“ Terimakasih TELKOMSEL 800 Guru SMP Swasta Utara Siap Mensukseskan MBJJ “
Hari Ke - 237
Akibat pandemi
COVID-19, banyak sekolah
dan perguruan tinggi
ditutup. Seperti dalam cuitan UNICEF Amerika Serikat tertanggal 9 Maret
di bawah, hampir 300 juta peserta didik terkena dampak penutupan institusi
pendidi-kan tersebut. Beberapa
daerah di Indonesia,yaituJakartadanSurakarta,
juga telah siap
siaga menghadapi COVID-19
dengan menutup sekolah-sekolah di dua daerah tersebut.
Kebijakan ini, yang tujuannya tak
lain adalah untuk
mencegah penyebaran infeksi
COVID-19, senada
denganhimbauan WHO bahwa semua
elemen masyarakat perlu berpartisipasi dalam mencegah dan
meminimalkan dampak penyakit terse-but.
Akan tetapi, kebijakan
tersebut tidak menyurutkan
institusi-institusi pendidikan
tersebut untuk mengadakan
pembelajaran, bukan pembelaja-ran tatap muka melainkan
pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tak ayal, peralihan moda pembelajaran dari tatap
muka (dan mungkin sebagian sudah menerapkanblended learning) ke pembelajaran
jarak jauh akan menimbulkan banyak pertanyaan. Satu dari banyak pertanyaan
terse-but mungkin seperti ini, “Bagaimana desain pembelajaran jarak jauh yang
efektif?” Pertanyaan inilah yang akan menjadi fokus pembahasan artikelini.
Agar pembahasan tersebut
sejalan dengan program
merdeka belajar yang dicanangkan oleh
Kemdikbud Republik Indonesia,
maka pembahasannya akan dikemas
sebagai aksi daricall to actionprogram tersebut. Semangat untuk
melakukan inovasi adalah
roh pertama program merdeka belajar.
Dengan semangat ini,
pendidik dituntut untuk
mengek-splorasi dan menerapkan
berbagai macam teori,
pendekatan, dan prinsip desain pembelajaran
guna menciptakan lingkungan
belajar yang inovatif bagi
peserta didiknya. Oleh
karenaitu, pendidik perlu
melakukan refleksi secara terus-menerus
terhadap praktik pengajarannya, serta
menerapkan dan mengembangkan model-model
pembelajaran terkini, sepertiflipped classroom,blended learning,
dan pembelajaran daring. Selain itu, pendidik juga perlu
mengoptimalkan gawai yang
telah dimiliki oleh
peserta didik, atau yang telah
disediakan bagi mereka, untuk menciptakan pembelajaran inovatif, aktif, dan
mendalam.Roh kedua program merdeka belajar adalah budaya belajar. Dalam
me-nyediakan pembelajaran yang
berkualitas bagi peserta
didiknya, pendidik dituntut untuk
senantiasa belajar dari dan dengan pendidik lainnya. Lebih jauh, pendidik juga
harus tidak takut untuk menjelajah dan bereksperimen dengan metode-metode
pembelajaran yang menjanjikan dan telah terbukti efektivitasnya sebagai
upaya untuk memperbaiki
praktik pengajarannya. Untuk mewujudkan
budaya belajar ini, pendidik perlu untuk terlibat aktif dalam jejaringprofesinya, baik
lingkup lokal maupun
global, serta selalu memperbarui pengetahuannya terkait
hasil-hasil penelitian dalam
bidang ilmu pendidikan.Kedua roh merdeka
belajar di atas
pada dasarnya mengingatkan
pen-didik pada semangat pengabdiannya, yaitu semangat berinovasi dan
belajar secara berkelanjutan untuk mempersiapkan peserta didiknya menghadapi
masa depannya. Semangat
berinovasi dan belajar
inilah yang harus
di-pegang dalam mendesain dan memfasilitasi pembelajaran bagi peserta
didi-knya, tidak terkecuali untuk pembelajaran jarak jauh.
Setelah
6.116 Siswa SMP Swasta Surabaya
Utara Menerima Kartu Perdana Merdeka
Belajar JARAK Jauh Dari TELKOMSEL Yang Sudah dibagikan Kepada 32 SMP Swata Surabaya Utara , Pada Hari Senin
7 /9/2020 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bekerja sama dengan TELKOMSEL
Membagikan Kartu Perdana Untuk Merdeka Belajar Jarak Jauh bagi 800 Guru SMP
Swasta Surabaya Utara Sebanyak 36 SMP Swasta Surabaya Utara , Dimana 800 Kartu tersebut di bagikan di SMP Kemala
Bhayangkari 6 Surabaya oleh Bapak Deny Selaku MANAGER Dari TELKOMSEL Kepada 36
Kepala SMP Swasta Surabaya Utara. Dalam Kesempatan tersebut Bapak Ketua MKKS
SMP Swasta Surabaya Utara Sekaligus Kepala SMP PGRI 6 Surabaya mengucapkan
Terimakasih Kepada TELKOMSEL Yang Sudah Membantu Siswa Sebanyak 6.116 Dan 800
Untuk Pemberian Kartu Perdana , Dalam Hal Ini Kepala Sekolah Alumni Jurusan PLS
UNESA Tersebut Menyampaikan bahwa TELKOMSEL Telah membantu Untuk Kegiatan
Merdeka BELAJAR Jarak JAUH Dan Sudah Menyelamatkan Nasib Guru- Guru Dan Siswa
Sekolah Swasta karena tidak punya Paketan untuk Pembelajaran Jarak Jauh
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar