“ Melalui Pembuatan SOAL Persiapkan Anak Didik
Untuk SIAP Dan SUKSES AKM 2021 Di Wilayah Utara
Hari Ke - 388
Pelatihan
adalah proses pengubahan sistematik perilaku para karyawan dalam suatu arah
guna meningkatkan tujuan organisasional Dengan demikian pelatihan adalah suatu
proses peningkatan dan usaha untukmenyempurnakan bakat, keterampilan,
kecakapan, kemampuan dan keahlian karyawandalam menjalankan tugas pekerjaannya
serta guna mewujudkan tujuan perusahaan.Pelatihan merupakan salah satu usaha
dalam meningkatkan mutu sumber daya manusiadalam dunia kerja. Karyawan baik
yang baru ataupun yang sudah bekerja perlumengikuti pelatihan karena adanya
tuntutan pekerjaan yang dapat berubah akibat perubahan lingkungan kerja,
strategi, dan lain sebagainya Pelatihan adalah setiap usaha untuk memperbaiki
performasi pekerjaan pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi jawabnya
atau suatu pekerjaan yang adakaitannya dengan pekerjaan supaya efektif.
Pelatihan biasanya harus mencakup pengalaman belajar, aktifitas-aktifitas yang
terencana dan desain sebagai jawaban ataskebutuhan-kebutuhan yang berhasil
diidentifikasikan. Pelatihan dimaksudkan untukmemperbaiki penguasaan berbagai
keterampilan dan teknik pelaksanaan pekerjaantertentu, terperinci dan rutin
Pelatihan Iebih terarah pada peningkatan kemampuan dan keahlian SDM organisasi
yang berkaitan dengan jabtan atau fungsi yang menjadi tanggung jawab individu
yang bersangkutan saat ini ( current job oriented). Sasaran yang ingin dicapai
dan suatu program pelatihan adalah peningkatan kinerja individu dalam jabatan
atau fungsi saat ini. Pengembangan cenderung lebih bersifat formal, menyangkut
antisipasi kemampuan dan keahhan individu yang harus dipersiapkan bagi
kepentingan jabatan yang akan datang. Sasaran dan program pengembangan
menyangkut aspek yang lebih luas yaitu peningkatan kemampuan individu untuk
mengantisipai perubahan yang mungkin terrjadi tanpa direncanakan(unplened
change) atau perubahan yang direncanakan (planed change). tujuan Pelatihan
untuk peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan saat ini. Dengan
sasaran Peningkatan kinerja jangka pendek, Orientasinya untuk kebutuhan jabatan
sekarang, dan Efek terhadap keterkaitan dengan karir relatif rendah. Sementara
pengembangan memiliki tujuan untuk peningkatan kemampuan individu bagi
kepentingan jabatan yang akan datang, sasarannya untuk Peningkatan kinerja
jangka panjang dan orientasi nya pada Kebutuhan perubahan terencana atau tidak
terencana, sementara efek terhadap keterkaitan dengan karir relatif tinggi.
Setelah
melaksanakan kegiatan Pelatihan Guru Matematika Dan IPA SMP Swasta
Surabaya Utara yang diadakan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dengan
DEPARTEMEN Matematika ITS mulai Hari
Rabu 3/2/2021 Sampai hari Jum’at
5/2/2021 Dimana setelah mengikuti pelatihan tersebut Guru – Guru Matematika Dan
IPA Untuk Membuat SOAL AKM Yang Akan di serahkan ke dinas Pendidikan Kota
Surabaya Untuk JADI BANK SOAL Untuk AKM ( NUMERASI ) Dimana setiap Guru membuat 10 Soal AKM, Yang
Dimana 1 Wilayah Nanti Soal tersebut di jadikan 1 Se Wilayah Surabaya Utara ,
setelah itu Soal baru di kirim Ke ITS. Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya
Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan
Semampir yang juga Ketua MKKS SMP Swasta
Surabaya Utara menyampaikan kepada Bapak
/ Ibu Guru Pengampu Mata Pelajaran Matematika Dan IPA Bahwasannya Dalam membuat
SOAL AKM Harus mengacu pada 5 Bentuk Soal AKM Yaitu Pilihan
ganda: memilih satu jawaban benar dari tiap soal.
Pilihan
ganda kompleks: memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal. Menjodohkan:
menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan
pasangan pertanyaan dengan jawabannya.Isian singkat: menjawab berupa bilangan,
kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya. Uraian:
menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya. Bapak Alumni
Jurusan PLS UNESA Kelahiran APRIL 1984 Tersebut Agar Bapak / Ibu Dewan Guru
Dapat membuat Soal yang bobot nya sama dengan Soal AKM , Jadi harapannya MKKS
SMP Swasta Surabaya Utara Bisa Punya BANK Soal AKM Dengan 5 Type soal yaitu Pilihan ganda: memilih satu jawaban
benar dari tiap soal Pilihan ganda kompleks: memilih lebih dari satu jawaban
benar dalam satu soal. Menjodohkan: menjawab dengan menarik garis dari satu
titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya. Isian
singkat: menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat,
atau jawaban pasti lainnya. Uraian: menjawab
soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya. Alhamdulilah Jika 1
Guru Mata Pelajaran Membuat 10 Soal
Dimana Bapak H. BANU ATMOKO ,S.Pd meminta agar Soal tersebut dapat di
serahkan Melalui Bapak ENDRO SUBIYANTORO ,S.Pd dari SMP UNESA 1 Dan Bapak
KHAIRUDIN ,S.Pd dari SMP Muhammadiyah 15 Surabaya Dari mereka berdua baik Mata Pelajaran Matematika Maupun IPA , Dari
Pihak ITS Meminta Agar Pengumpulan Tanggal 15 Februari 2021 Hari Senin 2021 ,
Tapi Bapak H. BANU ATMOKO,S.Pd meminta agar Soal sebelum Tanggal 13 Februari
2021 Sudah Clear Sehingga Soal Soal
Tersebut Bisa Di Serahkan Ke Dinas Pendidikan Kota Surabaya sebagai BANK Soal
Untuk AKM 2021 Yang akan dimulai SEPTEMBER – OKTOBER 2021
Setelah
mengumpulkan Tugas tersebut , Alhamdulilah Insyah Allah Nanti dari Pihak
Departemen MATEMATIKA ITS Akan
Mendapatkan SERTIFIKAT Telah mengikuti kegiatan tersebut selama 3 hari dan
Mengerjakan tugas membuat soal sebagai Produk dalam kesempatan
tersebut Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak H. BANU ATMOKO , S.Pd semoga
Bapak Ibu Guru dan Keluarga Serta Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dapat menjaga Kesehatan dan Bisa Menjalankan 5M Tersebut Agar Kita
Keluarga Kita Di Berikan Kesehatan Serta Di jauhkan Dari COVID – 19 yang
melanda negeri ini. Fokuslah pada Akhiratmu Insyah Allah Urusan dunia akan
mengikutimu, Kata BANU ATMOKO ,S.Pd
#Tantangan
Guru Siana
#
dispendik Surabaya
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar