“WIBINAR Pelatihan Headmaster Scale Up Batch-1”
Hari
Ke - 257
Pendidikan
di era modern saat ini telah berkembang dengan beragam bentuk dan metode yang
ditawarkan. Pendidikan Agama Islam dan Al-Qur’an, sebagai salah satu pilar
penting pembangunan peradaban masyarakat Indonesia, ternyata belum mendapatkan
perhatian yang serius. Hal ini terlihat dari penerapan sistem Pendidikan Agama
Islam dan Al-Qur’an yang bersifat monoton dari sisi metodologi dan bersifat
parsial bila ditinjau dari substansi dan output pembelajarannya. Alhasil,
sistem pendidikan ini menghasilkan generasi yang hanya bisa membaca Al-Qur’an
dengan kemampuan ala kadarnya. Penanaman rasa cinta dan kedekatan pada
Al-Qur’an pun nyaris tidak menjadi prioritas dalam pembelajaran. Apalagi penanaman
kesadaran beribadah dan pertumbuhan akhlaq Islami yang mulia, sehingga banyak
murid muslim yang bisa baca Al-Qur’an tetapi mengalami degradasi ibadah dan
moral. Penumbuhan rasa cinta pada
Al-Qur’an hanya dapat dilakukan dengan menghadirkan pembelajaran yang
menggairahkan, tidak membosankan, bahkan membuat sang peserta didik ketagihan
untuk terus belajar dan belajar. Oleh karena itu, Yayasan Syafa’atul Qur’an
Indonesia (YAQIN) menghadirkan WAFA Belajar Al-Qur’an Metode Otak Kanan sebagai
sistem dan metode pembelajaran Al-Qur’an yang Komprehensif, Mudah, dan
Menyenangkan. Konsep pembelajaran yang
komprehensif memenuhi kebutuhan seorang muslim dalam berinteraksi dengan
Al-Qur’an sebagaimana sahabat Rasulullah yang mampu membaca, memahami,
mempraktekkan, dan menghafal Al-Qur’an. 4 interaksi tersebut kami hadirkan
kedalam kurikulum pendidikan Al-Qur’an dengan konsep 5T, yakni: Tilawah,
Tahfidz, Tarjamah, & Tafsir Supervisi manajerial adalah fungsi supervisi
yang berkenaan dengan aspek pengelolaan sekolah yang terkait langsung dengan
peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah yang mencakup (1) perencanaan,
(2) koordinasi,(3) pelaksanaan,(4) penilaian,(5) pengembangan kompetensi SDM
kependidikan dan sumberdaya lainnya.Supervisi adalah kegiatan yang dilakukan
oleh pengawas satuan pendidikan dalam rangka membantu kepala sekolah, guru dan
tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Supervisi ditujukan pada dua aspek
yakni: manajerial dan akademik. Supervisi manajerial menitikberatkan pada
pengamatan aspek-aspek pengelolaam dan administrasi sekolah yang berfungsi
sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran.Sementara supervisi
akademik menitikberatkan pada pengamatan supervisor terhadap kegiatan akademik,
berupa pembelajaran baik di dalam maupun luar kelas. Dalam Panduan Pelaksanaan
Tugas Pengawas Sekolah/ Madrasah (Direktorat Tenaga Kependidikan, 2009:20)
dinyatakan bahwa supervisi manajerial adalah supervisi yang berkenaan dengan
aspek pengelolaan sekolah yang terkait langsung dengan peningkatan efisiensi
dan efektivitas sekolah yang mencakup perencanaan, koordinasi, pelaksanaan,
penilaian, pengembangan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) kependidikan dan
sumberdaya lainnya.
Pada
Hari Sabtu 26/9/2020 Penulis yang Juga Kepala
https://us02web.zoom.us/j/89200398960?pwd=YjE0b2lQYUhFbUFyTTZtYVlvVVdrdz09 .
Adapun Pemateri dalam kegiatan tersebut yaitu SUPERVISI Yang di sampaikan oleh
Ibu DyahSaptariningtyas
, Materi Selanjutnya Yaitu Dr. Shobikul
Qisom , M.Pd menjelaskan Tentang SUPERVISI MANAJERIAL. Dalam Kesempatan
tersebut merasa bahagia dapat ikut kegiatan tersebut , Harapannya Nanti SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS
Surabaya bisa tertib Administrasi
Sehingga Proses Pembelajaran Baik Walaupun Sekolah Swasta , Harapannya Ini
SUPERVISI Bisa berjalan terus sehingga
siswa Aman Dan Nyaman Dalam Proses Pembelajaran. Di Akhir Acara Penulis Juga
Mendapatkan Sertifikat Melalui LINK http://bit.ly/SertifikatHSP01
#Tantangan
Guru Siana
#
dispendik Surabaya
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar