“ AJAK SISWA SMP PGRI 6 SURABAYA
KEMBANGKAN BAKAT MINAT DAN KREATIVITAS
MELALUI LOMBA ADZAN DAN SHOLAWAT NABI “
Hari Ke 479
Adalah
anak dengan kecerdasan diatas rata-rata (biasanya didefinisikan memiliki IQ 130
atau lebih) dan / atau punya bakat unggul di beberapa bidang seperti seni,
musik atau matematika Program untuk anak berbakat di sekolah didasarkan pada
kecerdasan dan prestasi akademik, sekarang kriteria diperluas dengan memasukkan
faktor-faktor seperti kreativitas dan komitmen. Inteligensi umum sebagaimana
didefinisikan dalam skor IQ masih tetap menjadi kriteria utama dalam menentukan
apakah anak harus ditempatkan diprogram anak berbakat atau tidak, kini banyak
pendukung pendapat bahwa kriteria tersebut juga memasukkan multiple
intelligence dari Gardner, dan dimasa depan kemungkinan kriterianya tidak lagi
mencakup IQ. Anak berbakat yg tidak merasa tertantang akan menimbulkan problem
di sekolah, tidak naik kelas, kehilangan semangat berprestasi, suka membolos,
pasif dan apatis thd sekolah.Ada Empat opsi Program anak berbakat: 1. Kelas khusus. Secara historis, ini adl
cara yg lazim unt mendidik adak berbakat. Kelas khusus selama masa sekolah
reguler dinamakan program “pull-out”. Beberapa kls khusus deselenggarakan
setelah sekolah reguler atau dimasa liburan.2. Akselerasi dan pengayaan di kelas
reguler, adalah memberi murid kesempatan unt mendapatkan pembelajaran yg tidak
didapatkan di kurikulum umum.Kesempatan pengayaan dpt disediakan di kls
reguler, melalui jam tambahan khusus, melalui guru khusus pendidikan anak
berbakat, melalui studi independen, sepulang sekolah, pada hari sabtu, melalui
pelatihan/magang, melalui program kerja/studi lain Tipe program pengayaan
antara lain mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, anak diberi
kesempatan unt memilih sendiri bidang studinya. Anak dipilih berdasar banyak
kriteria termasuk kriteria kreativitas dan komitmen. 3. Program mentor dan pelatihan. Beberapa
pakar percaya ini adl cara penting yg jarang dipakai unt memotivasi, menantang
dan mendidik anak berbakat secara efektif. 4. Kerja/studi dan /atau program pelayanan
masyarakat. KREATIVITAS memberi anak kesenangan dan kepuasan pribadi yang
sangat besar. Penghargaan yang tinggi, berpengaruh terhadap perkembangan
kepribadian anak.Walaupun kreativitas tidak sinonim dg tingkat kecerdasan
tinggi, terbukti ada hubungan positif.
Dalam
rangka meningkatkan bakat minat dan kreativitas
siswa Di Peringatan RAMADHAN 1442
H/2021 M SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya didampingi Sebanyak 4 Mahasiswa
dari UNUSA Yaitu : 1. Sitta Maftuha
Maftuha (Pendidikan Bahasa Inggris) 2. Djoemi Sartika Ningroem (Pendidikan
guruan Sekolah Dasar) , 3. Hesti Pradita ( pendidikan guru sekolah dasar 4 M.S
aqil al waviru Jurusan Bahasa Inggris
Mahasiswa KAMPUS Mengajar dari KEMDIKBUD Pada
Hari Rabu 5/5/ 2021 Mengadakan lomba ADZAN Bagi Peserta Didik Pria dan
Pembacaan SHOLAWAT Bagi Peserta didik
Perempuan yang di ikuti Peserta
didik baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “ AL-IKHLAS Surabaya. Adapun yang
bertindak menjadi JURI Dalam LOMBA ADZAN Adalah M.S aqil al waviru Jurusan Bahasa Inggris Sedangkan Sholawat
Adalah Ibu ANIS LAILY MUFIDAH ,S.Pd . Dalam kesempatan tersebut seluruh siswa
sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut baik SMP PGRI 6 Surabaya
maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya
Pada
hari Kamis 6/5/2021 Sebelum ADZAN MAGHRIB Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6
Surabaya Alumni Jurusan PLS UNESA Kelahiran APRIL Membacakan Pengumuman Lomba Tersebut Lomba
ADZAN Juara I Adalah MOCH. SUIB , Juara II RIZKI FAJAR RIANSYAH Sedangkan SHOLAWAT Juara I YULIANA LATIFAH
Juara II NUR HALISA DAN SHAMILA . Di kesempatan tersebut Yang Menyerahkan
Hadiah dari MAHASISWA UNUSA YAITU Ibu NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM Selaku
Sahabat Saudara Dan Kehormatan karena Beliaunya DIREKTUR PENDIDIKAN YAYASAN
BARUNAWATI BIRU SURABAYA . Dalam hal ini Penulis Mengucapkan Selamat kepada
anak didik di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya di masa pandemic
di kegiatan Ramadhan 1442 H / 2021 Masih mampu mengembangkan bakat minat dan
kreativitas nya melalui Lomba ADZAN Dan Pembacaan SHOLAWAT NABI. Di Kesempatan
tersebut Penulis menghaturkan banyak terimakasih kepada 4 Mahasiswa dari
UNUSA Yaitu : 1. Sitta Maftuha Maftuha
(Pendidikan Bahasa Inggris) 2. Djoemi Sartika Ningroem (Pendidikan guruan
Sekolah Dasar) , 3. Hesti Pradita ( pendidikan guru sekolah dasar 4 M.S aqil al
waviru Jurusan Bahasa Inggris Mahasiswa
KAMPUS Mengajar dari KEMDIKBUD Yang sudah membuat Ide Lomba Kegiatan RAMADHAN 1442 H/2021 M Dan beliau juga menghaturkan banyak terimakasih
sudah memberikan hadiah untuk merangsang bakat minat dan kreativitas siswa kami
SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya serta Penulis menghaturkan
banyak terimakasih kepada Ibu NOVA NURUL KUSUMAWARDANI ,S.Pd ,MM Yan sudah
berkenan menyerahkan hadiah bagi siswa kami tersebut karena semakin menambah
semangat anak didik kami untuk terus mengembangkan bakat minat dan kreativitas
mereka.
#Tantangan Guru Siana
#
dispendik Surabaya
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar