Rabu, 16 Oktober 2019

“ Asah KREATIVITAS Guru Dalam Pembuatan SOAL HOTS Melalui MGMP “








“ Asah KREATIVITAS Guru Dalam Pembuatan SOAL HOTS Melalui MGMP “

MGMP (Musyawarah Guru MataPelajaran) Musyawarah Guru Mata Pelajaran sama halnya dengan KKG, merupakan suatu organisasi guru yang dibentuk untuk menjadi forum komunikasi yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari di lapangan HOTS awalnya dikenal dari konsep Benjamin S. Bloom dkk. dalam buku berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956) yang mengategorikan berbagai tingkat pemikiran bernama Taksonomi Bloom, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Konsep ini merupakan tujuan-tujuan pembelajaran yang terbagi ke dalam tiga ranah, yaitu Kognitif (keterampilan mental seputar pengetahuan), Afektif (sisi emosi seputar sikap dan perasaan), dan Psikomotorik (kemampuan fisik seperti keterampilan). BTV-revised-WRTaksonomi Bloom (Sumber: globaldigitalcitizen.org) Konsep Taksonomi untuk menentukan tujuan belajar ini dapat kita sebut sebagai tujuan akhir dari sebuah proses pembelajaran. Jadi, setelah proses pembelajaran tertentu, siswa diharapkan dapat mengadopsi keterampilan, pengetahuan, serta sikap yang baru. Nah, HOTS sendiri merupakan bagian dari ranah kognitif yang ada dalam Taksonomi Bloom dan bertujuan untuk mengasah keterampilan mental seputar pengetahuan. Ranah kognitif versi Bloom ini kemudian direvisi oleh Lorin Anderson, David Karthwohl, dkk. pada 2001. Urutannya diubah menjadi enam, yaitu: Mengingat (remembering) Memahami (understanding) Mengaplikasikan (applying) Menganalisis (analyzing) Mengevaluasi (evaluating) Mencipta (creating) Tingkatan 1 hingga 3 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS), sedangkan tingkat 4 sampai 6 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Menurut Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof. Intan Ahmad, Ph.D., HOTS adalah satu cara untuk menguji apakah seseorang bisa menganalisis, membandingkan, menghitung, dan sebagainya. "Jadi memang diperlukan kemampuan yang tidak biasa. Bukan hanya sekadar mengingat atau menghafal saja," jelas Prof. Intan dalam Ruangguru LIVE Spesial SBMPTN pada hari Selasa, 30 Oktober lalu. Prof. Intan juga memberikan contoh dari standar soal HOTS yang biasanya terdapat kalimat-kalimat atau tabel. Seperti apa ya Squad? Yuk, kita lihat! "Mengapa nyamuk bisa terbang lurus, belok, atau bertahan di udara? Lalu, mengapa burung yang juga bisa terbang bisa memiliki kecepatan yang lebih tinggi?" Nah, soal HOTS semacam ini bisa kamu jawab melalui ilmu Matematika atau Fisika, Squad. Terlihat 'kan bahwa kamu tidak hanya sekadar menjawab soal dengan menghafal rumus, kamu perlu memahami konsep dari materinya juga. Soal model HOTS ini mendorong kamu para calon mahasiswa untuk melakukan penalaran tingkat tinggi sehingga tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal, tanpa mengetahui konsep ilmunya. HOTS merupakan salah satu tuntutan keterampilan dalam pembelajaran abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Soal HOTS memungkinkan untuk membuat jenis soal yang sama, namun dengan pertanyaan yang berbeda. Ketua menyebutkan, hal ini bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas serta sesuai dengan perkembangan teknologi informasi di era digital. Dengan membiasakan diri kamu dengan soal-soal yang menantang, potensi diri kamu juga bisa terpacu untuk semakin berkembang.
Dalam menyiapkan Hasil UNBK Yang baik Sekolah Swasta Surabaya Utara , Pada Hari Rabu 16/10/2019 MGMP Bahasa Indonesia SMP Swasta Surabaya Utara mengadakan pertemuan di SMP ISLAM – AMAL Surabaya, Dalam kesempatan ini Agenda MGMP SMP Swasta Surabaya Utara adalah Pembahasan Pembuatan SOAL HOTS Untuk Persiapan Penilaian Akhir SEMESTER Gasal Dan Persiapan UNBK Tahun 2019/2020. Dalam kesempatan ini yang memberikan materi adalah Bapak MISBAHUL UMAM , S.S Selaku Pembina MGMP Bahasa Indonesia dan Juga Kepala SMP ISLAM AL- AMAL , Di dampingi Oleh Ibu NURUL FAJAR AMELIAH ,S .Pd Guru BAHASA INDONESIA Dari SMP Mujahidin Surabaya Sekaligus Beliau adalah Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Swasta Surabaya Utara , Didampingi oleh Sekretaris MGMP BAHASA  INDONESIA SMP Swasta Surabaya Utara Yaitu Ibu YENI EKA PRAWISTA , S.Pd Guru Bahasa Indonesia dari SMP PGRI 6 Surabaya , Dalam kesempatan ini Yang Menghadiri  MGMP SMP Swasta Surabaya Utara adalah sebanyak 32 Guru – Guru Bahasa Indonesia SMP Swasat Surabaya Utara , Menurut Bapak H. BANU ATMOKO , S.Pd Selaku Sekretaris MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Bahwa Tujuan dari kegiatan tersebut , Agar Guru Guru SMP Swasta Surabaya Bisa Kreatif Inovatif Dalam Menyiapkan Soal Yang berbobot Yaitu HOTS Baik Persiapan Akhir Semester Maupun UNBK , Sehingga Di harapkan HASIL  Akhir dari ini semua adalah Guru Guru mampu Menulis SOAL HOTS Dan Menyiapkan Anak Didik , Sehingga  SMP Swasta Surabaya Utara Pada saat UNBK Mendapatkan Nilai Yang Terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar