Senin, 28 Maret 2022

“ Menjadi Kepala Sekolah Profesional Serta Berkarakter Dalam Mencetak GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER “

 



















“ Menjadi Kepala Sekolah Profesional

Serta Berkarakter Dalam Mencetak

GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER “

Hari Ke - 86

 

Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait erat dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tanpa mengabaikan faktor-faktor lainnya seperti sarana dan prasarana serta pembiayaan. Kepala sekolah merupakan salah satu PTK yang posisinya memegang peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaganya, maka kepala sekolah harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah di tentukan. Kepala sekolah harus mampu melihat adanya perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan globalisasi.Kepemimpinan kepala sekolah sangat menunjang akan tercapainya pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien. Untuk menciptakan sekolah yang efektif dan efisien, kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di tingkatan sekolah dan ujung tombak utama dalam mengelola pendidikan diharapkan mampu memegang tugas dan bertanggung jawab memegang peran aktif dalam memajukan sekolah / lembaga pendidikan.Banyak faktor penghambat tercapainya kualitas keprofesionalan kepemimpinan kepala sekolah seperti proses pengangkatannya tidak trasnparan, rendahnya mental kepala sekolah yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan semangat serta kurangnya disiplin dalam melakukan tugas, dan seringnya datang terlambat, wawasan kepala sekolah yang masih sempit , serta banyak faktor penghambat lainnya yang menghambat tumbuhnya kepala sekolah yang professional untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ini mengimplikasikan rendahnya produktivitas kerja kepala sekolah yang berimplikasi juga pada mutu (input, proses, dan output). Wahjosumidjo (2002:83) mengartikan bahwa: “Kepala sekolah adalah seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah di mana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat di mana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Sementara Rahman dkk (2006:106) mengungkapkan bahwa “Kepala sekolah adalah seorang guru (jabatan fungsional) yang diangkat untuk menduduki jabatan structural (kepala sekolah) di sekolah”.Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah, pasal 1 ayat (1) disebutkan bahwa : Kepala sekolah/madrasah adalah guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin taman kanak-kanak/raudhotul athfal (TK/RA), taman kanak-kanak luar biasa (TKLB), sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI), sekolah dasar luar biasa (SDLB), sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTs), sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB), sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA), sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan (SMK/MAK), atau sekolah menengah atas luar biasa (SMALB) yang bukan sekolah bertaraf internasional (SBI) atau yang tidak dikembangkan menjadi sekolah bertaraf internasional (SBI). Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah adalah sorang guru yang mempunyai kemampuan untuk memimpin segala sumber daya yang ada pada suatu sekolah sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan bersama

Setelah melalui Seleksi  dari YPLP DASMEN PGRI Cabang Kota Surabaya Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir  Pada Hari Senin28/3/2022 Menghadiri Undangan YPLP DASMEN PGRI Cabang Kota Surabaya Di WISMA PGRI Kota Surabaya JL Musi No 19 Surabaya

Dalam kesempatan tersebut Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Ikut Serta Dalam acara tersebut yaitu Ikut Dilantik Dan Di Kukuhkan Menjadi Kepala SMP PGRI  Bersama Kepala SMP , SMA Dan SMK PGRI Di Kota Surabaya . Dalam kesempatan ini yang melantik adalah Ketua YPLP DASMEN PGRI JAWA TIMUR Bapak Drs. H. SOEMARTO MM

Dalam sambutannya Bapak Drs. H. SOEMARTO MM Meminta Kepala Sekolah yang di lantik bisa menjalankan Roda Organisasi PGRI Sesuai AD / ART PGRI Serta Semoga Bisa Membawa  Sekolah PGRI Lebih amanah dan lebih baik .

Penulis yang Juga  Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Dalam Kesempatan ini berharap  Agar bisa mengemban Amanah ini dengan sebaik baiknya Serta Bisa Membawa SMP PGRI 6 Surabaya JAYA , Sukses Berkah Barokah Selamanya Serta Semakin Berprestasi  Serta Berharap Agar Bapak / Ibu Guru Dan Orang Tua Mampu Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

#Dinaspendidikan SurabayaA

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar