“ Menjadi Kepala Sekolah Profesional
Serta Berkarakter Dalam Mencetak
GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER “
Hari Ke - 86
Penyelenggaraan
pendidikan yang berkualitas sangat terkait erat dengan keberhasilan peningkatan
kompetensi dan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tanpa
mengabaikan faktor-faktor lainnya seperti sarana dan prasarana serta
pembiayaan. Kepala sekolah merupakan salah satu PTK yang posisinya memegang
peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan
mutu pendidikan di sekolah. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat
ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah. Karena kepala sekolah
sebagai pemimpin di lembaganya, maka kepala sekolah harus mampu membawa lembaga
ke arah tercapainya tujuan yang telah di tentukan. Kepala sekolah harus mampu
melihat adanya perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan
globalisasi.Kepemimpinan kepala sekolah sangat menunjang akan tercapainya
pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien. Untuk menciptakan sekolah yang
efektif dan efisien, kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di tingkatan
sekolah dan ujung tombak utama dalam mengelola pendidikan diharapkan mampu
memegang tugas dan bertanggung jawab memegang peran aktif dalam memajukan
sekolah / lembaga pendidikan.Banyak faktor penghambat tercapainya kualitas
keprofesionalan kepemimpinan kepala sekolah seperti proses pengangkatannya
tidak trasnparan, rendahnya mental kepala sekolah yang ditandai dengan
kurangnya motivasi dan semangat serta kurangnya disiplin dalam melakukan tugas,
dan seringnya datang terlambat, wawasan kepala sekolah yang masih sempit ,
serta banyak faktor penghambat lainnya yang menghambat tumbuhnya kepala sekolah
yang professional untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ini mengimplikasikan
rendahnya produktivitas kerja kepala sekolah yang berimplikasi juga pada mutu
(input, proses, dan output). Wahjosumidjo (2002:83) mengartikan bahwa: “Kepala
sekolah adalah seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin
suatu sekolah di mana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat di
mana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang
menerima pelajaran. Sementara Rahman dkk (2006:106) mengungkapkan bahwa “Kepala
sekolah adalah seorang guru (jabatan fungsional) yang diangkat untuk menduduki
jabatan structural (kepala sekolah) di sekolah”.Dalam Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala
Sekolah/Madrasah, pasal 1 ayat (1) disebutkan bahwa : Kepala sekolah/madrasah
adalah guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin taman
kanak-kanak/raudhotul athfal (TK/RA), taman kanak-kanak luar biasa (TKLB),
sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI), sekolah dasar luar biasa (SDLB),
sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTs), sekolah menengah
pertama luar biasa (SMPLB), sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA),
sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan (SMK/MAK), atau sekolah
menengah atas luar biasa (SMALB) yang bukan sekolah bertaraf internasional
(SBI) atau yang tidak dikembangkan menjadi sekolah bertaraf internasional
(SBI). Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kepala
sekolah adalah sorang guru yang mempunyai kemampuan untuk memimpin segala
sumber daya yang ada pada suatu sekolah sehingga dapat didayagunakan secara
maksimal untuk mencapai tujuan bersama
Setelah
melalui Seleksi dari YPLP DASMEN PGRI
Cabang Kota Surabaya Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah
Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan
Wonokusumo Kecamatan Semampir Pada Hari
Senin28/3/2022 Menghadiri Undangan YPLP DASMEN PGRI Cabang Kota Surabaya Di
WISMA PGRI Kota Surabaya JL Musi No 19 Surabaya
Dalam
kesempatan tersebut Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Ikut Serta
Dalam acara tersebut yaitu Ikut Dilantik Dan Di Kukuhkan Menjadi Kepala SMP
PGRI Bersama Kepala SMP , SMA Dan SMK
PGRI Di Kota Surabaya . Dalam kesempatan ini yang melantik adalah Ketua YPLP
DASMEN PGRI JAWA TIMUR Bapak Drs. H. SOEMARTO MM
Dalam
sambutannya Bapak Drs. H. SOEMARTO MM Meminta Kepala Sekolah yang di lantik
bisa menjalankan Roda Organisasi PGRI Sesuai AD / ART PGRI Serta Semoga Bisa
Membawa Sekolah PGRI Lebih amanah dan
lebih baik .
Penulis
yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya
Dalam Kesempatan ini berharap Agar bisa
mengemban Amanah ini dengan sebaik baiknya Serta Bisa Membawa SMP PGRI 6
Surabaya JAYA , Sukses Berkah Barokah Selamanya Serta Semakin Berprestasi Serta Berharap Agar Bapak / Ibu Guru Dan
Orang Tua Mampu Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.
#
Tantangan GuruSiana
#Guruhebat
#Dinaspendidikan
SurabayaA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar