Rabu, 13 Desember 2023

Kegiatan Workshop"Effective Marketing, Branding, Sales and PR in Education Field" Bagi SMP Swasta Surabaya Utara

                               





































































      Kegiatan Workshop"Effective Marketing, Branding, Sales and PR

in Education Field" Bagi SMP Swasta Surabaya Utara

 Hari Ke -651

Brand sekolah masih ramai dibicarakan masyarakat, apalagi memasuki masa mencari sekolah untuk buah hati. Orang tua pasti akan memilih sekolah terbaik untuk anaknya. Kriteria terbaik ini dapat diartikan sebagai prestasi sekolah terbaik, keunggulan sekolah, kemandirian sekolah terbaik, dan kriteria lainnya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan minat siswa dan kesadaran masyarakat dalam memilih sekolah, maka pihak penyelenggara satuan pendidikan perlu mengelola sekolah tersebut agar memiliki standar dan juga fitur terbaik yang dapat meningkatkan citra sekolah. Citra sekolah ini adalah kata lain untuk brand sekolah. “Brand” merupakan merek, dimana merek menjadi identitas produk, dan ketika merek disebutkan dibenak konsumen, secara otomatis menunjuk ke produk yang dituju. Dalam penggunaannya, kata brand dan branding memiliki arti yang berbeda. Jika kata brand berarti merek, maka branding adalah berbagai aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh sebuah agensi untuk membangun dan mempromosikan sebuah brand atau merek. Branding adalah cara memperkenalkan suatu produk agar dikenal dan terintegrasi ke dalam benak konsumen. Suatu produk harus berangkat dari aspek pengetahuan terhadap produk, keyakinan terhadap perlengkapan dan produk yang berkarakteristik, serta konsekuensi suatu produk, agar dapat dikenal dan diminati oleh banyak konsumen. Terakhir, aspek emosional berkaitan dengan perasaan, kesadaran atauemosi konsumen terhadap produk (Wijaya, 2013). Seperti halnya bisnis, sekolah dapat disamakan dengan merek dagang. Logo seperti itu dapat menarik minat dan kesadaran orang tua, menyekolahkan anak (Jamaluddin, 2020). Branding yang baik menekankan karakter luar biasa dan keunikan sekolah. Sekolah dapat berfokus untuk menonjolkan merek tertentu yang unik dan mudah diingat, daripada mengejar semua aspek merek yang mungkin terlalu membebani. Manfaat branding sekolah antara lain: a) sebagai sarana publisitas dan juga daya tarik masyarakat, b) membangun citra, kepercayaan, jaminan mutu dan gengsi, c) meningkatkan kepercayaan masyarakat (pengendali pasar), d) meningkatkan minat dan kesadaran masyarakat, e) meningkatkan kualitas pelayanan, dan f) meningkatkan perilaku mahasiswa menjadi lebih baik. Tujuan dari branding sekolah antara lain: a) membentuk persepsi publik, b) membangun kepercayaan publik terhadap brand, dan c) membangun afeksi publik terhadap brand (Jamaluddin, 2020; Mustika, 2020). Branding ini dapat diintegrasikan melalui pelaksanaan pembelajaran, misalnya melalui penggunaan metode pembelajaran tertentu yang unik, melalui penggunaan seragam sekolah yang menarik perhatian, atau melalui pembentukan kebiasaan sekolah dan kebiasaan budaya. Strategi branding ini dapat dikomunikasikan melalui jargon/ slogan, visi misi, logo sekolah yang dapat diposting melalui media sosial, website resmi sekolah, media cetak seperti poster, spanduk, brosur, kalender sekolah dan media publikasi lainnya (Kusrini, 2021). Branding sekolah saat ini menambah warna dunia pendidikan. Tetapi tidak masuk akal jika sekolah unggul dalam promosi, tetapi sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang dipromosikan. Ini bisa menutup pasar dan mengecewakan orang tua karena pencapaian yang terjadi tidak seperti yang diharapkan. Seperti kita ketahui, orang tua ini dapat berperan sebagai “Word of Mouth” dan dapat menjadi media penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain (Kusrini, 2021). Oleh karena itu, jika tingkat kepercayaan orang tua dapat dipegang teguh oleh penyelenggara satuan pendidikan, itu bisa menjadi strategi yang sangat mudah untuk meningkatkan jangkauan sekolah

Dalam mempersiapkan PPDB SMP Swasta Surabaya Utara Tahun 2024-2025 Yang kurang 6 Bulan Lagi , Pada Hari Rabu 13/12/2023 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengadakan Kegiatan Workshop"Effective Marketing, Branding, Sales and PR in Education Field" Bagi SMP Swasta Surabaya Utara  di SMP TARUNA JAYA 1 Surabaya , Kegiatan Tersebut Dimulai Pukul 08.30. Dalam Sambutannya Penulis yang Juga Kepala Sekolah Inspirasi SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 - 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir meminta sekolah Swasta Surabaya Utara untuk terus berbenah Brainding Sekolah mereka masing- Masing sesuai ciri dari sekolah , Disamping Itu Penulis Menyampaikan JANGAN SERAKAH  Ambil Siswa Terlalu banyak , Jangan Mentang - Mentang Diminati , Akhirnya Saudara Di Samping nya Sampai kekurangan Siswa. Dalam Kesempatan tersebut Hadir Bapak Ir YUSUF MASRUH ,MM Selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Bersama Bapak Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya Bapak ACHMAD SYARONI ,S.Pd , M.Pd

Dalam kesempatan ini Yang menjadi Narasumber Kegiatan Workshop"Effective Marketing, Branding, Sales and PR in Education Field" Bagi SMP Swasta Surabaya Utara  di SMP TARUNA JAYA 1 Surabaya Yaitu Bapak WIBOWO .Dimana Bapak WIBOWO Mulai Pukul 09.00-12.00 Menjelaskan Teori  Tentang Kegiatan Workshop"Effective Marketing, Branding, Sales and PR in Education Field"  dulu , Baru Pukul 14.15  Tiga Sekolah Yaitu SMP BARUNAWATI Surabaya , SMP MUHAMMADIYAH 11 Surabaya SMP BINA KARYA Surabaya Melakukan Presentasi Tentang Materi Persiapan Untuk PPDB 2024-2025 Di Sekolah Mereka masing - masing. Dalam kesempatan tersebut Penulis Menyerahkan CINDERAMATA Untuk Bapak WIBOWO Selaku Narasumber kegiatan Hari Ini .

Di Akhir Penutup Mengajak SMP Swasta Surabaya Utara Kita MAJU Bersinergi Bersama Mencerdaskan Generasi Emas UNGGUL Berkarakter

Penulis Yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Berharap Masyarakat Yang Punya PUTRA / PUTRI Kelas 6 Untuk Dapat Mendaftarkan / Menitipkan PUTRA / Putri Mereka Untuk Mengenyam Pendidikan di SMP PGRI 6 Surabaya Agar Mereka Memiliki MENTAL JUARA Dan Menjadi GENERASI EMAS BERKARAKTER

Buruan segera daftar di SMP PGRI 6 SURABAYA

TemPat Pendaftaran PPDB 2023/2024

JALAN BULAK RUKEM III NO 7 – 9

RT 05 RW 05

KELURAHAN WONOKUSUMO

KECAMATAN SEMAMPIR

https://goo.gl/maps/ZZaD7ezxJLTdFCqg8

Info Lebih Lanjut

Wa Center: 031-3716556

EVIATIN ,S.Pd  : https://wa.me/+62 853-3078-4573

H. BANU ATMOKO,S.Pd :https://wa.me/+083857963098

@banuatmokos.pd

@dispendiksby

#dispendiksby

https://instagram.com/genzasurabaya_kusumabangsa?igshid=MzMyNGUyNmU2YQ==    

https://instagram.com/genzaeducation?igshid=MzMyNGUyNmU2YQ==     

https://www.tiktok.com/@genza.kusumabangsa?_t=8hOcGt2DdVH...  

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar