Minggu, 22 Mei 2022

Pelatihan Teknik Pendampingan Siswa dan Teknik Konseling bagi Guru BK Dan WAKA Kesiswaan SMP Swasta Surabaya Utara Bersama WIDYA MANDALA Counseling dan Konselor Teman Sebaya (KTS)

 











Pelatihan Teknik Pendampingan Siswa dan Teknik Konseling  bagi Guru BK Dan WAKA Kesiswaan

SMP Swasta Surabaya Utara   Bersama WIDYA MANDALA

Counseling dan Konselor Teman Sebaya (KTS)

HARI KE - 141

Konseling teman sebaya adalah program bimbingan yang dilakukan oleh siswa terhadap siswa yang lainnya. Siswa yang menjadi pembimbing sebelumnya diberikan latihan atau pembinaan oleh konselor. Siswa yang menjadi pembimbing berfungsi sebagai mentor atau tutor yang membantu siswa lain dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, baik akademik maupun non-akademik. Di samping itu dia juga berfungsi sebagai mediator yang membantu konselor dengan cara memberikan informasi tentang kondisi, perkembangan, atau masalah siswa yang perlu mendapat layanan bantuan bimbingan atau konseling.Program konseling teman sebaya mempunyai alasan-alasan yang rasional, terstuktur, aktifitasnya khas atau spesifik, personal yang melakukannya juga khusus dan diorganisir secara terus menerus. Program ini merupakan usaha mempengaruhi (memperbaiki tingkah laku yang dimiliki oleh siswa), yaitu tingkah laku yang dapat membedakan antara tingkah laku yang pantas dengan tidak pantas, dan menggunakan tingkah laku yang pantas menjadi identitas pribadi yang diharapkan, serta menemukan berbagai cara pemecahkan masalah, dan memberikan pengalaman yang memberikan motifasi mengikuti pelatihan untuk pengembangan diri mereka sebagai orang dewasa yang matang dan bertanggung jawab.Perkembangan sosial pada masa remaja lebih melibatkan kelompok teman sebaya dibanding orang tua (Conger, 1991; Papalia & Olds, 2001). Dibanding pada masa kanak-kanak, remaja lebih banyak melakukan kegiatan di luar rumah seperti kegiatan sekolah, ekstra kurikuler dan bermain dengan teman (Conger, 1991; Papalia & Olds, 2001). Dengan demikian, pada masa remaja peran kelompok teman sebaya adalah besar.Pada diri remaja, pengaruh lingkungan dalam menentukan perilaku diakui cukup kuat. Walaupun remaja telah mencapai tahap perkembangan kognitif yang memadai untuk menentukan tindakannya sendiri, namun penentuan diri remaja dalam berperilaku banyak dipengaruhi oleh tekanan dari kelompok teman sebaya (Conger, 1991).Kelompok teman sebaya diakui dapat mempengaruhi pertimbangan dan keputusan seorang remaja tentang perilakunya (Beyth-Marom, et al., 1993; Conger, 1991; Deaux, et al, 1993; Papalia & Olds, 2001). Conger (1991) dan Papalia & Olds (2001) mengemukakan bahwa kelompok teman sebaya merupakan sumber referensi utama bagi remaja dalam hal persepsi dan sikap yang berkaitan dengan gaya hidup. Bagi remaja, teman-teman menjadi sumber informasi misalnya mengenai bagaimana cara berpakaian yang menarik, musik atau film apa yang bagus, dan sebagainya (Conger, 1991) Peer Counseling adalah bagaimana keterlibatan remaja dalam kelompok teman sebaya memberikan masukan secara khusus bagi perkem-bangan kepribadian dan perkembangan sosial remaja.

Seiring dengan makin meningkatnya dorongan dan kebutuhan remaja untuk

Berinteraksi dengan teman, baik sejenis maupun teman lawan jenis, maka relasi  teman sebaya menjadi hal yang sangat penting Bahwa teman sebaya merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan pada masa

Remaja  Maka dari itu MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bekerjasama dengan UNIKA WIDYA MANDALA Surabaya  mengadakan kegiatan  Pelatihan Teknik Pendampingan Siswa dan Teknik Konseling  bagi Guru BK Dan WAKA Kesiswaan SMP Swasta Surabaya Utara  yang diadakan pada hari Sabtu 21/5/2022  Pukul 08.00 , Dimana kegiatan tersebut dilakukan secara Daring ( ON – LINE ) Melalui  Join Zoom Meeting

https://us06web.zoom.us/j/84077534927?pwd=VlNHalVoczNXNGFUK3o2U3pvWEo0Zz09

Meeting ID: 840 7753 4927  Passcode: 907250 , Dimana kegiatan tersebut dilakukan 2 Tahap Pemateri yaitu  Tahap 1. Peer Counseling oleh Ibu Dra. Fransisca Mudjijanti, M.M Dimana beliau menjelaskan alasan menggunakan peer  conseling tersebut . Dimana Ibu fransiska menjelaskan Terdapat sembilan area dasar yang memiliki sumbangan penting  terhadap perlunya di kembangkan konseling sebaya

Dimana materi kedua yaitu Konselor Teman Sebaya (KTS) oleh Ibu  Chaterina Yeni Susilaningsih, M.Pd. , Dalam kesempatan tersebut Ibu CHATERINA Yeni Susilaningsih menyampaikan KONDISI yang dibutuhkan  agar pelaksanaan sukses , LANGKAH LANGKAH PELAKSANAAN KONSELING SEBAYA METODE PELAKSANAAN KONSELING SEBAYA

Dalam kesempatan ini Penulis berharap para Guru BK Dan WAKASEK KESISWAAN Bisa membekali siswa / siswi nya untuk dilatih menjadi konselor sebaya agar mereka lebih berempati kepada para sahabat – sahabatnya , sehingga harapannya Permasalahan Remaja di lingkungan SMP Swasta Surabaya Utara diatasi dengan cepat oleh Konselor Sebaya.

#Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar