“ PEMBELAJARAN HOME VISIT PAUD AZZURA
SEKOLAH
NYA KEPONAKAN TERCINTA “
HARI KE
-672
Dengan adanya
pandemi penyebaran virus
Covid-19 padaawal tahun 2020 memberikan
pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan.Salahsatu dampak yang terkena
dari imbas wabah
covid 19 ini
adalah sektor pendidikan. Virus Covid-19 ini
membuat proses belajar
mengajar yang semula
dilakukan dengan cara normal
atau tatap muka
berubah
menjadi menjadi pembelajaran
jarak jauh,dengan tujuan
siswa tidak tersebar
penyakit atau virus
covid 19 apabila belajar dilakukan disekolah.Dengan situasi
ini guru tidak
boleh menyerah dan
harus berpikir menemukan solusi bagaimana caranya
masih bisa melakukan
kegiatan belajar
mengajar ini tetap
terlaksana walapun terjadipandemi demi
memastikan seluruh
peserta didik dapat
memperoleh informasi/ilmu pengetahuan
serta berpartisipasi dalam kegiatan proses belajar
mengajarbahwasanya sekolah dilakukan denganmemilih pembelajaran
secaradaring, luring, home visitataupunkombinasi ketiganya.Hal ini
dilihat berdasarkan hasil
pengamatan dan observasi
yang dilakukan oleh pihak
sekolah dan orang
tua untuk membuat
kesepakatan bagaimanaproses belajar mengajar ini dilakukan selama
pandemi.Dari gambaran diatas dapat diperoleh
kesimpulan bahwa dunia
pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan sistem pendidikan akibat adanya
pandemi Covid-19. Pandemi
ini menyebabkan pembelajaran
harus dilaksanakan dengan mengantisipasi adanya
penularan wabah ini
melalui protokol kesehatan.
Berubahnya pelaksanaan pembelajaran,baik itu pembelajaran daring, luring, dan
campuran telah banyak dilakukan di sekolah-sekolah.Menurut Bilfaqih
& Qomarudin (2015,
hlm. 1) “Pembelajaran
online adalah rencana untuk
menyelenggarakan kursus pembelajaran online
untuk mencakup kelompok sasaran yang besar dan luas. Thorme dalam
Kuntarto (2017, Penerapan Metode Daring,
Luring Dan Home VisitDi Kelas V UPT SPF SDN
106828 Sumberjo DiMasa Pandemi Covid-19Fadhlin Ade CandraProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah DasarUniversitas HKBP
Nommensen Pematangsiantarhlm. 102) juga
menjelaskan bahwa “pembelajaran
online adalah pembelajaran menggunakan teknologi
multimedia, ruang kelas
virtual, CD ROM,
video streaming,
pesan suara, email
dan panggilan konferensi,
teks online animasi
dan streaming video online”. Menurut Ghirardini
dalam Kartika (2018,
halaman 27), “Metode pembelajaran yang efektif
disediakan secara online,
seperti praktik berdasarkan umpan balik
yang relevan, menggabungkan kegiatan kolaboratif
dengan pembelajaran
mandiri, pembelajaran yang
dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan siswa, dan penggunaan
simulasi dan permainan”.Berdasarkan
Permendikbud No. 109/2013,pendidikan jarak jauh
adalah proses
belajar mengajar dari
jarak jauh
melalui penggunaan berbagai
media komunikasi.
Dengan kemajuan bidang
digital, teknologi informasi
dan komunikasi
telah membawa perubahan
dan kemajuan di
berbagai bidang khususnya bidang
pendidikan. TIK memegang peranan yang sangat penting dalam bidangpendidikan dan dapat
mempermudah proses pembelajaran guru dan siswa. Selain itu
penggunaan pembelajaran online
dapat diakses kapan
saja dan dimana saja, sehingga tidak
ada batasan waktu penggunaan bahan ajar.Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, kata luring merupakanakronim dari “luar jaringan”, yang
artinya terputus dari jaringan komputer (offline).Malyana (2020:71)mengemukakan bahwapembelajaran luring
dapat dilakukan
dengan belajar melalui
buku maupun pertemuan
langsung. Melalui pembelajaran luring ini siswa
dapatmengumpulkan
tugas-tugas
berupa PR ataupun LKPD serta
tugas lainnya.Home visitadalah kunjungan
kerumah
peserta didik yang
dilakukan untuk
membantu menyelesaikan permasalahan
peserta didik, dimana
kunjungan ini
dilakukan dalam rangka
mencari
tahu lebih lanjut
informasi tentang peserta didik(Suhendro, 2020:137).Salah satu
cara untuk terus
memantau semua aspekengunjungi rumah siswa.Pelaksanaan home visitdapat menjadi proses
pembelajaran dimasa pandemiuntuk memantau
perkembangan anak di
rumah, sehingga dapat mewujudkan aktivitas anak dan peran
bimbingan orang tua saat belajar di rumah. Aktivitas anak dalam belajar mandiri
dapat diawasi melalui pemberian tugas dan kegiatan kunjungan rumah/home
visit.Kegiatan home visitdilakukan sebagai
sarana perbantuan pembelajaran
yang tidak boleh
dilakukan di sekolah. Home
visitdapat dijadikan sebagai
alternatif pembelajaran di masa pandemi Covid-19 Menurut Rachman
(2020:483),tempat yang dijadikan lingkungan belajar pada umumnya
adalah ruang kelas yang
didesain dengan baik
agar kegiatan belajar mengajar
berjalan dengan optimal.
Namun pada masa
pandemi, pembelajaran dikelas tidak dapat dilakukan seperti biasanya dan
harusdilakukan dari rumah. Adapunsebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan
pembelajaran dirumah guru melakukan
metode pembelajaran home visitdengan
cara melakukan kunjungan kerumah kelompok siswa
seminggu sekali secara
bergantianpada setiap kelompok belajar.
Kegiatan home visitdilakukan guru
sebagai usaha agar pembelajaran tetap
dapat berjalan dan
berlangsung dengan keterbatasan
aktivitas belajar disekolahagar guru selaludapat pengembangan potensi,
minat,dan bakat peserta didikdimanapun dia berada walapun berada
dirumah.Adapun yang menjadi
dasar pertimbangan pembelajaran
daring yaitu bahwasanya jika
ingin menerapkan pembelajaran
daring ini kita
harus melihat aspek teknologi
seperti android, jaringan, pulsa/ paket internet.Berdasarkan hasil pengamatan diambil
kesimpulan hampir semua
orang tua dan
siswa hampir 70%tidak mempunyai kelengkapan pembelajaran
daring.Oleh sebab itu,pihak sekolah dan
orang tua membuat
keputusan melakukan pembelajaran
kombinasi selama pandemi tersebut
yaitu orangtua siswa yang mempunyai android dibuatkan grup
Pada Hari Rabu
17/11/2021 SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang
terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan
Semampir kedatangan Anak – Anak PAUD AZZURA Yaitu Sekolahannya Keponakan Yaitu CHYNTIA PRAJNA WULANDARI ,
Dalam kesempatan ini oleh Penulis di tempatkan di Ruang Perpustakaan
Adapun Teman – Teman Keponakan
Tersebut datang ke SMP PGRI 6 Surabaya
yaitu Pembelajaran HOME VISIT .
Alhamdulilah Keponakan CHYNTIA PRAJNA
WULANDARI Sangat senang ketika Banyak teman – temannya bermain dan belajar di
SMP PGRI 6 Surabaya, Apalagi orang tua / wali murid senang karena halamannya
juga luas Jadi mereka senang bermain .
Sebelum Pulang Keponakan
Tercinta CHYNTIA PRAJNA WULANDARI Membagaikan COKLAT ROLLS Dan SUSU Kepada
Teman – Teman Beliau , Semoga PAUD AZZURA Menjadi PAUD Hebat yang bisa antarkan
GENERASI EMAS UNGGUL Dan Generasi QUR’ANI. Serta Semoga Keponakan Serta Teman –
Teman Teman Sehat Semua .
Tantangan Guru
Siana
# dispendik
Surabaya
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar