“ WEBINAR BERSAMA KPI
Manajemen Pengembangan SDM Guru dan Karyawan
di Sekolah (Rekrutmen SDM) Untuk CETAK
GENERASI EMAS UNGGUL DAN KARAKTER”
HARI KE - 71
Guru
dan karyawan merupakan salah satu komponen sumber daya manusia pendidikan yang
harus dikelola dan dikembangkan terus-menerus secara kontinyu dan
berkelanjutan. Pengembangan guru dan karyawan di lembaga pendidikan dapat
dilakukan melalui on the job, demonstrasi and example, dan classroom methods.
Selain itu, pengembangan profesi guru juga dapat dilaksanakan melalui
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), yang meliputi: pengembangan diri,
publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Melalui pengembangan ini, potensi sumber
daya guru dan karyawan dapat dibina dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan
keterampilan dan kualitas kinerjanya dalam mengajar sehingga profesionalisme
guru dapat terwujud. Guru yang profesional sesungguhnya adalah guru yang di dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya bersifat otonom, menguasai kompetensi
secara komprehensif dan daya intelektual tinggi. Guru yang profesional akan
mampu untuk melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Pembelajaran yang
bermutu diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman
peserta didik. Dalam era pembangunan
saat ini, terutama
jika dihadapkan pada situasi
kehidupan yang semakin
mengglobal dan kompetitif, amat membutuhkan
sumber daya manusia
Indonesia yang berkualitas tinggi. Tanpa
memiliki kemampuan Sumber
Daya Manusia (SDM) yang tinggi dan mampu bersaing dengan
bangsa-bangsa lain di dunia, hanya
akan membawa pada
posisi yang tidak
atau kurang dapat memanfaatkan situasi
yang ada, terutama
guna mencapai perbaikan hidup. Untuk
itu berbagai pihak
sepakat bahwa dunia
pendidikan memegang peran utama dalam menyiapkan dan menghasilkan sumber
daya manusia yang tinggi tersebut. Manajemen
sumber daya manusia
ditujukan kepada peningkatan
konstribusi yang dapat diberikan oleh para pekerja dalam organisasi ke
arah pencapaian tujuan
organisasi. Dibentuknya satuan organisasi yang
mengelola sumber daya manusia
dimaksudkan bukan sebagai tujuan,
akan tetapi sebagai alat untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan
produktivitas kerja organisasi
sebagai keseluruhan (Siagian,
1996). Sumber daya manusia dipandang semakin
besar peranannya bagi kesuksesan
suatu organisasi. Banyak
organisasi kini menyadari bahwa unsur “manusia” dalam
organisasi dapat memberikan keunggulan bersaing (Mathis dan Jackson, 2001).
Kedudukan sumber daya manusia pendidikan sangat penting dibandingkan dengan
sumber daya lainnya dalam sebuah lembaga pendidikan.
207Guru dan
karyawan merupakan salah
satu komponen sumber daya
manusia pendidikan yang
harus dikelola dan
dikembangkan terus-menerus. Hal ini
dikarenakan tidak semua
guru yang berada
di lembaga pendidikan terlatih dengan
baik dan memiliki
kualifikasi yang baik. Potensi
sumber daya guru
dan karyawan itu
perlu terus-menerus bertumbuh
dan berkembang agar
dapat melaksanakan fungisnya
secara profesional.Mengingat berat dan
kompleksnya membangun pendidikan, maka sangat
penting untuk melakukan
upaya-upaya untuk mengembangkan
guru dan karyawan agar semakin profesional. Dalam kode etik guru dikatakan
bahwa guru adalah seorang pendidik, jadi dia bukan sekedar
sebagai pengajar. Sebagai
seorangpendidik, maka
keberadaan guru bukan
hanya sekedar berkewajiban
menyampaikan skill dan nilai. Untuk
bisa memiliki skill
guru harus memerlukan latihan, pembiasaan
dan pendidikan yang
cukup. Itulah sebabnya, upaya pengembangan
guru dan karyawan
pendidikan memiliki peran yang
cukup baik dalam
meningkatkan kualitas pendidik
dan profesionalisme pendidik. Apabila tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (karyawan) berkualitas dan profesional, maka berkembang pula lembaga
pendidikannya.Permasalahan yang masih menghadang dan perlu untuk segera
diatasi dalam penyelenggaraan pendidikan
adalah masih rendahnya kualitas hasil
pendidikan di segenap
jenjang pendidikan. Berbagai penelitian cenderung memperkuat sinyalemen tersebut. Tudingan pun
diarahkan pada pendidik/guru
sebagai penyebab pencapaian
hasil pendidikan tersebut, mengingat
peran strategis guru
sebagai ujung tombak pelaksanaan
pembelajaran. Diduga
rendahnya pencapaian hasil
pendidikan dipengaruhi oleh kinerja pendidik/guru yang rendah.Persoalannya, amatjarang
guru yang mampu
memotivasi dan mendorong kemampuan
internal untuk mengembangkan diri. Sebaliknya guru
terjebak pada pola
pasif, rutinitas, kurang
kreatif, monoton, dan lain
sejenisnya. Kondisi itupun
kerap kali distimulir oleh situasi eksternal yang kurang
kondusif, yang kurang memberikan rangsangan
dan dorongan pada
guru untuk mengembangkan kemampuan dri
terkait dengan menjalankan
tugas utamanya. Bahkan unsur eksternal
menjadi faktor penghambat bagi
kemunculan kreativitas pengembangan diri guru.Jika disimak,
tudingan terhadap guru
tidak keseluruhannya benar. Guru
bukan merupakan pihak yang mendominasi pembelajaran di sekolah, melainkan perlu
ditunjang oleh pihak lainnya, di antaranya adalah kepala
sekolah dan pengawas.
Peran dan fungsi
utama darikedua pihak
adalah memberikan bantuan
dan bimbingan terhadap guru, terutama
terkait dengan pengembangan sumber
daya guru terutama yang
berhubungan dengan peningkatan
kompetensi dan profesionalisme
guru. Apabila pengembangan sumber daya guru dapat dilaksanakan secara terencana
dan berkesinambungan diharapkan tujuan pendidikan di sekolah
dapat tercapai.Berdasarkan dasar pemikiran tersebut, penulis
akan memaparkan
bagaimanapengembangan
sumber daya guru
dan karyawan dalam organisasi pendidikan
Manajemen
Pengembangan SDM Guru dan Karyawan di Sekolah (Rekrutmen SDM) Sangat di
perlukan apalagi di saat jaman Now seperti saat ini , Makanya untuk membekali
diri sebagai Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan
yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan
Semampir Pada Hari Kamis 10/3/2022
Mengikuti KegiatanEdu Time - Serial Kepsek Jaman Now Manajemen Pengembangan SDM Guru dan Karyawan
di Sekolah (Rekrutmen SDM) Langsung KLIK
link berikut https://zoom.us/j/97249733675?pwd=UjhsNkR4RjFIVkJoRXBoQTRidllsZz09
Meeting ID: 972 4973 3675 Passcode: edutime10 yang dimulai Pukul 19.30
Tersebut sampai Pukul 21.00 Dalam kesempatan tersebut yang memberikan Materi
adalahCoach Yuni Istikhah Chief Production and Training Officer
Penulis
dalam kesempatan ini sangat antusias dalam mengikuti WEBINAR Tersebut , Mengingat
Manajemen Pengembangan SDM Guru dan Karyawan di Sekolah (Rekrutmen SDM) Sangat
di perlukan di Sekolah Dalam Mencetak GENERASI EMAS UNGGUL Dan BERKARAKTER
Sehingga Dari GURU HEBAT TUMBUHLAH SISWA Yang Hebat Yang Bisa Mengharumkan Nama
Sekolah Dan Orang Tua Kata Penulis.
Dalam
Kesempatan yang baik ini Penulis juga nenyempatkan mengisi Link absensi ini Daftar
Hadir:
https://bit.ly/presensikepsekjamannow
#
Tantangan GuruSiana
#Guruhebat
#Dinaspendidikan
SurabayaA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar