Minggu, 12 Desember 2021

“ GURU SMP SWASTA SURABAYA UTARA BANGKIT DAN MAJU BERSAMA UNIKA WIDYA MANDALA SURABAYA “

 

































































 GURU SMP SWASTA SURABAYA UTARA

BANGKIT DAN MAJU BERSAMA

UNIKA WIDYA MANDALA SURABAYA “

        HARI KE -698

 

Kata Laboratorium   berasal  dari   bahasa   Latin   yang   berarti   “tempat bekerja”.  Dalam  perkembangannya,  kata  laboratorium  mempertahankan  arti aslinya,  yaitu  “tempat  bekerja”  khusus  untuk  keperluan  penelitian  ilmiah. Laboratorium  adalah  suatu  ruangan  atau  kamar  tempat  melakukan  kegiatan praktek atau penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat serta adanya  infrastruktur  laboratorium  yang  lengkap  (ada  fasilitas  air,  listrik,  gas dan sebagainya).Ketika  sains  dan  teknologi  berkembang  pesat  dan  menjadi  salah  satu mata   pelajaran   penting   dalam   kurikulum   di   banyak   sekolah   di   Eropa, termasuk   negeri   Belanda,   banyak   pendidik/pengajar   sains   merasa   perlu mengadakan ruang tempat siswa melakukan kegiatan  yang berkaitan dengan sains. Para pendidik itu berpandangan bahwa sains adalah suatu ilmu empiris, yaitu  ilmu  yang  didasari  atas  pengamatan  dan  eksperimentasi  (percobaan). Jadi, pengamatan dan eksperimentasi adalah bagian integral pendidikan sains. Laboratorium  yang  digunakan  untuk  kegiatan  ini  disebut  laboratorium  sains sekolah.Apakah  selama  ini  dalam  pemahaman  Anda  pengertian  laboratorium selalu   difokuskan   pada   ruangan   yang   dengan   alat-alat   praktikum   yang digunakan  oleh  para  siswa  untuk  melakukan  percobaan  seperti  yang  terlihat pada Gambar  1.1?  Sebenarnya,  pengertian  laboratorium  tidak  terbatas  pada ruangan  yang  dilengkapi  dengan  alat-alat  praktikum  seperti  yang  umum terdapat   di   sekolah-sekolah,   tetapi   lingkungan   juga   dapat   dimanfaatkan sebagai  laboratorium  seperti  dapat  Anda  lihat  pada Gambar  1.2.  Aktivitas yang    dilakukan    di    laboratorium    tidak    selalu    menggunakan    alat-alat laboratorium   yang   umumnya   tersedia,   akan   tetapi   dapat   melalui   suatu pemanfaatan alat-alat sederhanaSutara    dan    Sahromi    (1999),    mengemukakan    bahwa    pengertian laboratorium  dalam  pengajaran  dimaksudkan  sebagai  kumpulan  dari  para siswa    yang    melakukan    pengamatan    percobaan    atau    penelitian    atas pengelolaan   guru.   Laboratorium   dapat   menggunakan   ruangan   tertutup (laboratorium, rumah kaca, kelas sendiri) atau menggunakan ruangan terbukaSemangat   ingin   tahu   dari   sains   diasimilasikan   oleh   siswa   yang berpartisipasi  dalam  kegiatan  laboratorium  yang  bermakna.  Laboratorium merupakan  lingkungan  yang  vital dimana  sains dipraktekkan. Laboratorium dapat  berupa  ruang  dengan  perlengkapan  khusus,  ruangan  kelas  yang  selfcontained”,  lapangan,  atau  tempat  yang  luas,  seperti  komunitas  dimana eksperimen   sains   dilakukan   (Gambar   1.2).   Pengalaman    laboratorium terintegrasi  dengan  sifat  dari  sains   yang   harus  dilibatkan  dalam setiap program sains untuk setiap siswa. Kegiatan sains dapat meliputi pengalaman individu, kelompok kecil, dan kelompok besarKemampuan    memecahkan    masalah    dimaksudkan    dalam    konteks  penelitian laboratorium. Kegiatan laboratorium mengembangkan ragam yang luas    dari    keterampilan    investigasi,    mengorganisasi,    mencipta,    dan berkomunikasi.   Laboratorium   menyediakan   lahan   yang   optimal   untuk memotivasi siswa ketika mereka mengalami apakah sains itu.Kegiatan laboratorium dapat meningkatkan prestasi siswa dalam  aspek-aspek berikut ini.1.Keterampilan proses,  yaitu   mengamati,  mengukur, memanipulasi objek fisik.2.Keterampilan   menganalisis,   seperti   bernalar,   berpikir   deduktif,   danberpikir kritis.3.Keterampilan  berkomunikasi,  yaitu    mengorganisasikan  informasi  dan menulis laporan.4.Konseptualisasi dari fenomena ilmiah.

Dalam menciptalan LABORATORIUM Yang aman dan Nyaman bagi Peserta Didik di Tingkat SMP , Sebanyak 40 Laboran Dan 40 Tekhnisi SMP Swasta Surabaya Utara dapat belajar serta menikmati Ruangan LABORATORIUM Milik UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Surabaya di PAKUWON  Pada Hari SABTU 11/12/2021 Sebanyak 40 Laboran Dan 40 Tekhnisi SMP Swasta Surabaya Utara Langsung di ajak Praktek  Hewan dan lain sebagainya. Sebanyak 40 Laboran Dan 40 Tekhnisi SMP Swasta Surabaya Utara Sangat senang sekali. Menurut Ibu MEI RATNA SUSANTI,S.Si LABORAN SMP PGRI 6 Surabaya  menyampaikan bahwa ruangan LAB IPA Sangat Keren Serta Materinya Juga sangat Bagus bisa di aplikasikan di SMP Swasta Surabaya Utara , Sehingga anak – anak Peserta didik bisa nyaman dan aman dalam melaksanakan Pembelajaran LAB

Sebanyak 40 Kepala LABORATORIUM SMP Swasta Surabaya Utara Mengikuti Materi   Di Tempat yang lain Melalui LINK ZOOM  https://us06web.zoom.us/j/86904833057?pwd=U0EwQXdJM0VsNHBBMktySTB6L0VxZz09  Mengikuti Materi tentang PEMANTAUAN DAN EVALUASI KINERJA LABORATORIUM Oleh Ibu TRI LESTARI Di SESI 2 , Sedangkan SESI Yang Ke 3 Yaitu Materi TIPS Dan TRIK Menulis KARYA TULIS ILMIAH Yang di sampaikan Bapak ARDI WINA SAPUTRA , M.Pd. Alhamdulilah Walaupun DARING Ke 40 Peserta Sangat ANTUSIAS Dalam Mengikuti kegiatan tersebut , Apalagi Materi Yang di sampaikan Bapak ARDI WINA SAPUTRA , M.Pd. Sangat membuat Peserta ANTUSIAS Dalam membuat KARYA

Dalam kesempatan yang baik ini Penulis yang Juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan Yang Terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Menghaturkan banyak terimakasih Kepada UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA Yang sudah berbagi ilmunya , Dalam kesempatan ini Penulis berharap agar KARYA Tulis dari Kepala LABORATORIUM Tersebut bisa di Bukukan jadi SATU Dan Bisa Di ISBN Kan Sehingga ada sebuah KARYA Kenangan dari Guru SMP Swasta Surabaya Utara yang dimana KARYA Itu nanti harapannya bisa di Berikan Kepada PEMKOT Surabaya .

# Tantangan GuruSiana

#Guruhebat

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar