“
ISI RAMADHAN 1442 H/ 2021 MAHASISWA UNUSA
AJAK SISWA SMP PGRI 6 DAN SDS AL-IKHLAS
membuat Keterampilan kolase lafadz Allah
dan Muhammad
Hari Ke - 463
Kaligrafi, dari bahasa Yunani; καλλι "keindahan"
+ γραφος "menulis" ) Bahasa Jepang Nihongo 日本語) adalah seni menulis
dengan indah dengan pena sebagai
hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan
konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat
lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa
kini. Meskipun kaligrafi dalam tulisan arab lebih
dikenal, tetapi banyak pula penerapan aplikasi ke dalam tulisan latin. Di dalam seni rupa Islam, tulisan arab seringkali dibuat kaligrafi.
Biasanya isinya disadur ayat-ayat Al-Quran. Bentuknya bermacam-macam, tidak
selalu pena di atas kertas, tetapi seringkali juga ditatahkan di atas logam
atau kulit. Salah satu bentuk penerapan kaligrafi Islam sebagai seni hias
adalah di Istana Al Hamra, Spanyol melipat
kertas menjadi bentuk burung, bunga, atau serangga. Kegiatan melipat kertas
tersebut dikenal sebagai kerajinan origami.
Kesenian origami bisa melatih kemampuan kreatifitas kamu karena
bentuknya yang bermacam-macam. Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI), origami seni melipat kertas dari Jepang. Origami berasal dari bahasa Jepang
"ori" yang memiliki arti lipatan dan "kami" yang berati
kertas. Dikutip dari buku buku Seni Origami (2008) karya Hira Karmachela,
origami adalah seni melipat kertas atau sesuatu (menampilkan bentuk dari
burung, serangga, dan bunga) yang dihasilkan dari melipat kertas. Bahan yang digunakan pada seni origami adalah kertas
dengan warna yang berbeda-beda. Di mana seni origami sudah ada cukup lama dan
berkembang hingga sekarang. Dilansir
dari buku The World Of Origami (1965) karya Isao Honda, sejarah origami
diperkirakan bermula ketika manusia mulai memproduksi kertas. Produksi kertas
terjadi pada abad pertama sekitar tahun 105 Masehi di Tiongkok (China) oleh
Ts’ai Lun. Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas dibawa ke Spanyol oleh orang
Arab dan juga ke Jepang pada tahun 610 Masehi oleh seorang biksu Budha bernama
Doncho (Dokyo) dari Goguryeo (semenanjung Korea). Dia memperkenalkan kertas dan
tinta pada masyarakat Jepang di masa pemerintahan Kaisar wanita Suiko. Origami
menjadi populer di kalangan orang Jepang sejak saat itu dan turun-temurun.
Origami menjadi salah satu kebudayaan yang diakui orang Jepang dalam agama
kepercayaan Shinto. Origami dari masa ke masa
menjadi begitu identik dengan budaya Jepang dan diwariskan secara
turun-temurun. Origami menggunakan kertas asli Jepang yang disebut washi dan
menjadi bagian penting pada upacara adat keagamaan Shinto yang tetap
dipertahankan hingga sekarang. Kertas washi memiliki serat yang lebih panjang,
tahan lama, tidak mudah lusuh dan robek. Washi juga digunakan sebagai bahan
dasar pembuatan uang kertas Di Jepang, karena tidak mudah lusuh dan robek.
gambar kaligrafi allah yang indah, kaligrafi allah 3d, kaligrafi
muhammad, mewarnai kaligrafi allah, hasil mewarnai kaligrafi allah, gambar
lafadz allah yang indah, kaligrafi allah dan muhammad 3d, gambar kaligrafi
allah berwarna, Kolase Gambar Allah Dan
Muhammad, Kumpulan Gambar Kaligrafi Allah dan Muhammad Allah SWT adalah tuhan
yang maha esa pencipta alam semesta dan tuhan yang kita sembah sedangkan Nabi
Muhammad SAW adalah rasulullah dan utusan ALLAH SWT yang wajib kita cintai dan
ikuti jalannya asma dan nama Allah SWT serta Nabi Muhammad SAW sendiri sangat
umum dan populer serta sering kita jumpai di dinding dinding rumah
Di Bulan Ramadhan 1442 H / 2021 M SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS
AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan
Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Pada hari Rabu 21/3/2021 Bertepatan Puasa
Ramadhan Yang Ke-9 Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya mendapatkan kegiatan dari Mahasiswa Guru Belajar Dari UNUSA ( UNIVERSITAS NU
Surabaya ) Sebanyak 3 Mahasiswa dan Mahasisw Yaitu : 1. Sitta Maftuha Maftuha (Pendidikan Bahasa
Inggris) 2. Djoemi Sartika Ningroem (Pendidikan guruan Sekolah Dasar) , 3.
Hesti Pradita ( pendidikan guru sekolah dasar. Dimana ketiga Mahasiswa
Tersebut yaitu membuat Keterampilan
kolase lafadz Allah dan Muhammad , Dimana seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6
Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya dari rumah sudah membawa GUNTING , LEM ,
Buku GAMBAR , Seluruh siswa kumpul di Teras Sekolah dimana masing – masing
kelompok terdiri dari 4-6 Siswa , dimana Sebanyak 3 Mahasiswa dan Mahasisw Yaitu : 1. Sitta Maftuha Maftuha (Pendidikan Bahasa
Inggris) 2. Djoemi Sartika Ningroem (Pendidikan guruan Sekolah Dasar) , 3.
Hesti Pradita ( pendidikan guru sekolah dasar sangat sabar antusias membagikan
ilmu nya kepada Siswa / siswi SMP PGRI 6
Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya , Dimana Masing – masing kelompok tersebut
di damping oleh Mahasiswa dari UNUSA Tersebut , Serta dimana Siswa / Siswi SMP
PGRI 6 Surabaya Dan SDS AL-IKHLAS Sangat telaten dalam membuat keterampilan
tersebut.
Alhamdulilah Kegiatan Keterampilan yang berjalan hampir 2 Jam
tersebut mampu di selesaikan oleh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS
AL-IKHLAS Surabaya dengan sangat Senang. Dalam Kesempatan tersebut Penulis yang
Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Dan Alumni Jurusan PLS UNESA Kelahiran APRIL
1984 Sangat bangga terhadap MAHASISWA UNUSA Yang telah berbagi ilmu membuat
Keterampilan membuat kolase lafadz Allah dan Muhammad
Apalagi di masa Ramadhan Ini Di Isi dengan Kegiatan Yang sangat Positif yaitu
membuat Keterampilan kolase lafadz Allah dan Muhammad seperti yang dilakukan
siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya di damping
Mahasiswa UNUSA Tersebut Semoga dengan Hadirnya MAHASISWA UNUSA Tersebut
membuat semangat Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Dalam
mengenyam pendidikan Khususnya Di masa PANDEMI Dengan tetap terus Berprestasi
dan berkarya.
#Tantangan
Guru Siana
#
dispendik Surabaya
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar