“ BERSAMA PENGAWAS PEMBINA
SATUKAN VISI MISI DINAS DAN SMP PGRI 6
SURABAYA
DALAM MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL ”
HARI KE-624
Pendidikan
Nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat
dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa,
pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi
peserta didk agar
menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, mandiri
danmenjadi
warga Negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.Pengaruh
terbesar pendidikan dalam
lingkungan anak adalah sekolah, keluarga dan
lingkungan sekitar. Sekolah adalah tempat kedua setelah keluarga dan
lingkungan rumah siswa. Menurut Sanapiah Faisal, sekolah adalah
lembaga pendidikan formal
yang terstandarisasi secara lega, baik
dalam jenjang, lama
belajar , paket
kurikulum, persyaratan unsur pengelolaan, persyaratan
usia dan tingkat
pengetahuan serta merupakan sebuah
lembaga untuk melakukan
kegiatan
belajar mengajar.Sekolah
merupakan tempat dimana
anak mengenal berbagai pengetahuan dan
kebudayaan. Oleh karena
itu, bisa dikatakan
bahwasekolah adalah tempat
kedua seseorang membangun
karakter dirinya selain di
keluarga. Sekolah dianggap
sebagaitempat
menuangkan berbagai
macam ide dan
kreatifitas, bila sekolah
mampu memfasilitasi dan memupuk
teladan yang baik
bagi anak, amaka
akan tercetaklah anak yang berakhlak
baik serta berkarakter di masa mendatang.Sekolah yang
baik adalah sekolah
bermutu. Istilah
mutu erat kaitannya dengan
sekolah yang bagus
dan bukan berarti
sekolah yang mahal. Mutu sekolah
berhubungan dengan mutu lulusan, yakni kualitas pencapaian hasil
yang tinggi dalam
tes kemampuan akademik
berupa nilai
ulangan umum, Ujian
Tengah Semester (UTS),
Ujian Akhr Sekolah dan Ujian
Nasional.4Seiring dengan
perkembangan teknologi yang
kian meningkat, mutu pendidikan
juga terus mengalami
perkembangan sesuai dengan tuntutan yang
mengikuti zaman. Mutu
lulusan menjadi bentuk
daya saing
sebuah sekolah, oleh
sebab itu setiap
sekolah diharapkan mampu meningkatkan kualitas
lulusannya. Mutu lulusan
seringkali dilihat dari prestasi akademik
dan seberapa banyak
lulusan yang melanjutkan
ke jenjang
yang lebih tinggi
dari pendidikan semula.
Selain itu mutu lulusan tidak hanya
dapat dilihat dari segi akademik namun juga prestasi non akademik.Dengan peningkatan
mutu lulusan yang
maksimal, akan mengantarkan peserta
didik mampu bersaing
untuk memasuki jenjangsekolah unggulan
selanjutnya. Selain itu,
dengan kesungguhan sekolah dalam mengupayakan
mutu lulusan yang
berkualitas juga bermanfaat untuk menekan angka
ketidaklulusan yang terjadi di sekolah.5Sekolah sebagai
tempat persiapan masa
mendatang peserta didik harus
memeiliki sebuah visi
yang sesuai dengan
keadaan perkembangan zaman.
Visi yang secara garis besar, kemudian terperinci dalam misi-misi sebagai pedoman
pelaksanaan mencapai visi. Beberapa lembaga sekolah
begitu mementingkan tercapainya
visi dan misi lembaga, ada
juga lembaga yang
menjadikan visi dan misi lembaga tersebut hanya sebatas
formalitas.Adanya
visi misi merupakan
gambaran tentang tujuan pendidikan yang
diingankan dalam sebuah
sekolah. Sedangkan perwujudan dari
visi dan misi
merupakan usaha dalam
meningkatkan mutu
lulusan. Visi misi
yang sudah terwujud
akan menggambarkan pencapaian dari
sekolah dan ini berkaitan dengan gambaran peningkatan mutu lulusan.
Upaya peningkatan mutu
lulusan diawali dengan peningkatan mutu
peserta didik dengan
serangkaian usaha yang dicanangkan oleh
sekolah.Kepala sekolah sebagai
pemimpin mempunyai peran
yang penting
sebagai perancang pengembangan
sekolah di masa
mendatang, baik
dalam jangka pendek,
menengah maupun rencana
jangka panjang. Rencana jangka
pendek meliputi program
yang disusun dandirealisasikan setiap
tahun
ajaran. Jangka menengah
meliputi strategi dan program
untuk kurun waktu
tiga sampai lima
tahun. Sedangkan jangka panjang
terumus dalam strategi
meliputi penetapan visi,
misi, tujuan, kebijakan, strategi dan program
Dalam memadukan Visi Misi Antara Dinas Pendidikan Kota
Surabaya dan Sekolah , Pada Hari Selasa 29/9/2021 SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah
Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak Di Jalan Bulak Rukem III No 7-9
Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Kedatangan Tamu Pengawas Pembina yaitu
Bapak Drs. ADJI SUHARKO,M.Pd .Di sana Bapak Pengawas Pembina berbincang –
bincang dengan Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya , Dimana Pengawas Menyampaikan Tentang VISI
MISI Dan Tujuan dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya kepada Penulis , Dimana
Penulis berharap VISI MISI Dan Tujuan Dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya bisa
di satukan dengan SMP PGRI 6 Surabaya , Apalagi di masa Pandemi COVID 19
Seperti saat ini yang butuh Extra keras yang dilakukan oleh Guru dalam
Mencerdaskan Generasi Emas Unggul .
Tantangan Guru
Siana
# dispendik Surabaya
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar