Rabu, 17 November 2021

“ PEMBELAJARAN HOME VISIT PAUD AZZURA SEKOLAH NYA KEPONAKAN TERCINTA “

 






“ PEMBELAJARAN HOME VISIT PAUD  AZZURA

SEKOLAH NYA KEPONAKAN TERCINTA “

HARI KE -672

Dengan  adanya  pandemi  penyebaran    virus  Covid-19  padaawal  tahun  2020 memberikan pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan.Salahsatu dampak yang  terkena  dari  imbas  wabah  covid  19  ini  adalah  sektor  pendidikan. Virus Covid-19  ini  membuat  proses  belajar  mengajar  yang  semula  dilakukan  dengan cara  normal  atau  tatap  muka  berubah  menjadi  menjadi  pembelajaran  jarak  jauh,dengan  tujuan  siswa  tidak  tersebar  penyakit  atau  virus  covid  19 apabila  belajar dilakukan disekolah.Dengan  situasi  ini  guru  tidak  boleh  menyerah  dan  harus berpikir menemukan  solusi bagaimana  caranya  masih  bisa  melakukan  kegiatan belajar  mengajar  ini  tetap  terlaksana  walapun terjadipandemi  demi    memastikan seluruh   peserta   didik   dapat   memperoleh   informasi/ilmu   pengetahuan   serta berpartisipasi dalam kegiatan proses belajar mengajarbahwasanya  sekolah  dilakukan denganmemilih pembelajaran secaradaring, luring, home visitataupunkombinasi ketiganya.Hal  ini  dilihat  berdasarkan  hasil  pengamatan  dan  observasi  yang dilakukan   oleh   pihak   sekolah   dan   orang   tua   untuk   membuat   kesepakatan bagaimanaproses belajar mengajar ini dilakukan selama pandemi.Dari   gambaran   diatas dapat   diperoleh   kesimpulan bahwa   dunia pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan sistem pendidikan akibat adanya pandemi  Covid-19.  Pandemi  ini  menyebabkan  pembelajaran  harus  dilaksanakan dengan  mengantisipasi  adanya  penularan  wabah  ini  melalui protokol  kesehatan. Berubahnya pelaksanaan pembelajaran,baik itu pembelajaran daring, luring, dan campuran telah banyak dilakukan di sekolah-sekolah.Menurut  Bilfaqih  &  Qomarudin  (2015,  hlm.  1)  “Pembelajaran  online adalah   rencana   untuk   menyelenggarakan   kursus   pembelajaran   online   untuk mencakup kelompok sasaran yang besar dan luas. Thorme dalam Kuntarto (2017, Penerapan Metode Daring, Luring Dan Home VisitDi Kelas V UPT SPF SDN 106828 Sumberjo DiMasa Pandemi Covid-19Fadhlin Ade CandraProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah DasarUniversitas HKBP Nommensen Pematangsiantarhlm.  102) juga  menjelaskan  bahwa  “pembelajaran  online  adalah  pembelajaran menggunakan   teknologi   multimedia,   ruang   kelas   virtual,   CD   ROM,   video streaming,  pesan  suara,  email  dan  panggilan  konferensi,  teks  online  animasi  dan streaming video online”. Menurut  Ghirardini  dalam  Kartika  (2018,  halaman  27),  “Metode pembelajaran  yang  efektif  disediakan  secara  online,  seperti  praktik  berdasarkan umpan   balik   yang   relevan,   menggabungkan   kegiatan   kolaboratif   dengan pembelajaran  mandiri,  pembelajaran  yang  dipersonalisasi  berdasarkan  kebutuhan siswa, dan penggunaan simulasi dan permainan”.Berdasarkan  Permendikbud  No.  109/2013,pendidikan jarak  jauh  adalah proses  belajar  mengajar  dari  jarak jauh  melalui  penggunaan  berbagai  media komunikasi.    Dengan    kemajuan    bidang    digital,    teknologi    informasi    dan komunikasi   telah   membawa   perubahan   dan   kemajuan   di   berbagai   bidang khususnya bidang pendidikan. TIK memegang peranan yang sangat penting dalam bidangpendidikan dan dapat mempermudah proses pembelajaran guru dan siswa. Selain  itu  penggunaan  pembelajaran  online  dapat  diakses  kapan  saja  dan  dimana saja, sehingga tidak ada batasan waktu penggunaan bahan ajar.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata luring merupakanakronim dari “luar jaringan”, yang artinya terputus dari jaringan komputer (offline).Malyana (2020:71)mengemukakan  bahwapembelajaran  luring  dapat dilakukan  dengan  belajar  melalui  buku  maupun  pertemuan  langsung.  Melalui pembelajaran luring ini   siswa   dapatmengumpulkan   tugas-tugas   berupa PR ataupun LKPD serta tugas lainnya.Home  visitadalah  kunjungan  kerumah  peserta  didik  yang  dilakukan untuk  membantu  menyelesaikan  permasalahan  peserta  didik,  dimana  kunjungan ini  dilakukan  dalam  rangka  mencari  tahu  lebih  lanjut  informasi  tentang  peserta didik(Suhendro,  2020:137).Salah  satu  cara  untuk  terus  memantau  semua  aspekengunjungi rumah siswa.Pelaksanaan home   visitdapat menjadi   proses   pembelajaran   dimasa pandemiuntuk   memantau   perkembangan   anak   di   rumah,   sehingga   dapat mewujudkan aktivitas anak dan peran bimbingan orang tua saat belajar di rumah. Aktivitas anak dalam belajar mandiri dapat diawasi melalui pemberian tugas dan kegiatan kunjungan rumah/home visit.Kegiatan home  visitdilakukan  sebagai  sarana perbantuan  pembelajaran yang  tidak  boleh  dilakukan  di  sekolah. Home  visitdapat  dijadikan sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi Covid-19 Menurut Rachman (2020:483),tempat yang dijadikan lingkungan belajar pada  umumnya  adalah  ruang  kelas  yang  didesain  dengan  baik  agar  kegiatan belajar   mengajar   berjalan   dengan   optimal.   Namun   pada   masa   pandemi, pembelajaran dikelas tidak dapat dilakukan seperti biasanya dan harusdilakukan dari rumah. Adapunsebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran dirumah  guru  melakukan  metode  pembelajaran home  visitdengan  cara  melakukan kunjungan  kerumah kelompok  siswa  seminggu  sekali  secara  bergantianpada setiap  kelompok  belajar.  Kegiatan home  visitdilakukan guru sebagai usaha  agar pembelajaran  tetap  dapat  berjalan  dan  berlangsung  dengan  keterbatasan  aktivitas belajar disekolahagar guru selaludapat pengembangan potensi, minat,dan bakat peserta didikdimanapun dia berada walapun berada dirumah.Adapun  yang  menjadi  dasar  pertimbangan  pembelajaran  daring  yaitu bahwasanya  jika  ingin  menerapkan  pembelajaran  daring  ini  kita  harus  melihat aspek teknologi seperti android, jaringan, pulsa/ paket internet.Berdasarkan hasil pengamatan  diambil  kesimpulan  hampir  semua  orang  tua  dan  siswa  hampir  70%tidak mempunyai kelengkapan pembelajaran daring.Oleh sebab itu,pihak sekolah dan  orang  tua  membuat  keputusan    melakukan  pembelajaran  kombinasi  selama pandemi tersebut yaitu orangtua siswa yang mempunyai android dibuatkan grup

Pada Hari Rabu 17/11/2021 SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir kedatangan  Anak – Anak PAUD  AZZURA Yaitu Sekolahannya  Keponakan Yaitu CHYNTIA PRAJNA WULANDARI , Dalam kesempatan ini oleh Penulis di tempatkan di Ruang Perpustakaan

Adapun Teman – Teman Keponakan Tersebut datang  ke SMP PGRI 6 Surabaya yaitu  Pembelajaran HOME VISIT . Alhamdulilah Keponakan  CHYNTIA PRAJNA WULANDARI Sangat senang ketika Banyak teman – temannya bermain dan belajar di SMP PGRI 6 Surabaya, Apalagi orang tua / wali murid senang karena halamannya juga luas Jadi mereka senang bermain .

Sebelum Pulang Keponakan Tercinta CHYNTIA PRAJNA WULANDARI Membagaikan COKLAT ROLLS Dan SUSU Kepada Teman – Teman Beliau , Semoga PAUD AZZURA Menjadi PAUD Hebat yang bisa antarkan GENERASI EMAS UNGGUL Dan Generasi QUR’ANI. Serta Semoga Keponakan Serta Teman – Teman Teman Sehat Semua .

Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar