Selasa, 06 April 2021

“ AJAK SEKOLAH UNTUK EVALUASI DIRI MEMPERSIAPKAN SUKSES AKREDITASI 2021 MELALUI https://versi5.apsipusat.org/login.php “

 



























































































“ AJAK SEKOLAH UNTUK EVALUASI DIRI

MEMPERSIAPKAN SUKSES AKREDITASI 2021

MELALUI  https://versi5.apsipusat.org/login.php 

Hari Ke 448

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah suatu proses evaluasi yang bersifat internal dengan  melibatkan  pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang digunakan  sebagai dasar penyusunan RKS dan RKAS dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah secara konsisten dan berkelanjutan, serta sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota. ujuan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah:  (a) Menilai kinerja sekolah  berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP), (b) Mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan; dan (c)  Menyusun RKS/RKAS sesuai kebutuhan nyata dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk tingkat sekolah, antara lain: Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangannya sendiri dan  merencanakan pengembangan dan peningkatan ke depan. Sekolah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar   untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang.Sekolah dapat mengidentifikasi peluang untuk    meningkatkan mutu pendidikan, mengkaji peningkatan tersebut  berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya.Sekolah dapat memberikan laporan formal kepada  pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah.Sedangkan manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk tingkat lain dalam sistem, diantaranya:Menyediakan data dan informasi yang penting untuk perencanaan, pembuatan keputusan, dan perencanaan anggaran pendidikan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.Mengidentifikasikan bidang prioritas untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.Mengidentifikasikan jenis dukungan yang dibutuhkan terhadap sekolah.Mengidentifikasikan pelatihan serta kebutuhan program pengembangan lainnya. Mengidentifikasikan keberhasilan sekolah berdasarkan berbagai  indikator pencapaian sesuai dengan  Standar Pelayanan Minimal dan Standar Nasional Pendidikan. Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dilaksanakan oleh Tim  Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas: (1) Kepala Sekolah; (2) Wakil unsur guru; (3) Wakil Komite Sekolah; (4) Wakil orang tua siswa dan (4) Pengawas – sebagai fasilitator/pembimbing/verifikator

Untuk mempersiapkan Akreditasi Satuan Pendidikan  Di wilayah Surabaya Utara  Pada hari Selasa 6/4/2021 bertempat di AULA HASAN AL BANNA AL- IRSYAD Surabaya  sebanyak 36 Orang Kepala Sekolah WAKASEK Kurikulum dan Tim  Pengembang Sekolah (TPS) Mengikuti kegiatan pembinaan yang di sampaikan oleh Bapak Drs. ADJI SUHARKO M.Pd Selaku Pengawas Pembina Kecamatan Semampir Dan Bulak Serta Beliau Juga Menjadi Kordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kota Surabaya . Adapun acara tersebut di mulai Pukul 09.00 Dalam sambutannya Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir , Dalam kesempatan tersebut Penulis berharap agar dari LATIHAN EVALUASI Diri Sekolah nanti betul betul di isi secara jujur dan bila nanti kurang bisa di perbaiki untuk meningkatkan nilai Akreditasi tersebut Kata Penulis Alumni Jurusan PLS UNESA Kelahiran APRIL 1984 Tersebut

Dalam kesempatan tersebut Bapak Drs. ADJI SUHARKO , M.Pd  menjelaskan materi tentang SUKSES AKREDITASI , Dimana Bapak Ibu Kepala Sekolah WAKASEK Kurikulum dan Tim  Pengembang Sekolah (TPS) Langsung Praktek untuk menilai dari Potret sekolah pembelajaran yang selama ini sudah berjalan melalui LINK  https://versi5.apsipusat.org/login.php  , Dimana Bapak/ Ibu WAKASEK Kurikulum dan Tim  Pengembang Sekolah (TPS) sangat antusias dalam melakukan pengisian tersebut  , Bahkan Bapak/ Ibu Kepala Sekolah sangat antusias mendampingi WAKASEK Kurikulum dan Tim  Pengembang Sekolah (TPS) Seperti yang dilakukan BAPAK ANAS FAUZI Kepala SMP MUJAHIDIN Surabaya yang mendampingi WAKASEK Kurikulum dan Tim  Pengembang Sekolah (TPS) , Ibu MARINA KURNIASARI ,S.Pd Kepala SMP BARUNAWATI Surabaya yang mendampingi WAKASEK Kurikulum dan Tim  Pengembang Sekolah (TPS) Serta Bapak FARIZ KUDDAH,S.Pd yang juga WAKASEK Kurikulum dan Tim  Pengembang Sekolah (TPS) . Alhamdulilah mereka WAKASEK KURIKULUM Sangat semangat mengisi intsrumen tersebut sesuai kondisi nyata yang ada. Menurut Bapak MISBAHUL UMAM S.S Menyampaikan bahwa Untuk LABORAT Gak bisa dapat nilai 4 Karena gak punya Sertifikat PETUGAS LABORAT IPA. Kata Penulis sabar Untuk LABORAT IPA, Alhamdulilah Untuk LABORAT Komputer Sudah Dapat Dari ITS , Kepala PERPUS Dan TU Juga Alhamdulilah juga Sudah Dapat , Itu bisa menambah POIN Dalam AKREDITASI Kata PENULIS , Harapannya Pelatihan LABORAT Ada Perguruan TINGGI Yang membantu Guru Guru SMP Swasta Utara Untuk Pengakuan Sebagai LABORAT. Semoga SMP Swasta Binaan Bapak Drs. ADJI SUHARKO ,M.Pd setelah menilai kondisi nya bisa memperbaiki sehingga Harapannya Binaan Bapak Drs ADJI SUHARKO ,M.Pd mendapatkan AKREDITASI UNGGUL.

#Tantangan Guru Siana     

# dispendik Surabaya

#Guruhebat       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar