Sabtu, 09 Oktober 2021

“ AJARKAN KEPADA SISWA , WALI MURID DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA JANGAN TAKUT MISKIN KARENA BERSEDEKAH “

 












“ AJARKAN KEPADA SISWA , WALI MURID DAN GURU

SMP PGRI 6 SURABAYA  JANGAN TAKUT MISKIN

KARENA BERSEDEKAH “

HARI KE-633

 

Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui,” (QS. Al-baqarah : 268)” SETAN merupakan musuh yang nyata bagi manusia. Maka jauhilah setan dengan menjauhi hal yang tidak disukai Allah. Sungguh Allah mencintai orang dermawan. Maka janganlah pernah takut kepada kemiskinan. Justru dengan bersedekah harta akan bertambah. Takut miskin terjadi akibat cinta yang berlebihan terhadap dunia. Sehingga hal ini menyebabkan diri mejadi kikir dan tamak. Sifat ini mampu mendorong seseorang untuk mendapatkan harta dengan berbagai cara. Tanpa memikirkan jalan yang ditempuhnya halal atau haram. Bagi mereka yang mencintai harta akan selalu merasa takut miskin dan takut kehilangan harta yang selama ini mereka upayakan. Sehingga banyak yang mempertuhankan uang. Sesungguhnya Allah Maha Kaya dan Maha Pemurah tidak sepantasnya umat Islam takut dilanda kemiskinan. Allah yang Maha Kaya tidak akan membuat hambaNya kelaparan bahkan rezeki seekor cacing yang berada didalam tanah pun sudah Allah jamin. Apa lagi manusia yang Allah karuniakan akal untuk berpikir. Takut miskin akan menjadi penghalang bagi seseorang meraih sukses dengan mudah. Rasa takut miskin akan membuat seseorang enggan mengulurkan tangannya. Dalam artian mereka takut hartanya akan habis jika disedekahkan. Anggapan ini sama sekali tidak benar, bahkan mereka yang agamanya bukan Islam menerapkan ilmu sedekah yang diajarkan oleh Islam. Dan benar bahwa janji Allah itu pasti, baik itu untuk hambaNya Islam mau pun non Islam. Mereka yang meyakini bahwa Allah akan membalas kebaikan dengan kebaikan maka tidak akan ada rasa takut bersedekah. Buktinya banyak orang menjadi tambah kaya setelah bersedekah. Tidak akan berkurang justru bertambah. Untuk menambah keyakinan kita tentang kehebatan sedekah ada baiknya jika kita membuka lembaran firmanNya dalam surah Al-An’am ayat 160. Barang siapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barang siapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikitpun tidak dirugikan. Jika kita memberi satu, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali lipat dari apa yang kita berikan. Dalam teori sedekah tidak ada pengurangan yang ada penambahan. Namun tetap kembali kepada niat kita. Karena sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya. Kita sedekah maka niatnya hanya karena Allah. Sedangkan balasan sepuluh kali lipat adalah income dari apa yang kita lakukan.

Jangan TAKUT MISKIN Bila Kita Selalu Bersedekah itulah yang selalu di sampaikan oleh Penulis Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir  baik kepada Siswa , Orang Tua Ataupun kepada Bapak / Ibu Dewan Guru  baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya

Makanya dimana setiap hari Jum’at  Bungkusan NASI Yang  di bagikan selalu bertambah jumlah nya seperti yang dilakukan Siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya yang membagikan NASI Bungkus  pada hari Jum’at 8/10/2021  Di Depan Gang SMP PGRI 6 Surabaya. Dimana masyarakat mulai tukang sampah , Tukang Becak , SOPIR ANGKOT Dan lain – lain sangat antusias semangat ketika siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya membagikan NASI Bungkus tersebut. Apalagi Jum’at ini adalah  Memperingati HARI KELAHIRAN NABI Muhammad S.A.W. Alhamdulilah wali murid SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya Serta Bapak / Ibu Dewan Guru sangat antusias dalam kegiatan Jum’at berkah tersebut.

Dalam kesempatan yang baik ini Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menghaturkan banyak terimakasih atas Sumbangan NASI Bungkus Semoga Allah yang membalas kebaikan Bapak / Ibu Orang Tua / Wali semua dan Bapak / Ibu Dewan Guru Serta Semoga Allah Selalu menjaga dan melindungi keluarga besar SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya dari BALA BENCANA Serta Semoga Keluarga Besar SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya diberikan kesehatan dan dijauhkan dari COVID 19 Dan Semoga Dengan Pemberian NASI BUNGKUS Tersebut tidak mengurangi REZEKI Dari Orang Tua Siswa dan Bapak / Ibu Guru semoga Rezekinya Makin lancar Berkah Barokah Selamanya

Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

 

 

 

 

Jumat, 08 Oktober 2021

“ MAJU BERSAMA DENGAN UNIKA WIDYA MANDALA UNTUK TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI WILAYAH SMP SWASTA SURABAYA UTARA “

 











“ MAJU BERSAMA DENGAN UNIKA WIDYA MANDALA

UNTUK TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

DI WILAYAH SMP SWASTA SURABAYA UTARA “

HARI KE - 632

Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UU Sisdiknas 2003). Lingkungan belajar tidak hanya terbatas pada lingkungan belajar di kelas sekolah tetapi juga lingkungan belajar di perguruan tinggi, kelas di lembaga kursus, dan di lembaga diklat. Namun tulisan ini hanya akan fokus pada lingkungan belajar di lingkup kelas sekolah pendidikan dasar dan menengah. Definisi lain tentang pembelajaran dikemukakan Miarso (2004) dalam bukunya Menyemah Benih Teknologi Pendidikan dimana beliau menjelaskan bahwa pembelajaran merupakan usaha yang disengaja, bertujuan, terkendali agar orang lain belajar atau terjadi perubahan yang relatif menetap. Miarso juga membedakan antara istilah pembelajaran dan pengajaran dimana menurutnya pembelajaran adalah usaha mengelola lingkungan belajar dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif dalam kondisi tertentu, sedangkan pengajaran adalah usaha membimbing dan mengarahkan pengalaman belajar kepada siswa yang biasanya berlangsung dalam situasi formal (2004:528). Usaha yang dimaksud Miarso hanya dapat dilakukan oleh seseorang atau tim yang memiliki kompetensi merancang dan mengembangkan aneka sumber belajar yang diperlukan. Proses  pembelajaran sebagai inti dan pusat aktivitas pendidikan, sedangkan kualitas pembelajaran menjadi penentu keberhasilan sekolah sebagai lembaga pendidikan, dan berkorelasi positif terhadap mutu pendidikan secara keseluruhan. Kualitas pembelajaran merupakan intensitas keterkaitan sistemik dan sinergis antara guru, siswa, iklim pembelajaran, serta media pembelajaran dalam menghasilkan proses dan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tuntutan kurikuler (Mariani dalam Haryati & Rochman, 2012:2). Sedangkan menurut Daryanto, kualitas pembelajaran adalah suatu tingkatan pencapaian dari tujuan pembelajaran awal termasuk di dalamnya adalah pembelajaran seni, dalam pencapaian tujuan tersebut berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan dan pengembangan sikap peserta didik melalui proses pembelajaran di kelas (Prasetyo,2013:12). Dari dua pendapat ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran merupakan tolak ukur sejauh mana tingkat pencapaian hasil dari tujuan pembelajaran itu sendiri. Harapannya tujuan pembelajaran yang sudah tercapai tadi akan menghasilkan hasil belajar yang optimal dari peserta didik. Kualitas pembelajaran yang baik dan efektif dapat dilihat melalui beberapa indikator yaitu: (a) Perilaku pembelajaran pendidik (guru). Keterampilan dalam mengajar seorang guru menunjukkan karakteristik umum dari seseorang yang berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diwujudkan dalam bentuk tindakan; (b) Perilaku atau aktivitas siswa. Siswa di sekolah dapat banyak melakukan aktivitas belajar baik di kelas maupun di luar kelas/di lingkungan sekolah semisal kegiatan ekstrakulikuler dan lainnya; (c) Iklim pembelajaran. Iklim pembelajaran dapat berupa suasana kelas yang kondusif dan suasana sekolah yang nyaman; (d) Materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang berkualitas terlihat dari kesesuaikannya dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus ditempuh; (e) Media pembelajaran. Media pembelajaran menciptakan suasana belajar menjadi aktif, memfasilitasi proses interaksi antara siswa dan guru, siswa dan siswa, siswa dan ahli bidang ilmu yang relevan; dan (f) Sistem pembelajaran. Sistem pembelajaran di sekolah mampu menunjukkan kualitasnya jika sekolah menonjolkan ciri khas keunggulannya, memiliki penekanan dan kekhususan lulusannya (Ditjen Dikti Kemdikbud, 2011). Indikator-indikator kualitas pembelajaran inilah yang dapat dijadikan rujukan sekaligus bidang garapan yang dijaminkan kepada masyarakat dan segenap pemangku kepentingan pendidikan persekolahan. Dalam memenuhi kualitas pembelajaran yang efektif/bermutu tentu tidak semulus “aliran tetesan air di cermin”. Banyak permasalahan dan kendala yang terjadi dalam prosesnya semisal siswa kurang dapat menangkap paparan materi oleh guru, guru kurang cakap dan salah dalam pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran, dan lain sebagainya. Di sinilah perlunya peran Teknologi Pendidikan melalui tenaga profesional Pengembang Teknologi Pembelajaran. Tujuan paling dasar dari Teknologi Pendidikan adalah membantu memecahkan masalah belajar manusia sepanjang hayat, dimana saja, kapan saja, dan dengan cara apa saja secara sistematis (Miarso, 2004). Semisal jika masalah belajar terjadi di ruang-ruang kelas pembelajaran maka pemecahan masalah belajarnya dapat dilakukan dengan menerapkan teori dan praktik teknologi pendidikan Secara definitif, Teknologi Pendidikan adalah disiplin ilmu terapan, berkembang oleh adanya kebutuhan di lapangan yaitu kebutuhan untuk belajar secara lebih efektif, efisien, luas, banyak, cepat, dan sebagainya. Untuk itu harus ada suatu produk yang sengaja dikembangkan untuk kepentingan belajar tersebut, dan ada pula yang ditemukan dan dapat didayagunakan untuk kepentingan yang sama. Proses Penjaminan Mutu Pembelajaran (PMP) merupakan salah satu unsur dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang proses kontrolnya dilakukan oleh TPMPS (Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah). Bersama TPMPS inilah para PTP bisa saling bersinergi dan bekerjasama melakukan proses penjaminan mutu pembelajaran di sekolah. Harapannya adalah mutu atau kualitas pembelajaran semakin efektif. Terkait dengan upaya penjaminan mutu pembelajaran sebagai implementasi teknologi pendidikan dalam skala kelembagaan satuan pendidikan, target yang dapat diupayakan adalah; (1) Terpetakan permasalahan dalam pembelajaran di satuan pendidikan melalui kegiatan analisis kebutuhan; (2) Memberikan layanan fasilitasi bagi SDM pendidik dan tenaga kependidikan terkait teori, model-model dan media-media  pembelajaran sesuai kebutuhan PTK; (3) Membangun budaya mutu di antara komponen sistem pembelajaran di sekolah; (4) Adanya pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas dan proporsional di antara komponen sistem pembelajaran di sekolah; (5) Mulai ditetapkannya secara internal sekolah tentang standar mutu pembelajaran yang menjadi komitmen dari semua komponen dalam sistem pembelajaran; (6) Terbangunnya sistem informasi mutu pembelajaran di satuan pendidikan. Dengan begitu, sudah saatnya memaksimalkan penjaminan mutu pembelajaran lewat terapan teknologi pendidikan yang dikembangkan oleh PTP, berkolaborasi bersama Guru, TPMPS dan berbagai pihak terkait dengan prinsip berkelanjutan, terencana dan sistemtis dengan kerangka waktu dan target capaian mutu yang jelas dan terukur, menghormati otonomi sekolah, memfasilitasi pencapaian pembelajaran berkualitas, dan peningkatan kualitas secara berkelanjutan

Dalam rangka meningkatkan mutu kualitas pendidikan di SMP Swasta Surabaya Utara , MKKS SMP Swasta Surabaya Utara selalu berbenah untuk MAJU BERSINERGI Bersama , Dimana Pada Hari Jum’at 8/10/2021 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengadakan Rapat ZOOM Bersama UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Surabaya Pukul 08.30 Dengan LINK Zoom https://us06web.zoom.us/j/85054524132?pwd=ZC9RZnBSakxKdmRiemhIN0NHM0xMQT09 , Dimana Penulis yang Juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Serta Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9  Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir  Beliau menyampaikan Ucapan Terimakasih Kepada UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Surabaya Yang Sudah memfasilitasi kegiatan pada pagi  hari ini , dimana Penulis  menyampaikan agar Kualitas Pendidikan di SMP Swasta Surabaya Utara harus bisa lebih baik dan meningkat , Makanya dalam kesempatan ini Penulis meminta kepada UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Surabaya untuk membenahi kualitas Pendidikan di Wilayah SMP Swasta Surabaya Utara  mulai kualitas guru sampai ke siswa nya , apalagi selama ini kualitas Surabaya Utara selalu dipandang sebelah

Penulis berharap dengan kegiatan ini berharap SMP Swasta Surabaya Bisa Sejajar dengan SMP Swasta yang lain serta tidak perlu minder menjadi Sekolah , Menurut Penulis awal dari sebuah kesuksesan adalah dari hal yang paling kecil dengan yang paling kecil akan tumbuh menjadi sekolah besar dan berkembang. Alhamdulilah dari Pihak UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Surabaya siap mendampingi SMP Swasta Surabaya Utara Agar Kualitas nya baik guru maupun siswa nya meningkat

Di Akhir Acara Tersebut Penulis menyampaikan BAHWA SMP Swasta Surabaya Harus BERSINERGI UNTUK MAJU BERSAMA DEMI  TERCAPAINYA KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP SWASTA SURABAYA UTARA, Yang dalam kesempatan ini membantu PEMKOT Surabaya untuk menjadikan GURU YANG PROFESIONAL DAN BERKUALITAS Sehingga Penulis berharap Pendidikan Bisa Merata di Kota Surabaya.

Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

 

 

Kamis, 07 Oktober 2021

“ PELAKSANAAN ANBK YANG TETAP IKUTI PROKES DEMI MENJAMIN KEAMANAN DAN KESELAMATAN SISWA

 















































“ PELAKSANAAN ANBK YANG TETAP IKUTI PROKES

DEMI MENJAMIN KEAMANAN DAN KESELAMATAN SISWA

HARI KE 631

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Alhamdulilah SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan Yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir  Pada Hari Rabu 6-7 Oktober 2021 Seperti sekolah – sekolah lain di Indonesia mengikuti rangkaian kegiatan ASESMEN NASIONAL Tahun 2021, Dalam kesempatan tersebut SMP PGRI 6 Surabaya Alhamdulilah Ambil gelombang 2 Yang dimulai hari Rabu- Kamis 6-7 Oktober 2021. Kegiatan ANBK 2021 Harus betul – betul menjaga Protokol kesehatan yang sangat ketat dimana Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya diantar oleh Orang Tua Mereka mulai Pukul 07.00 , Di sekolah sudah di sambut Ibu YUNI ISMARYATI ,S.Pd dan Ibu SRI SUPADMI ,S.Pd untuk mengukur Suhu , Setelah itu mengarahkan ke WASTAFEL Untuk Cuci Tangan, Setelah itu di arahkan menuju ke Ruangan LAB Komputer .

Dalam kesempatan ini yang menjadi Proktor di SMP PGRI 6 Surabaya adalah Ibu MEI RATNA SUSANTI,S.Si , Sedangkan TEKHNISI Adalah Ibu DINA AYU SEPTYARINI ,S.Pd . Alhamdulilah Pelaksanaan ANBK Hari Rabu 6 Oktober 2021 Dengan Mata Ujian LITERASI Berjalan Lancar Dan Hari Kamis 7 Oktober 2021 Mata Ujian NUMERASI Alhamdulilah Berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Pelaksanaan ANBK Di Kota Surabaya betul – betul sangat ketat harus mentaati Protokol Kesehatan Dan SOP , Dimana  Sebelum Pelaksanaan UJIAN  1X24 Jam  Para Peserta ANBK Sebanyak 8 Siswa Dan Proktor Serta TEKHNISI Dilakukan Kegiatan SWAB ANTIGEN Di PUSKESMAS WONOKUSUMO Kecamatan Semampir , Setelah Hasil NEGATIF  Baru Bisa Ikut Pelaksanaan ANBK Tersebut Tidak Hanya Proktor Dan Tekhnisi Saja , Tetapi Pengawas Ruang ANBK Seperti Ibu Dra  HJ ANIES  HARIYATI Dari SMP PGRI 22 Surabaya Serta Kordinator Pengawas Ibu  RIZANUL CHAFIDAH ,S.Pd . I Dari SMP NEGERI 27 Surabaya  Juga dilakukan SWAB

Dalam kesempatan tersebut turut hadir untuk melakukan Pemantauan Pelaksanaan ANBK Di SMP PGRI 6 Surabaya hari RABU 6 OKTOBER 2021 Adalah Bapak Drs. ADJI SUHARKO,M.Pd , Bapak SUJATIM , Bapak ALI MARDIYONO , Dimana Beliau melihat kondisi ruangan pelaksanaan ANBK 2021 Dari Luar , Serta Melihat HIMBAUAN Pelaksanaan ANBK Di SMP PGRI 6 Surabaya ,Serta melihat Perangkat UJIAN Milik SMP PGRI 6 Surabaya Yang Insyah Allah Sudah Lengkap Sedangkan Hari Kamis 7 Oktober 2021 Pelaksanaan ANBK Di SMP PGRI 6 Surabaya dipantau Oleh Ketua Sub Rayon 27 Bapak ACHMAD FARID ,S.Pd ,M.Pd dan Bapak Drs. ROSI Wakil Kepala Sekolah SMP NEGERI 27 Surabaya.

 Dalam kesempatan ini Pelaksanaan ANBK  SMP PGRI 6 Surabaya Gelombang 2 Mulai Hari RABU 6 OKTOBER 2021- KAMIS 7 OKTOBER 2021 , Alhamdulilah Berjalan Lancar  Tanpa Hambatan .  Penulis selaku Kepala SMP PGRI 6 Surabaya  Menghaturkan Ucapan Terimakasih Kami Haturkan Kepada :

1.   Bapak Drs. SUPOMO ,MM Selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya

2.   Rekan – Rekan NAKES PUSKESMAS UPTD WONOKUSUMO Yang Sudah Melakukan Kegiatan SWAB Bagi Siswa Dan Guru – Guru Kami SMP PGRI 6 Surabaya  Pada Hari Selasa 5 Oktober 2021

3.   Bapak / Ibu Orang Tua / Wali Murid Kelas 8  Yang Hebat Yang Sudah Memberikan IZIN Kepada Putra / Putrinya Untuk Mengikuti Protokol Kesehatan Dengan Memberikan IZIN SWAB  Sebagai PRASYARAT ANBK 2021 Dan Makasih Banyak Bapak / Ibu Orang Tua Yang Sudah Meluangkan Waktu nya Untuk Antar Jemput Putra / Putrinya Pada saat ANBK Berlangsung

4.   Ibu MEI RATNA SUSANTI ,S.Si Selaku PROKTOR ANBK Yang Dengan Semangat mempersiapkan Pelaksanaan ANBK 2021 Di SMP PGRI 6 Surabaya dengan Sekuat Tenaga Dan Ibu DINA AYU SEPTYARINI ,S.Pd Selaku TEKHNISI

5.   Bapak / Ibu Dewan Guru SMP PGRI 6 Surabaya yang SUPER HEBAT Yang Meluangkan Waktu , Tenaganya Untuk Menyambut Siswa Yang Akan Mengikuti ANBK Sesuai PROKES

6.   Bapak Drs. ADJI SUHARKO ,M.Pd , Bapak SUJATIM , Bapak ALI MARDIYONO Yang SUDAH Meninjau Pelaksanaan ANBK Di SMP PGRI 6 Surabaya

7.   Bapak ACHMAD FARID ,S.Pd ,M.Pd Selaku Kepala SMP NEGERI 27 Surabaya Dan Bapak Drs  FATHUR ROZI Selaku Wakil Kepala SMP NEGERI 27 Yang Sudah Meninjau Pelaksanaan ANBK Di SMP PGRI 6 Surabaya

8.   Ibu Dra HJ ANIES HARIYATI , Selaku Pengawas RUANG ANBK Dari SMP PGRI 22 Surabaya Dan Ibu RIZANUL CHAFIDA ,S.Pd . I Selaku Kordinator Pengawas Dari SMP NEGERI 27 Surabaya yang telaten mendampingi Siswa ANBK SMP PGRI 6 Surabaya

9.   Anak – Anak Didik Kelas 8 Yang Hebat  Berjuang Untuk Pelaksanaan ANBK 2021 Pada Hari RABU 6 Oktober 2021  Dan HARI Kamis 7 Oktober 2021

Dalam kesempatan ini Penulis menghaturkan banyak Terimakasih Semoga Allah Yang Membalas Kebaikan Bapak / Ibu Semua Demi kemajuan SMP PGRI 6 Surabaya .

Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat