Selasa, 24 Agustus 2021

“ SHARING BERSAMA KEPALA SMP SWASTA SURABAYA UNTUK MENJADIKAN SEKOLAH UNGGULAN DALAM MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL “

 









“ SHARING BERSAMA KEPALA SMP SWASTA

SURABAYA UNTUK MENJADIKAN SEKOLAH UNGGULAN

DALAM MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL “

HARI KE -588

Kemajuan  era  telekomunikasi  dan  transformasi  menuntut  seorang  pendidik generasai  agar  mampu  melakukan  peningkatan  kualitas  pendidikan.  Peningkatankualitas  merupakan  salah  satu  filter  pembagunan  pendidikan,disamping pemerataan dan  perluasan  akses  dan  peningkatan  efektifitas-efesiensi  tata  kelola  pendidikan. Peningkatan   kualitas   pendidikan   semakin   mendapatkan   penekanan,   dikarnakan adanya   kesadaran   bahwa   masa   depan   suatu   bangsa   sangat   tergantung   pada keberhasilan bangsamenciptakan pendidikan yang berkualitas. Proses  peningkatan  kualitas  sekolah  berlangsung  sangat  variatif  dari  suatu sekolah kesekolah lain. Apalagi bila di antara suatu sekolah memiliki perbedaan yang mecolok.  Karena  peningkatan  kualitas  sekolah  begitu kompleks  dan  rumit.  Namun demikian   agar   keberhasilan   suatu   sekolah   dalam   menigkatkan   kualitas   dapat dijadikan  acuan  bagi  sekolah  lain,  maka  peroses  peningkatan  yang  kompleks  dan rumit tersebut perlu untuk dipetakanGuru sebagai pendidikanprofesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,  mengarahkan,  melatih,  menilai  dan  mengevaluasi  peserta  didik  pada anak  usia  dini  jalur  pendidikan  formal.  Pendidikan  dasar,  dan  pendidikan  menegah. Guru   wajib   memiliki   kualifikasi   akademik,   kompetensi akademik,   kompetensi sertifikat  pendidik  sehat  jasmani  dan  rohani,  serta  memeliki  kemampuan  untuk mewujudkan    pendidikan    nasional,    yaitu    terselenggaranya    pendidikan    yang berkualitas bagi setiap warga negara.Guru  membutuhkan pelatihan  profesional  untuk  menambah  wawasan  dan meningkatkan  keterampilan  mereka  .pelatihan  itu  akan  lebih  bermamfaat  bagi  guru jika  guru  memiliki  semangat  belajar  seumur  hidup  sehingga  semangat  belajar  harus melekat  dalam  diri  setiap  guru  hingga  ia  kaya ilmu  dan  terampil.  Belajar  seumur hidup   amat   penting   bagi   guru   karna   pendidikan   guru   belum   bisa   menjamin kompetensi  mereka    menjadi  guru  yang  profesional  guru  yang  selalu  belajar  akan berhasil  menjadi  pendidik,  karena  pendidik  tidak  dapat  dilakukan  oleh  sembarang orang.  Mendidik  adalah  melakukan  perbuatan  yang  benar  yang  intinya  membantu mendidik  dalam    mendewasakan  dirinya.  Bantuan  ini  mencakup  kegiatan  fisikal, mental,   emosional   dan   spiritual.dan   pilihan   paling   benar   dan   paling   mungkin dilakukan secara sadar, teratur dan terus menerus. Pendidikan yang berkualitas ini dapat terwujud melalui komitmen serta upaya meningkatkan  pendidikan  yang  di  lakukan  secara  terus  menerus.Guru  sangat  di perlukan keberadaannya dan sangat menentukan keberhasilan program pendidikan di sekolah, peningkatan kualitas sekolah mempersyaratkan adanya guru profesional agar sekolah tersebut menigkat. Semua komponen dalam peroses pembelajaran di sekolah, pengembangan   proses   pembelajaran   tanpa   dukungan   keberadaan   guru    yang profesional, sekolah tidak akan meningkat.Bukan hanya seorang guru yang berupaya meningkatkan kualitas sekolah,tapi sosok  pemimpinlah  dalam  hal  ini  selaku  kepala  sekolah  selaku  penanggung  jawab pengelolahan  administrasi  dan  teknis  pembelajaran  diharapkan  mampu  bertindak selaku  menejer  dalam  upaya  menumbuh  kembangkan  kompotensi  guru  melalui bentuk  penghargaan  seperti  pemberian  kesempatan  sertifikasi  guru,pendidikan  dan latihan   profesi   penyediaan   sarana   pendukung   pembelajaran,pemberian   insentif berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya serta pemenuhan jaminan kenyamanan dan keamanan dalam menjalankan tugas pembelajarannya.Pada   peningkatan   kualitas   sekolah,guru   bertanggung   jawab   melakukan kegiatan pendidikan di sekolah guna meningkatkan kualitas sekolah, tanggung jawab   menuntun   para   siswa   belajar   membina   peribadi,   watak,   dan   jasmani   siswa, menganalisis  kesulitan  belajar,  serta  menilai  kemajuan  belajar  para  siswa  agar sekolah tersebut meningkat. Sebagai mana telah dikemukakanbahwa profesional guru mengandung  pengertian  yangmeliputi  unsur  unsur  keperibadian,  keilmuan  dan keterampilan. Oleh  karena  itudapat  diartikan  bahwa  kompetensi  profesional  guru tentu  saja  akan  meliputi  tiga  unsur  itu  walaupun  tekanan  yang  lebih  besar  terletak pada unsur keterampilan sesuai dengan peranan  yang dikerjakannya dalam membina dan membimbing siswa menjadi lebih baik dan akan meningkatkan kualitas sekolah. Upaya  meningkatkan kualitas  sekolah  dapat  dilihat  dari kemampuan  guru menjadi  sebuah  profesi  yang  utuh,  dibutuhkan  pembinaan  dan peningkatan  kapasitas guru  agar kinerja  guru dapat optimal. Ukuran kinerja  guru terlihat dari rasa tanggung jawabnya menjalankan amanah, profesi yang diembannya, rasa tanggung jawab moral dipundaknya.   Semua   itu   akan   terlihat   kepada   kepatuhan   dan   loyalitas dalam menjalankan tugas keguruannya dalam kelas dan tugas kependidikannya di luar kelas. Sikap  ini  akan  diikuti  pula  dengan  rasa  tanggung  jawab  mempersiapkan  segala perelengkapan   pengajaran   sebelum   melaksanakan   proses   pembelajaran   dengan mempertimbangkan    metodologi    yang    akan    digunakan,    termasuk    alat,    media pendidikan yang akan dipakai, dan penilaian yang akan digunakan dalam pelaksanaan evaluasi.Kinerja  guru  juga  akan  semakin  optimal,  bilamana  diintegrasikan  dengan komponen   persekolahan,   apakah   itu   kepala sekolah,   karyawan,   maupun   anak didiknya. Kinerja guru akan bermakna bila diikuti dengan niat yang bersih dan ikhlas, serta  selalu  menyadari  akan  kekurangan  yang  ada  pada  dirinya,  dan  berupaya  untuk meningkatkan  kekurangannya  sebagai  upaya  untuk  meningkatkan  kearah  yang  lebih baik

Dalam meningkatkan kualitas sekolah Unggulan di Wilayah Surabaya Utara , Pada Hari Selasa 24/8/2021 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengadakan Kegiatan Sharing antar Smp Swasta Surabaya Dalam mewujudkan kualitas sekolah Unggul  Melalui LINK https://meet.google.com/kfz-ywhq-ouh  Dimana Sharing tersebut dimulai Pukul 12.30. Menurut Penulis yang Juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir sangat bangga terhadap SMP Swasta Surabaya Utara karena semangat sangat tinggi ingin menjadikan Sekolah UNGGUL  Dalam kesempatan tersebut Penulis menyampaikan “ JANGAN MINDER “ Ajak Siswa Bapak / Ibu SMP Swasta Surabaya Utara Untuk terus memacu semangat untuk mengantarkan Generasi Emas UNGGUL dengan berbagai Prestasi , Itu semua bisa berjalan dengan baik  Bila Peran Guru Di Optimalkan Dalam Mencetak GENERASI EMAS UNGGUL.

Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar