Menciptakan Kelas yang Hidup, Menyiapkan Masa Depan yang Cemerlang di SMP Swasta Surabaya Utara Tahun 2025
Hari Ke- 976
"Bersama Kita Kuat, Berbagi Kita Hebat." Slogan ini bukan sekadar kata-kata, melainkan semangat yang menjadi landasan bagi para guru SMP Swasta Surabaya Utara. Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan, dua kegiatan utama yang menjadi fokus di tahun 2025 adalah Perencanaan Pembelajaran Mendalam dan Praktik Peer Teaching. Dua pendekatan ini dirancang untuk memastikan setiap siswa tidak hanya memahami materi, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata, menciptakan kelas yang benar-benar hidup dan relevan.Perencanaan Pembelajaran Mendalam Perencanaan pembelajaran mendalam adalah sebuah pendekatan yang melampaui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang bersifat administratif. Fokus utamanya adalah pada pemahaman konseptual yang kuat dan relevan dengan konteks siswa. Berikut adalah beberapa prinsip yang diterapkan:
1) Berpusat pada Siswa: Guru merancang kegiatan yang aktif dan kolaboratif, memicu rasa ingin tahu siswa, dan memungkinkan mereka menemukan jawaban sendiri. Pembelajaran tidak lagi didominasi oleh ceramah, melainkan oleh diskusi, proyek, dan studi kasus.
2) Keterkaitan Antarmateri: Guru berusaha menghubungkan satu materi dengan materi lainnya, bahkan lintas mata pelajaran. Misalnya, konsep fisika tentang energi bisa dihubungkan dengan isu lingkungan dalam mata pelajaran Biologi atau Ekonomi. Ini membantu siswa melihat gambaran besar dan memahami bahwa ilmu pengetahuan tidak terkotak-kotak.
3) Penilaian Berbasis Pemahaman: Penilaian tidak hanya mengukur seberapa banyak siswa mengingat, tetapi juga seberapa dalam mereka memahami. Proyek, portofolio, dan presentasi menjadi bagian integral dari penilaian, memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka secara holistik.
Setelah perencanaan yang matang, implementasinya menjadi kunci. Di sinilah praktik peer teaching berperan. Kegiatan ini adalah forum di mana para guru saling berbagi metode, strategi, dan praktik terbaik yang telah mereka terapkan di kelas. Praktik ini menciptakan budaya kolaborasi dan perbaikan yang berkelanjutan. Manfaatnya termasuk:
1. Peningkatan Keterampilan Mengajar: Melalui observasi dan umpan balik konstruktif dari rekan sejawat, guru bisa mengidentifikasi kelebihan dan area yang perlu ditingkatkan dalam metode pengajarannya.
2. Berbagi Ide Kreatif: Seorang guru mungkin menemukan cara inovatif untuk menjelaskan konsep matematika yang sulit, sementara guru lain memiliki strategi yang efektif untuk mendorong partisipasi siswa yang pasif. Dengan peer teaching, ide-ide ini dapat menyebar dan diterapkan di kelas-kelas lain.
3. Membangun Jaringan Dukungan: Mengajar bisa menjadi profesi yang menantang. Dengan adanya forum ini, para guru dapat saling mendukung, berbagi tantangan, dan merayakan keberhasilan bersama. Ini memperkuat rasa kebersamaan dan semangat "Bersama Kita Kuat, Berbagi Kita Hebat."
Dalam rangka Kegiatan Perencanaan Pembelajaran Mendalam dan praktik peer teaching Bagi Guru SMP Swasta Surabaya Utara Tahun 2025 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bersama dengan UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Surabaya Pada Hari RABU 27/8/2025 Mengadakan kegiatan Kegiatan Perencanaan Pembelajaran Mendalam dan praktik peer teaching Bagi Guru SMP Swasta Surabaya Utara Tahun 2025 Yang diadakan di Hall Yayasan BARUNAWATI BIRU Surabaya JL PERAK BARAT 173 Surabaya
Dalam kesempatan ini yang menjadi Narasumber Kegiatan Perencanaan Pembelajaran Mendalam dan praktik peer teaching Bagi Guru SMP Swasta Surabaya Utara Tahun 2025 Adalah Dr V LULUK PRIYAMBODO , M.Pd Dosen Dari UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA.
Dalam Kesempatan ini Adapun Materi yang di sampaikan Dr V LULUK PRIYAMBODO Adalah Sebagai berikut :
Sesi 1: Perencanaan Pembelajaran Mendalam
Topik:
1) Pengantar Perencanaan Pembelajaran Mendalam: Mengapa kita perlu bergerak melampaui RPP yang bersifat administratif? Menjelaskan konsep pembelajaran yang berfokus pada pemahaman konseptual, bukan sekadar hafalan.
2) Prinsip Utama:
a) Berpusat pada Siswa: Merancang kegiatan yang mengundang rasa ingin tahu, mendorong eksplorasi, dan memfasilitasi penemuan mandiri.
b) Keterkaitan Antarmateri: Menghubungkan konsep dari berbagai mata pelajaran (misalnya, matematika dengan seni, atau fisika dengan lingkungan) untuk menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan saling terhubung.
c) Penilaian Autentik: Menggunakan metode penilaian yang mengukur pemahaman nyata (misalnya, proyek, debat, atau portofolio) daripada hanya ujian tertulis.
3) Latihan Praktik:
a) Analisis Silabus: Menganalisis satu unit materi dari silabus masing-masing mata pelajaran dan mengidentifikasi potensi untuk menghubungkan topik dengan mata pelajaran lain.
b) Pembuatan RPP Mini: Membuat draf RPP satu sesi yang mengintegrasikan prinsip-prinsip pembelajaran mendalam.
o
Sesi 2: Praktik Peer Teaching
Topik:
1) Konsep Peer Teaching: Memahami peer teaching bukan sebagai ajang kritik, melainkan sebagai forum kolaborasi dan peningkatan bersama
Manfaat:
a) Peningkatan Keterampilan: Mengidentifikasi kekuatan dan area perbaikan dalam metode mengajar melalui observasi rekan sejawat.
b) Berbagi Sumber Daya: Berbagi ide, strategi, dan materi pembelajaran yang telah terbukti efektif.
c) Membangun Komunitas Profesional: Menciptakan lingkungan yang saling mendukung dan memotivasi.
Penulis yang juga Kepala Sekolah INSPRASI SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah yang terletak di Jalan Bulak RUKEM III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Sekaligus Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara menyampaikan Dengan menerapkan Perencanaan Pembelajaran Mendalam dan Peer Teaching, guru-guru SMP Swasta Surabaya Utara tidak hanya mengajar, tetapi juga menjadi pembelajar seumur hidup. Mereka menciptakan lingkungan kelas yang dinamis, di mana siswa merasa termotivasi untuk belajar. Ini adalah langkah nyata menuju terwujudnya tujuan bersama: menyiapkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas yang esensial untuk masa depan yang cemerlang.
.jpeg)
.jpeg)

.jpeg)
.jpeg)

.jpeg)
.jpeg)
.jpeg)

.jpeg)
.jpeg)

.jpeg)
.jpeg)
.jpeg)

.jpeg)
.jpeg)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar