi Covid-19Fadhlin Ade CandraProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah DasarUniversitas HKBP
Nommensen Pematangsiantarhlm. 102) juga
menjelaskan bahwa “pembelajaran
online adalah pembelajaran menggunakan teknologi
multimedia, ruang kelas
virtual, CD ROM,
video streaming,
pesan suara, email
dan panggilan konferensi,
teks online animasi
dan streaming video online”. Menurut Ghirardini
dalam Kartika (2018,
halaman 27), “Metode pembelajaran yang efektif
disediakan secara online,
seperti praktik berdasarkan umpan balik
yang relevan, menggabungkan kegiatan kolaboratif
dengan pembelajaran
mandiri, pembelajaran yang
dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan siswa, dan penggunaan
simulasi dan permainan”.Berdasarkan
Permendikbud No. 109/2013,pendidikan jarak jauh
adalah proses
belajar mengajar dari
jarak jauh
melalui penggunaan berbagai
media komunikasi.
Dengan kemajuan bidang
digital, teknologi informasi
dan komunikasi
telah membawa perubahan
dan kemajuan di
berbagai bidang khususnya bidang
pendidikan. TIK memegang peranan yang sangat penting dalam bidangpendidikan dan dapat
mempermudah proses pembelajaran guru dan siswa. Selain itu
penggunaan pembelajaran online
dapat diakses kapan
saja dan dimana saja, sehingga tidak
ada batasan waktu penggunaan bahan ajar.Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, kata luring merupakanakronim dari “luar jaringan”, yang
artinya terputus dari jaringan komputer (offline).Malyana (2020:71)mengemukakan bahwapembelajaran luring
dapat dilakukan
dengan belajar melalui
buku maupun pertemuan
langsung. Melalui pembelajaran luring ini siswa
dapatmengumpulkan
tugas-tugas
berupa PR ataupun LKPD serta
tugas lainnya.Home visitadalah kunjungan
kerumah
peserta didik yang
dilakukan untuk
membantu menyelesaikan permasalahan
peserta didik, dimana
kunjungan ini
dilakukan dalam rangka
mencari
tahu lebih lanjut
informasi tentang peserta didik(Suhendro, 2020:137).Salah satu
cara untuk terus
memantau semua aspekengunjungi rumah siswa.Pelaksanaan home visitdapat menjadi proses
pembelajaran dimasa pandemiuntuk memantau
perkembangan anak di
rumah, sehingga dapat mewujudkan aktivitas anak dan peran
bimbingan orang tua saat belajar di rumah. Aktivitas anak dalam belajar mandiri
dapat diawasi melalui pemberian tugas dan kegiatan kunjungan rumah/home
visit.Kegiatan home visitdilakukan sebagai
sarana perbantuan pembelajaran
yang tidak boleh
dilakukan di sekolah. Home
visitdapat dijadikan sebagai
alternatif pembelajaran di masa pandemi Covid-19 Menurut Rachman
(2020:483),tempat yang dijadikan lingkungan belajar pada umumnya
adalah ruang kelas yang
didesain dengan baik
agar kegiatan belajar mengajar
berjalan dengan optimal.
Namun pada masa
pandemi, pembelajaran dikelas tidak dapat dilakukan seperti biasanya dan
harusdilakukan dari rumah. Adapunsebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan
pembelajaran dirumah guru melakukan
metode pembelajaran home visitdengan
cara melakukan kunjungan kerumah kelompok siswa
seminggu sekali secara
bergantianpada setiap kelompok belajar.
Kegiatan home visitdilakukan guru
sebagai usaha agar pembelajaran tetap
dapat berjalan dan
berlangsung dengan keterbatasan
aktivitas belajar disekolahagar guru selaludapat pengembangan potensi,
minat,dan bakat peserta didikdimanapun dia berada walapun berada
dirumah.Adapun yang menjadi
dasar pertimbangan pembelajaran
daring yaitu bahwasanya jika
ingin menerapkan pembelajaran
daring ini kita
harus melihat aspek teknologi
seperti android, jaringan, pulsa/ paket internet.Berdasarkan hasil pengamatan diambil
kesimpulan hampir semua
orang tua dan
siswa hampir 70%tidak mempunyai kelengkapan pembelajaran
daring.Oleh sebab itu,pihak sekolah dan
orang tua membuat
keputusan melakukan pembelajaran
kombinasi selama pandemi tersebut
yaitu orangtua siswa yang mempunyai android dibuatkan grup
Pada Hari Rabu
17/11/2021 SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang
terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan
Semampir kedatangan Anak – Anak PAUD AZZURA Yaitu Sekolahannya Keponakan Yaitu CHYNTIA PRAJNA WULANDARI ,
Dalam kesempatan ini oleh Penulis di tempatkan di Ruang Perpustakaan
Adapun Teman – Teman Keponakan
Tersebut datang ke SMP PGRI 6 Surabaya
yaitu Pembelajaran HOME VISIT .
Alhamdulilah Keponakan CHYNTIA PRAJNA
WULANDARI Sangat senang ketika Banyak teman – temannya bermain dan belajar di
SMP PGRI 6 Surabaya, Apalagi orang tua / wali murid senang karena halamannya
juga luas Jadi mereka senang bermain .
Sebelum Pulang Keponakan
Tercinta CHYNTIA PRAJNA WULANDARI Membagaikan COKLAT ROLLS Dan SUSU Kepada
Teman – Teman Beliau , Semoga PAUD AZZURA Menjadi PAUD Hebat yang bisa antarkan
GENERASI EMAS UNGGUL Dan Generasi QUR’ANI. Serta Semoga Keponakan Serta Teman –
Teman Teman Sehat Semua .
Tantangan Guru
Siana
# dispendik
Surabaya
#Guruhebat
Selasa, 16 November 2021
“ SISWA HEBAT , SISWA CERDAS DAN SISWA SEHAT”
“ SISWA HEBAT , SISWA CERDAS DAN SISWA SEHAT”
HARI KE -671
Pemeriksaan atau tes swab adalah suatu metode pemeriksaan dengan
cara mengambil sampel pemeriksaan secara apusan. Sampel yang digunakan dapat
beragam, bergantung pada pemeriksaan yang akan dilakukan. Khusus untuk
pemeriksaan swab Covid-19, sampel pemeriksaan adalah lendir yang dihasilkan
pada nasofaring (dinding belakang hidung) atau orofaring (dinding belakang
mulut) yang diambil dengan cara diapus dan kemudian diperiksakan dengan alat
dan cara khusus. Pemeriksaan rapid antigen yang saat ini sudah banyak dilakukan
di Indonesia, cara pengambilan sampelnya adalah dengan cara swab nasofaring
atau orofaring dikarenakan pemeriksaan ini menggunakan sampel yang sama dengan
pemeriksaan swab PCR yaitu lendir dari nasofaring atau orofaring. Lendir yang
didapatkan ini kemudian dioleskan pada alat pemeriksaan khusus yangkemudian
dilihat apakah bereaksi atau tidak dengan reagen tertentu yang sudah ada pada
alat pemeriksaan. Bila terdapat antigen virus Covid-19 (salah satu komponen
virus) yang bereaksi dengan reagen tersebut, maka akan memberikan hasil
positif. Pemeriksaan rapid antigen merupakan salah satu pemeriksaan cepat yang
dapat digunakan untuk mendeteksi apakah seseorang kemungkinan besar terkena
Covid-19 atau tidak karena pemeriksaan ini memiliki nilai spesifikasi cukup
tinggi yaitu sekitar 97% yang dapat diartikan bahwa 97% orang yang memiliki
hasil positif akan memberikan hasil positif pula pada pemeriksaan swab PCR.
Dengan prinsip ini, dapat dikatakan bahwa bila seseorang memiliki hasil
pemeriksaan rapid antigen positif, ada kemungkinan besar bahwa orang tersebut
terkena Covid-19 karena ditemukan adanya komponen virus Covid-19 pada lendir
nasofaring / orofaringya. Asesmen
Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan
program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan
dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan
karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan
yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga
instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan
Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki
kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar
murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan
mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem
pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan
pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu
wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok
berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa
yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan
kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang
karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai
tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan
Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu
pembelajaran.
Dalam mempersiapkan Pelaksanaan ANBK Untuk SDS
AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan
Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Pada Hari Selasa 16/11/2021 Sebanyak 10 Siswa
/ Siswi Kelas 5 Dan 4 Guru yaitu Ibu MEI
RATNA SUSANTI,S.Si Selaku Proktor , Ibu DINA AYU SEPTYARINI,S.Pd Selaku
TEKHNISI , Ibu SRI SUPADMI ,S.Pd Dan Ibu YUNI ISMARYATI ,S.Pd Selaku Pengawas
RUANG ANBK Di SDN WONOKUSUMO 6 Surabaya
Ke 10 Siswa / Siswi Tersebut dan Ke 4 Guru
tersebut Berangkat dari SDS AL-IKHLAS
Surabaya Pukul 09.00 , Sebelum berangkat Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6
Surabaya Dan Sekretaris Yayasan
Pendidikan AL-IKHLAS Semampir
menyampaikan Kepada Bapak / Ibu
Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya Maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya untuk selalu menjaga kebersihan Dan menjaga
Kesehatan Apalagi saat ini datang Musim Penghujan , Penulis meminta kepada
Bapak / Ibu Guru untuk selalu menyampaikan kepada wali murid menyampaikan
menjaga kesehatan dan Tetap mentaati PROKES
Alhamdulilah Dari 10 Siswa dan 4 Guru HASIL
SWAB Di sampaikan oleh PIHAK PuskesmasWonokusumo Bahwasannya HASIL Nya adalah
NEGATIF Semua, Penulis Menyampaikan Alhamdulilah Selamat Kepada Bapak / Ibu
Guru Dan Tetap Jaga Kesehatan Serta JAGA
Protokol Kesehatan , Jangan Terlalu Terlena Penulis berharap agar Pelaksanaan
ANBK Besok berjalan Lancar , aman.tanpa adanya Hambatan . SISWA HEBAT , SISWA
CERDAS DAN SISWA SEHAT
Tantangan Guru
Siana
# dispendik Surabaya
#Guruhebat