Jumat, 04 Maret 2022

Edu Time - Serial Kepsek Jaman Now Bersama KPI Manajemen Pengembangan SDM Guru dan Karyawan di Sekolah Untuk Mencetak GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER

 






































Edu Time - Serial Kepsek Jaman Now Bersama KPI

Manajemen Pengembangan SDM Guru dan Karyawan di Sekolah

Untuk Mencetak GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER

HARI KE - 62

 

Guru dan karyawan merupakan salah satu komponen sumber daya manusia pendidikan yang harus dikelola dan dikembangkan terus-menerus secara kontinyu dan berkelanjutan. Pengembangan guru dan karyawan di lembaga pendidikan dapat dilakukan melalui on the job, demonstrasi and example, dan classroom methods. Selain itu, pengembangan profesi guru juga dapat dilaksanakan melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), yang meliputi: pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Melalui pengembangan ini, potensi sumber daya guru dan karyawan dapat dibina dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kualitas kinerjanya dalam mengajar sehingga profesionalisme guru dapat terwujud. Guru yang profesional sesungguhnya adalah guru yang di dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya bersifat otonom, menguasai kompetensi secara komprehensif dan daya intelektual tinggi. Guru yang profesional akan mampu untuk melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Pembelajaran yang bermutu diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman peserta didik. Dalam  arti  yang  tradisional,  konsep  pengelolaan  tenaga  pendidik  dan kependidikan   terbatas   pada   urusan-urusan   manajemen   operatif,   seperti mengelola   data   tenaga   pendidik   dan   kependidikan   (record   keeping), penilaian  kinerja  yang  bersifat  mekanistik  (mechanical  job  evaluation), kenaikan  pangkat  dan  gaji  secara  otomatis (automatic  merit  increase).Perhatian   terhadap   SDM   pada   masa   kini   mencakup   aspek-aspek   yang berkaitan    dengan    keamanan    dan    kenyamanan    tenaga    pendidik    dan kependidikan  (fisik,  emosional  dan  sosial),  yang  akan  berpengaruh  secara signifikan   terhadap   cara-cara   mereka   bertugas,   dan   dengan   sendirinya berpengaruhterhadap produktivitas mereka.Manajemen   Sumber    Daya   Manusia   (MSDM)pada   masa   kini memfasilitasi   aktualisasi   dan   pengembangan   kompetensi   para   tenaga pendidik  dan  kependidikan  melalui  program-program  pengembangan  dan pemberdayaan   yang   dilakukan   secara   sistematik.   Pengembangan   dan pemberdayaan  SDM  merupakan  bagian  dari  MSDM  yang  memiliki  fungsi untuk  memperbaiki  kompetensi,  adaptabilitas  dan  komitmen  para  tenaga pendidik   dan   kependidikan.   Dengan   cara   demikian,sekolah   memiliki kekuatan   bukan   saja   sekedar   bertahan (survival),melainkan   tumbuh (growth),produktif (productive),dan  kompetitif (competitive).Dan  dalam proses   demikian,   dukungan   SDM   yang   kuat   melahirkan   sekolah   yang Manajemen  Sumber  Daya  Manusia  (MSDM)  adalah  segala  kegiatan yang berkaitan  dengan  pengakuan  pada  pentingnya  tenaga  pendidik  dan kependidikan  pada  sekolah  sebagai  sumber  daya  manusia  yang  vital,  yang memberikan  sumbangan  terhadap  tujuan  sekolah,  dan  memanfaatkan  fungsi dan  kegiatan  yang  menjamin  bahwa  sumber  daya  manusiadimanfaatkan secara    efektif    dan    adil    demi    kemaslahatan    individu,    sekolah,    dan masyarakat.3Dalam  pengertian  ini,  posisi  sumber  daya  manusia  tidak  bisa digantikan  oleh  faktor-faktor  lain  dilihat  dari  nilai  sumbangannya  terhadap sekolah.  Seorang  tenaga  pendidik  dan  kependidikan  dinyatakan  memiliki nilai  sumbangan  kepada  sekolah  apabila  kehadirannya  diperlukan,  memiliki nilai  tambah  terhadap  produktivitas  sekolah  dan  kegiatannya  berada  dalammata  rantai  keutuhan  sistem  sekolah  itu.  Tingkat  keberhasilan  manajemen sumber   daya   manusia   dalam   satu   sekolah   dapat   dikaji   dari   ketepatan melaksanakan fungsi-fungsi MSDM. Kemaslahatan seorang tenaga pendidik dan  kependidikan  harus  dilihat  dari  kepentingan  dan  kebermaknaan  bagi dirinya sendiri, produktivitas sekolah dan pihak-pihak yang memperoleh jasa layanan sekolah itu

Dalam masa Pandemi COVID 19 Manajemen Pengembangan SDM Guru Dan Karyawan sangat diperlukan dalam mencapai sebuah kesuksesan , Seperti yang dilakukan Penulis Pada Hari Kamis 3/3/2022 Pukul 19.30 Mengikuti Edu Time - Serial Kepsek Jaman Now

Manajemen Pengembangan SDM Guru dan Karyawan di Sekolah Secara DARING Yang diadakan Oleh KPI Dan KUANTA Melalui LINK https://zoom.us/j/94156684305?pwd=VUwwU3Zza01lYmU0cUF3QUk3MHh5dz09   Dimana Yang Menjadi NARASUMBER Adalah  Ibu  DYAH SAPTARININGTYAS. Dimana Para Kepala Sekolah Sangat Antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut

Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir sangat semangat mengikuti kegiatan tersebut Agar Penulis bisa melakukan Manajemen Pengembangan SDM  Guru Dan KARYAWAN Di Sekolah SMP PGRI 6 Surabaya , Apalagi setelah ini akan melaksanakan PPDB 2022/2023 Dengan Merubahan Manajemen Tersebut Harapanya Agar Guru Guru di SMP PGRI 6 Surabaya Bisa Semangat Untuk Antarkan GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER

Tidak Terasa Sudah Pukul 21.00 Penulis  Juga Menyempatkan Untuk Mengisi Presensi Kehadiran Di Kegiatan Tersebut Melalui LINK : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfDl8XJ6o2BUwgp2cgIWoUPgpzTHzSODlUNUiQ3O9EoSYPj7w/viewform  

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

#Dinaspendidikan SurabayaA

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar