Senin, 12 Juli 2021

“ AJAK SISWA DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA SEBELUM MEMBUKA TAHUN PELAJARAN 2021-2022 ( KESEHATAN DAN KESELAMATAN NEGERI INI )

 



























































“ AJAK SISWA DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA

SEBELUM MEMBUKA TAHUN PELAJARAN 2021-2022

( KESEHATAN DAN KESELAMATAN NEGERI INI )

                                                                             Hari Ke 545

Bisa saja orang salah memahami doa bersama. Artinya bahwa doa bersama dianggap sebagai suatu cara untuk menyamakan tehnik dan tata cara berdoa. Ada anggapan bahwa doa bersama adalah doa yang dilakukan untuk menyamakan kesamaan ritual beragama.Anggapan-anggapan ini tentu saja boleh dan sah saja, sebab tentunya mereka berpendapat sesuai dengan konstruksinya tentang doa di dalam keyakinannya masing-masing. Namun demikian, sesungguhnya esensi dari doa bersama adalah tetap pada keyakinannya masing-masing. Yang Islam berdoa dengan cara keislamannya, yang Nasrani berdoa sesuai dengan kenasraniannya, yang Hindu berdoa dengan cara kehinduannya, dan seterusnya. Di dalam agama memang ada dimensi yang tidak bisa dikompromikan sebab hal itu merupakan inti dan asas ajaran agama yang tidak bisa ditawar, yaitu dimensi teologis dan ritual. Dua aspek ini yang biasanya menjadikan jarak social dan religious menjadi sangat tegas dan jauh. Bahkan di dalam realitas empiris juga tidak jarang menjadi factor pemicu konflik yang berkepanjangan. Namun demikian, dua hal itu masih bisa dinegosiasikan melalui tindakan kebersamaan, yaitu  melalui akhlak berbasis humanitas. Negosiasi yang saya maksudkan adalah bertemunya dua kepentingan berbasis kebersamaan, atau kerukunan, harmoni dan keselamatan. Negosiasi bukan dalam makna menyamakan atau mempersatukan teologi dan ritual  seperti doa, akan tetapi negosiasi waktu kebersamaan dan tempat kebersamaan. Di dalam doa bersama, maka yang mendasar adalah time and space dan bukan inti doa di dalamnya. Seperti doa yang diselenggarakan di dalam acara temu agama-agama di Pagoda Replica Temple of Heaven yang diselenggarakan oleh Yayasan Chengho bekerja sama dengan Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel dan pemilik Kenjeran Park, menurut saya sejauh yang saya alami bukanlah bentuk penyamaan teologis dan ritual. Sebab doa tersebut tetap dibacakan dengan menggunakan doa dalam bahasa agama Islam dan dalam bahasa Indonesia. Ketika saya memimpin doa tersebut, maka saya antarkan bahwa doa akan saya bacakan dalam tatacara agama Islam dan kemudian yang beragama lain dipersilahkan membaca doa sesuai dengan keyakinan dan kepercayaannya. Jadi sama sekali tidak ada keinginan untuk menyamakan doa tersebut menjadi semacam melting pot, mencampuraduk atau bahkan menjadikannya sebagai satu kesatuan ajaran.Namun yang jauh lebih mendasar adalah bahwa ada nuansa simbolik kebersamaan, kerukunan dan keharmonisan antar penganut agama. Bisa dibayangkan bahwa mereka  datang adalah dari berbagai etnis. Ada  Cina, Jawa, Madura, Sunda dan sebagainya. Mereka juga berlatarbelakang agama yang berbeda. Ada Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, Kong Hu Cu dan bahkan penganut sekte-sekte lain. Di tempat ini mereka duduk bersama, berdiri bersama, menikmati makanan bersama, dan bahkan bercengkerama bersama.Jika  melihat kenyataan ini, maka saya terbayang bahwa inilah sesungguhnya inti di dalam kehidupan itu. Semuanya hidup di dalam kebersamaan. Semuanya hidup di dalam keharmonisan.  Dan  semuanya akan berada di dalam keselamatan. Menyemai kerukunan tentu tidak bisa dibangun dari saling mencurigai dan menegasikan. Akan tetapi seharusnya berbasis dialog yang berkesetaraan.Membangun kerukunan haruslah dimulai dari pemahaman tentang keanekaragaman,  tetapi memiliki potensi untuk kebersamaan. Tanpa pemahaman seperti ini, maka kerukunan dipastikan tidak akan dapat diperoleh.Tekanan demi tekanan kehidupan sungguh luar biasa ketika seseorang hidup di era modern dan kompetisi ini. Orang saling berebut untuk mewujudkan kepentingannya. Makanya, potensi hidup bersama dalam semangat keberagamaan yang lapang dan menyejukkan mesti harus ditumbuhkembangkan.Jika ini bisa dicapai, maka kita akan tetap memiliki keyakinan, bahwa Negara Indonesia yang kita cintai ini akan terus ada sepanjang sejarah kehidupan umat manusia.

Memasuki awal Tahun  Pelajaran baru 2021/2022 SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya  Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan wonokusumo Kecamatan Semampir Pada Hari Senin 12/7/2021 Sebelum memulai tahun pelajaran 2021/2022 Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya datang ke sekolah Pukul 07.00 .

Pada saat siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya dating bapak / Ibu guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya diperiksa suhunya oleh Bapak / Ibu Guru setelah diperiksa seluruh siswa / siswi cuci tangan dan pakai sabun , setelah itu menuju ke tempat teras sekolah untuk melaksanankan sholat dhuha , sholat Hajat yang dipimpin oleh Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya , Dalam ksempatan tersebut seluruh siswa / siswi dilanjut dengan Pembacaan Yasin seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya sudah siap membawa AL- QUR’AN  Menurut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah Kegiatan PRA MPLS ( Masa Pegenalan Lingkungan Sekolah ) Disamping Itu juga di Bulan Dzulhijah anak anak di ajak doa Untuk keselamatan bangsa dan Negara ini dijauhkan dari COVID Serta di Tahun 2021/2022 SMP PGRI 6 Semakin Sukses Semakin Jaya Berkah barokah Selamanya

#Tantangan Gurusiana

#GuruHebat

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar