Kamis, 30 September 2021

“ BERSAMA PENGAWAS PEMBINA SATUKAN VISI MISI DINAS DAN SMP PGRI 6 SURABAYA DALAM MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL ”

 




























“ BERSAMA PENGAWAS PEMBINA

SATUKAN VISI MISI DINAS DAN SMP PGRI 6 SURABAYA

DALAM MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL ”

HARI KE-624

 

Pendidikan  Nasional  berfungsi  mengembangkan  kemampuan dan  membentuk  watak serta  peradaban  bangsa  yang  bermartabat  dalam rangka  mencerdaskan  kehidupan  bangsa,  pendidikan  bertujuan  untuk mengembangkan   potensi   peserta   didk   agar   menjadi   manusia   yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,   mandiri   danmenjadi   warga   Negara   yang   demokratis   serta bertanggung jawab.Pengaruh  terbesar    pendidikan  dalam  lingkungan  anak  adalah sekolah, keluarga dan lingkungan sekitar. Sekolah adalah tempat kedua setelah keluarga dan lingkungan rumah siswa. Menurut Sanapiah Faisal, sekolah  adalah  lembaga  pendidikan  formal  yang  terstandarisasi  secara lega,  baik  dalam  jenjang,  lama  belajar  ,  paket  kurikulum,  persyaratan unsur   pengelolaan,   persyaratan   usia   dan   tingkat   pengetahuan   serta merupakan    sebuah    lembaga    untuk    melakukan    kegiatan    belajar mengajar.Sekolah  merupakan  tempat  dimana  anak  mengenal  berbagai pengetahuan  dan  kebudayaan.  Oleh  karena  itu,  bisa  dikatakan  bahwasekolah  adalah  tempat  kedua    seseorang  membangun  karakter  dirinya selain   di   keluarga.   Sekolah   dianggap   sebagaitempat   menuangkan berbagai  macam  ide  dan  kreatifitas,  bila  sekolah  mampu  memfasilitasi dan  memupuk  teladan  yang  baik  bagi  anak,  amaka  akan  tercetaklah anak yang berakhlak baik serta berkarakter di masa mendatang.Sekolah  yang  baik  adalah  sekolah  bermutu. Istilah  mutu  erat kaitannya  dengan  sekolah  yang  bagus  dan  bukan  berarti  sekolah  yang mahal. Mutu sekolah berhubungan dengan mutu lulusan, yakni kualitas pencapaian  hasil  yang  tinggi  dalam  tes  kemampuan  akademik  berupa nilai   ulangan   umum,   Ujian   Tengah   Semester   (UTS),   Ujian   Akhr Sekolah dan Ujian Nasional.4Seiring  dengan  perkembangan  teknologi  yang  kian  meningkat, mutu  pendidikan  juga  terus  mengalami  perkembangan  sesuai  dengan tuntutan  yang  mengikuti  zaman.  Mutu  lulusan  menjadi  bentuk  daya saing  sebuah  sekolah,  oleh  sebab  itu  setiap  sekolah  diharapkan  mampu meningkatkan  kualitas  lulusannya.  Mutu  lulusan  seringkali    dilihat  dari prestasi  akademik  dan  seberapa  banyak  lulusan  yang  melanjutkan  ke jenjang  yang  lebih  tinggi  dari  pendidikan  semula.  Selain  itu    mutu lulusan tidak hanya dapat dilihat dari segi akademik namun juga prestasi non akademik.Dengan   peningkatan   mutu   lulusan   yang   maksimal,   akan mengantarkan  peserta  didik  mampu  bersaing  untuk  memasuki  jenjangsekolah  unggulan  selanjutnya.  Selain  itu,  dengan  kesungguhan  sekolah dalam  mengupayakan  mutu  lulusan  yang  berkualitas  juga  bermanfaat untuk menekan angka ketidaklulusan yang terjadi di sekolah.5Sekolah  sebagai  tempat  persiapan  masa  mendatang  peserta didik   harus   memeiliki   sebuah   visi   yang   sesuai   dengan   keadaan perkembangan zaman. Visi yang secara garis besar, kemudian terperinci dalam misi-misi sebagai pedoman pelaksanaan mencapai visi. Beberapa lembaga   sekolah   begitu   mementingkan   tercapainya   visi   dan   misi lembaga,  ada  juga  lembaga  yang  menjadikan  visi    dan misi  lembaga tersebut hanya sebatas formalitas.Adanya    visi    misi    merupakan    gambaran    tentang    tujuan pendidikan    yang    diingankan    dalam    sebuah    sekolah.    Sedangkan perwujudan  dari  visi  dan  misi  merupakan  usaha  dalam  meningkatkan mutu  lulusan.  Visi  misi  yang  sudah  terwujud  akan  menggambarkan pencapaian dari sekolah dan ini berkaitan dengan gambaran peningkatan mutu   lulusan.   Upaya   peningkatan   mutu   lulusan   diawali   dengan peningkatan   mutu   peserta   didik   dengan   serangkaian   usaha   yang dicanangkan oleh sekolah.Kepala   sekolah   sebagai   pemimpin   mempunyai   peran   yang penting  sebagai  perancang  pengembangan  sekolah  di  masa  mendatang, baik  dalam  jangka  pendek,  menengah  maupun  rencana  jangka  panjang. Rencana    jangka    pendek    meliputi    program    yang    disusun    dandirealisasikan  setiap  tahun  ajaran.  Jangka  menengah  meliputi  strategi dan  program  untuk  kurun  waktu  tiga  sampai  lima  tahun.  Sedangkan jangka  panjang  terumus  dalam  strategi  meliputi  penetapan  visi,  misi, tujuan, kebijakan, strategi dan program

Dalam memadukan Visi Misi Antara Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan Sekolah , Pada Hari Selasa 29/9/2021 SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak Di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Kedatangan Tamu Pengawas Pembina yaitu Bapak Drs. ADJI SUHARKO,M.Pd .Di sana Bapak Pengawas Pembina berbincang – bincang dengan Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya  , Dimana Pengawas Menyampaikan Tentang VISI MISI Dan Tujuan dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya kepada Penulis , Dimana Penulis berharap VISI MISI Dan Tujuan Dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya bisa di satukan dengan SMP PGRI 6 Surabaya , Apalagi di masa Pandemi COVID 19 Seperti saat ini yang butuh Extra keras yang dilakukan oleh Guru dalam Mencerdaskan Generasi Emas Unggul .

Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar