“ AJAK SEKOLAH UNTUK EVALUASI DIRI
MEMPERSIAPKAN SUKSES AKREDITASI 2021
MELALUI https://versi5.apsipusat.org/login.php “
Hari Ke 448
Evaluasi
Diri Sekolah (EDS) adalah suatu proses evaluasi yang bersifat internal
dengan melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja
sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang digunakan sebagai dasar penyusunan RKS dan RKAS dalam
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah secara konsisten dan berkelanjutan,
serta sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.
ujuan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah:
(a) Menilai kinerja sekolah
berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP), (b) Mengetahui tahapan
pengembangan dalam pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai dasar
peningkatan mutu pendidikan; dan (c)
Menyusun RKS/RKAS sesuai kebutuhan nyata dalam rangka pemenuhan Standar
Nasional Pendidikan (SNP). Manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk tingkat
sekolah, antara lain: Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan dan
kekurangannya sendiri dan merencanakan
pengembangan dan peningkatan ke depan. Sekolah dapat memiliki data dasar yang
akurat sebagai dasar untuk pengembangan
dan peningkatan di masa mendatang.Sekolah dapat mengidentifikasi peluang
untuk meningkatkan mutu pendidikan,
mengkaji peningkatan tersebut berjalan
dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya.Sekolah dapat
memberikan laporan formal kepada
pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah.Sedangkan
manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk tingkat lain dalam sistem,
diantaranya:Menyediakan data dan informasi yang penting untuk perencanaan,
pembuatan keputusan, dan perencanaan anggaran pendidikan pada tingkat kabupaten/kota,
provinsi, dan nasional.Mengidentifikasikan bidang prioritas untuk memenuhi
kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.Mengidentifikasikan jenis dukungan
yang dibutuhkan terhadap sekolah.Mengidentifikasikan pelatihan serta kebutuhan
program pengembangan lainnya. Mengidentifikasikan keberhasilan sekolah
berdasarkan berbagai indikator
pencapaian sesuai dengan Standar
Pelayanan Minimal dan Standar Nasional Pendidikan. Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
dilaksanakan oleh Tim Pengembang Sekolah
(TPS) yang terdiri atas: (1) Kepala Sekolah; (2) Wakil unsur guru; (3) Wakil
Komite Sekolah; (4) Wakil orang tua siswa dan (4) Pengawas – sebagai
fasilitator/pembimbing/verifikator
Untuk
mempersiapkan Akreditasi Satuan Pendidikan
Di wilayah Surabaya Utara Pada
hari Selasa 6/4/2021 bertempat di AULA HASAN AL BANNA AL- IRSYAD Surabaya sebanyak 36 Orang Kepala Sekolah WAKASEK
Kurikulum dan Tim Pengembang Sekolah
(TPS) Mengikuti kegiatan pembinaan yang di sampaikan oleh Bapak Drs. ADJI
SUHARKO M.Pd Selaku Pengawas Pembina Kecamatan Semampir Dan Bulak Serta Beliau
Juga Menjadi Kordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kota Surabaya . Adapun acara
tersebut di mulai Pukul 09.00 Dalam sambutannya Penulis yang Juga Kepala SMP
PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan
Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir , Dalam
kesempatan tersebut Penulis berharap agar dari LATIHAN EVALUASI Diri Sekolah
nanti betul betul di isi secara jujur dan bila nanti kurang bisa di perbaiki
untuk meningkatkan nilai Akreditasi tersebut Kata Penulis Alumni Jurusan PLS
UNESA Kelahiran APRIL 1984 Tersebut
Dalam
kesempatan tersebut Bapak Drs. ADJI SUHARKO , M.Pd menjelaskan materi tentang SUKSES AKREDITASI
, Dimana Bapak Ibu Kepala Sekolah WAKASEK Kurikulum dan Tim Pengembang Sekolah (TPS) Langsung Praktek
untuk menilai dari Potret sekolah pembelajaran yang selama ini sudah berjalan
melalui LINK https://versi5.apsipusat.org/login.php , Dimana Bapak/ Ibu WAKASEK
Kurikulum dan Tim Pengembang Sekolah
(TPS) sangat antusias dalam melakukan pengisian tersebut , Bahkan Bapak/ Ibu Kepala Sekolah sangat
antusias mendampingi WAKASEK Kurikulum dan Tim
Pengembang Sekolah (TPS) Seperti yang dilakukan BAPAK ANAS FAUZI Kepala
SMP MUJAHIDIN Surabaya yang mendampingi WAKASEK Kurikulum dan Tim Pengembang Sekolah (TPS) , Ibu MARINA
KURNIASARI ,S.Pd Kepala SMP BARUNAWATI Surabaya yang mendampingi WAKASEK
Kurikulum dan Tim Pengembang Sekolah
(TPS) Serta Bapak FARIZ KUDDAH,S.Pd yang juga WAKASEK Kurikulum dan Tim Pengembang Sekolah (TPS) . Alhamdulilah
mereka WAKASEK KURIKULUM Sangat semangat mengisi intsrumen tersebut sesuai
kondisi nyata yang ada. Menurut Bapak MISBAHUL UMAM S.S Menyampaikan bahwa
Untuk LABORAT Gak bisa dapat nilai 4 Karena gak punya Sertifikat PETUGAS
LABORAT IPA. Kata Penulis sabar Untuk LABORAT IPA, Alhamdulilah Untuk LABORAT
Komputer Sudah Dapat Dari ITS , Kepala PERPUS Dan TU Juga Alhamdulilah juga
Sudah Dapat , Itu bisa menambah POIN Dalam AKREDITASI Kata PENULIS , Harapannya
Pelatihan LABORAT Ada Perguruan TINGGI Yang membantu Guru Guru SMP Swasta Utara
Untuk Pengakuan Sebagai LABORAT. Semoga SMP Swasta Binaan Bapak Drs. ADJI
SUHARKO ,M.Pd setelah menilai kondisi nya bisa memperbaiki sehingga Harapannya
Binaan Bapak Drs ADJI SUHARKO ,M.Pd mendapatkan AKREDITASI UNGGUL.
#Tantangan
Guru Siana
#
dispendik Surabaya
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar