“
Ajak Guru – Guru Berpikir Komputasi Untuk Bersinergi Maju Bersama “
Hari
Ke - 204
Berpikir
kritis dapat muncul kapan pun dalam peroses penilaian, keputusan, atau
penyelesaian masalah secara umum. Kapan pun seseorang berusaha untuk mengetahui
apa yang perlu dipercaya, apa yang perlu diketahui alasannya. Proses
pengolahannya melalui usaha dan reflektif seperti membaca, menulis, berbicara
dan mendengar. Semua dapat dilakukan secara kritis. Berpikir kritis sangat
penting agar dapat menggunakan potensi pikiran secara optimal sehingga menjadi
pembaca yang cermat dan penulis kreatif.Tuntutan yang lebih inovatif dalam
proses pembelajaran dan harapan agar pengembangan berpikir tajam dalam
kaitannya dengan ini dilakukan oleh Pitalokasari (2012) yang menyoroti proses
pembelajaran kaitannya dengan kualitas lulusan perguruan tinggi. Menurutnya,
jika dosen masih menggunakan metode mengajar konvensional, kurikulum sebagus
apa pun tidak bisa membentuk lulusan yang berkualitas.Untuk meningkatkan
kemampuan berfikir kritis siswa guru harus menggunakan metode pembelajaran yang
metode pembelajarannya lebih menekankan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran, hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir siswa
melalui analisis. Seperti metode cooperative learnig tipe jigsaw, Group
Investigasion dan lain- lain. Ini diharapkan bisa menghadirkan nuansa baru yang
lebih menarik dan berkesan, sehingga pembelajaran bisa dirasakan lebih
menyenangkan dan tidak membosankan. Pembelajaran lansung dirancang secara
khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural
deklaratif yaitu pengetahuan tentang sesuatu yang diajarkan selangkah demi
selangkah.
Dalam
Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Oleh Guru Mulai Hari Rabu 5/8/2020 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara
Bekerja sama dengan DEPARTEMEN ITS
Mengadakan WORKHSOP Tentang Pembelajaran Berpikir Komputasional (Computational Thinking) , Dalam
kesempatan Tersebut yang menjadi Host pada Acara Workhsop adalah, Bapak Muhammad Luthfi Shahab, S.Si, M.Si , Dalam
Kesempatan tersebut yang menjadi Ketua Panitia Kegiatan WORKHSOP Pembelajaran
Berpikir Komputasional (Computational Thinking) Adalah Dr. Darmaji, S.Si, MT ,
Selanjutnya Sambutan Dari Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Yang Sekaligus
Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak H. BANU ATMOKO , S.Pd dalam sambutannya Bapak
H. BANU ATMOKO , S.Pd menyampaikan Ucapan Terimakasih Kepada Ibu MAMIK SUPARMI
, S.Pd , M.Pd yang berkenan hadir dalam Acara Tersebut , Ucapan Terimakasih
Kepada DEPARTEMEN Matematika ITS Yang Sudah Bekerjasama Dengan MKKS SMP Swasta
Surabaya Utara Dalam meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran
Berpikir Komputasional (Computational Thinking) Yang Terakhir Ketua MKKS SMP
Swasta Surabaya Utara Alumni Jurusan PLS UNESA Kelahiran APRIL 1984 Bahwasannya
Guru – Guru SMP Swasta Utara Harus mampu membuat Produk yaitu Sebuah Modul
Pembelajaran Tentang Berpikir Komputasional , Selanjutnya Sambutan Dari Kepala DEPARTEMEN Matematika ITS Bapak Subchan, Ph.D, Dalam sambutannya Bapak SUBCHAN , Ph.d
menyampaikan Terimakasih Kepada Teman – Teman MKKS SMP Swasta Surabaya
Utara Yang Sudah bekerjasama dengan
DEPARTEMEN MATEMATIKA ITS Tersebut, Di samping itu Bapak SUBCHAN , Ph.d meminta
agar Bapak / Ibu Guru yang mengikuti kegiatan tersebut Dapat Aktif serta Dapat
mengikuti dengan baik Sehingga dapat Menghasilkan Produk bagi Sekolah Swasta
Khususnya Di Wilayah Utara. Dimana Kegiatan WORKHSOP Ini di adakan Tanggal 5 AGUSTUS , 8 AGUSTUS , 12 AGUSTUS ,
15 AGUSTUS . Kesempatan yang memberikan
Materi Hari Ini adalah Drs. Bandung
Arry S., MI.Komp , Serta Drs. Nurul Hidayat, M.Kom.
Alhamdilah Di Akhir Acara Para Guru – Guru Peserta WORKHSOP Tersebut Mengisi
LINK Absensi https://forms.gle/2yPiAFoNqpJH5fXu6 dimana LINK Absensi
Tersebut Akan Untuk Mengisi PULSA Bagi Peserta Yang Ikut Acara Tersebut.
Menurut Ibu CICIK MURSYIDAH , S.Pd beliau Alhamdulilah Senang Bisa Mendapatkan
Pulsa Tersebut Semoga Bermanfaat Dan Berkah Barokah Selamanya.
#Tantangan
Guru Siana
#
dispendik Surabaya
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar