Kamis, 04 Maret 2021

“ TERIMAKASIH BANYAK PT WARDHANA ATAS BANTUAN ALAT PERAGA PENDIDIKAN “

 





“ TERIMAKASIH BANYAK PT WARDHANA

ATAS BANTUAN ALAT PERAGA PENDIDIKAN “

Hari Ke 415

Menurut   Mayke   S.   Tedjasaputra   sebagaimana dikutip  oleh  Muhammad  Sajirun  alat  permainan  edukatif (APE)  adalah  alat  permainan  yang  sengaja  dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan.1Untuk itu APE yang dibuat harus selaras dengan tema/materi yang akan disampaikan. Tidak terlalu jauh berbeda dengan pengertian atau definisi alat permainan edukatif di atas, Direktorat PAUD, Depdiknas (2003) mendefinisikan alat permainan edukatif sebagaisegalasesuatu  yang  dapat  digunakan  sebagai sarana  atau  peralatan  untuk  bermain  yang  mengandung nilaiedukatif  (pendidikan)  dan  dapat  mengembangkan seluruh kemampuan anak.2Apabila kita menelaah pengertian tersebut, tampak rumusannya tidak terlalu jauh berbeda dengan pengertian sebelumnya. Kedua pengertian tersebut menggaris bawahi bahwa  perbedaan  antara  alat  permainan  yang  biasa dengan alat permainan edukatif adalah bahwa pada alat permainan     edukatif     terdapat     unsur     perencanaan pembuatan secara mendalam dengan mempertimbangkan karakterisitk anak dan mengaitkannya pada pengembangan  berbagai  aspek  perkembangan  anak. Sedangkan  alat  permainan  biasa  dipilih  dengan  tujuan yang   berbeda,   mungkin   saja   hanya   dalam   rangkamemenuhi kepentingan bisnis semata tanpa adanya kajian secara  mendalam  tentang  aspek-aspek  perkembangan anak  apa  saja  yang  dapat  dikembangkan  melalui  alat permainan tersebuFungsi   alat   permainan   adalah   untuk   mengenal lingkungan   dan   juga   mengajar   anak   untuk   mengenal kekuatan dan kelemahan dirinya. Dengan alat permainan anak    akan    melakukan    kegiatan    yang    jelas    dan menggunakan    semua    pancainderanya    secara    aktif. Kegiatan  yang  aktif  dan  menyenangkan  ini  juga  akan meningkatkan aktivitas sel otaknya yang  juga merupakan masukan-masukan   pengamatan   maupun   ingatan   yang selanjutnya akan menyuburkan proses pembelajarannyaMedia adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi untuk  melakukan  pesan.5Media  pembelajaran  adalah sebuah  alat  yang  berfungsi  dan  dapat  digunakan  untuk menyampaikan    pesan    pembelajaran.6Pembelajaran adalah  proses  komunikasi  antara  pembelajar,  pengajar, dan  bahan  ajar.  Maka  dapat  dikatakan  bahwa,  bentuk komunikasi  tidak  akan  berjalan  tanpa  bantuan  sarana untuk  menyampaikan  pesan.  Bentuk-bentuk  stimulus  dapat dipergunakan    sebagai    media,    diantaranya    adalah hubungan   atau   interaksi   manusia,   realitas,   gambar bergerak  atau  tidak,  tulisan  dan  suara  yang  direkam. Dengan   kelima   bentuk   stimulus   ini,   akan   membantu pembelajar mempelajari bahan pelajaran. Banyak batasan atau pengertian yang dikemukakan   para   ahli   tentang   media,   diantaranya adalah:  Asosiasi  Teknologi  dan  Komunikasi  Pendidikan (Association of Education and Communication Technology)di Amerika,membatasi  media  sebagai  segala  bentuk  dan saluran  yang  digunakan  orang  untuk  menyalurkan  pesan atau   informasi. National   Education   Association(NEA), mengatakan bahwa media adalah bentuk komunikasi baik cetak maupun audio visual serta peralatannya. SedangkanDarikeseluruhan   pengertian   diatas,   dapat dikatakan  bahwa  substansi   dari  media  pembelajaran adalah:   (1)   bentuk   saluran,   yang   digunakan   untuk menyalurkan   pesan,   informasi,   atau   bahan   pelajaran kepada  penerima  pesan  atau  pembelajar;  (2)  berbagai jenis komponen dalam lingkungan pembelajar yang dapat merangsang pembelajaruntuk belajar; (3) bentuk alat fisik yang    dapat    menyajikan    pesan    serta    merangsang pembelajar  untuk  belajar; (4)  bentuk  bentuk  komunikasi dan  metode  yang  dapat  merangsang  pembelajar  untuk belajar, baik cetak maupun, audio, visual, dan audio visual.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 32 Tahun 2018 Tentang STANDAR TEKHNIS Pelayanan Minimal Pendidikan , Dimana pada hari Sabtu 30/2/2021 Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir , Alhamdulilah dalam kesempatan ini menerima bantuan Alat PERAGA  Pendidikan Dari PT WARDHANA Yaitu ALAT PERAGA PENDIDIKAN MATEMATIKA . Alhamdulilah dalam kesempatan tersebut Penulis yang Alumni Jurusan PLS UNESA Kelahiran APRIL 1984 Merasa Bahagia karena mendapatkan bantuan tersebut , Harapannya Agar Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Merasa Nyaman dalam pembelajaran Matematika yang selama ini menjadi MOMOK Bagi Peserta  Didik , Apalagi harapannya Alat Peraga tersebut bisa meningkatkan kualitas nilai di AKM 2021 Nanti, Di samping itu Bantuan tersebut sebagai PERWUJUDAN Dari  Permendikbud Nomor 32 Tahun 2018 Tentang STANDAR TEKHNIS Pelayanan Minimal Pendidikan .

Dalam kesempatan yang baik ini Penulis menghaturkan banyak Terimakasih Kepada PT WARDHANA Atas Bantuannya Alat Peraga Pendidikan MATEMATIKA Semoga Pendidikan Swasta Di Surabaya semakin JAYA Dan Semakin Sesuai STANDAR Pelayanan Minimal.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak H. BANU ATMOKO , S.Pd semoga Bapak Ibu Guru dan Keluarga Serta Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya  dapat menjaga Kesehatan dan  Bisa Menjalankan 5M Tersebut Agar Kita Keluarga Kita Di Berikan Kesehatan Serta Di jauhkan Dari COVID – 19 yang melanda negeri ini. Fokuslah pada Akhiratmu Insyah Allah Urusan dunia akan mengikutimu, Kata  BANU ATMOKO ,S.Pd

#Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar