“ Ajarkan Siswa Untuk Berkarya Membuat Media
Pembelajaran “
Hari Ke - 124
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam
pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan
alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan
bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru
sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan bersahaja tetapi
merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang
diharapkan.Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga
dituntut untuk dapat mengembangkan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut
untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pengajaran yang akan
digunakannya apabila media tersebut belum tersedia. Media Pembelajaran
diartikan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran,
perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses
belajar. Dalam suatu proses belajar mengajar, dua
unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pengajaran.
Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu
akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai, meskipun masih ada
berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain
tujuan pengajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah
pengajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik
siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama
media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi
iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh
guru.Hamalik (1986) mengemukakan bahwa pemakaian media pengajaran dalam proses
belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru,
membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa
pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Secara umum, manfaat media dalam proses
pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga
pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
Sebagai Sekolah Pinggiran , SMP PGRI 6
Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang
Terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan
Semampir , dalam mengisi libur akibat Pandemi COVID – 19 seluruh siswa / siswi
SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya membuat bangun Ruang Ada Yang membuat Persegi , Ada Yang membuat
Persegi Panjang , Segitiga , Jajar Genjang , Trapesium Dan Belah ketupat , Media ini di buat oleh
seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya kelas 7 – 9 Dan SDS AL-IKHLAS Surabaya kelas 1-6, dalam
kesempatan tersebut setiap siswa membuat 2 media bangun ruang yang berbeda ,
Pada hari sabtu 17/5/2020 Tugas membuat media pembelajaran tersebut di kirim ke
sekolah , Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Kelahiran April
1984 Alumni Jurusan PLS UNESA Sangat bangga kepada anak didik beliau baik SMP
PGRI 6 Surabaya maupun SDS “ AL-IKHLAS Surabaya dimana pada Masa Pandemi ini
siswa / siswi bersama Orang tua masih menyempatkan untuk membuat media pembelajaran Matematika Bangun Ruang , Menurut
BANU ATMOKO , S.Pd bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk Nilai Tugas
Matematika Serta karena sekolah kecil
sehingga tidak mampu untuk membeli media pembelajaran sehingga di masa Pandemi
seluruh siswa / siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “ AL-IKHLAS Surabaya
di ajak berkarya dalam membuat media
pembelajaran yang akan mereka gunakan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas jika selesai masa pandemic covid - 19
Dalam kesempatan yang baik ini Penulis
berharap agar COVID – 19 Segera hilang dari muka bumi ini dan
penulis mengimbau kepada seluruh Guru
SMP PGRI 6 Surabaya dan siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya Serta Seluruh Masyarakat selalu memakai
masker, serta sarung tangan dimanapun
berada termasuk jika ada di sekolah untuk melaksanakan piket serta beliau meminta untuk selalu
cuci tangan , agar tubuh kita terbebas dari COVID – 19 tersebut ,
sehingga harapannya agar COVID – 19 Segera hilang dari kota Surabaya , apalagi
setelah ini akan memasuki Lebaran ,
Sehingga bisa Lebaran dengan aman dan
nyaman untuk menjalankan lebaran bersama keluarga dan dapat melanjutkan sekolah
kembali .
#Tantangan Guru Siana
# dispendik Surabaya
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar