Senin, 02 Maret 2020

“ Hargai Prestasi Siswa Untuk Memotivasi Peserta Didik Yang Lain”









































“ Hargai Prestasi Siswa Untuk Memotivasi Peserta Didik Yang Lain”
Hari Ke - 48
Ada beragam cara sekolah memacu siswa dalam mencapai potensi akademik terbaiknya pendidikan karakter dan peran serta orangtua menjadi dua kata kunci dalam mengoptimalkan minat dan bakat siswa. "Kami meyakini pendidikan karakter menjadi pondasi dasar siswa. Jika karakter siswa baik maka siswa akan mudah mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Tambahan dukungan orangtua, hal ini akan makin memotivasi pembelajaran siswa Menghadapi tantangan siswa yang berasal dari generasi milenia guru dan wali kelas didorong tidak hanya menjalankan fungsi mengajar dan administrasi saja. " Guru memiliki peran sebagai konselor sekaligus pengganti orangtua di sekolah. Tugas ini berat kalau dilihat secara normatif," ujarnya.  Ia menambahkan, pendekatan yang dilakukan tidak lagi konvesional di depan kelas melainkan turut mendampingi anak dalam pembelajaran dan keseharian di kelas atau sekolah. "Dalam pendidikan karakter yang dibutuhkan adalah realisasi dari perilaku seperti santun, membuang sampah pada tempatnya, menghormati lawan jenis, menjaga martabat. Nilai-nilai universal inilah yang kita diperjuangkan, Penguatan kompetensi guru menjadi hal yang penting dalam proses pembelajaran di Pribadi School. "Jadi assesment (penilaian) tidak hanya dilakukan terhadap siswa. Guru pun secara rutin dilakukan evaluasi sehingga kita tahu apa yang perlu ditingkatkan dari setiap guru," ujar Kanibek. Ia menjelaskan guru secara rutin mendapatkan pelatihan, baik melalui sharing antar guru yang dilakukan secara rutin di sekolah maupun mengikuti berbagai workshop di luar sekolah. "Guru saat ini tidak lagi menjadi sumber pengetahuan siswa, sehingga guru perlu meningkatkan diri agar mampu menjadi motivator dan inspirasi bagi siswa dalam pembelajaran di kelas," ujar Hidayat. Ia menambahkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara di mana guru menjadi teladan, pendamping dan juga pemberi inspirasi/pendorong diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. "Dengan kompetensi guru yang inovatif dalam pembelajaran dan juga peran aktif orangtua dalam proses pendidikan anak, diharapkan kita dapat lulusan-lulusan dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan karakter yang baik," tutupnya
SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir , Pada  hari Senin 2/3/2020  mengadakan kegiatan Upacara Bendera yang menjadi Petugas Upacara adalah Kelas 7 SMP PGRI 6 Surabaya , Sedangkan yang bertindak menjadi Pembina Upacara adalah Ibu DINA AYU SEPTYARINI , S.Pd selaku Guru BAHASA INGGRIS Di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya , Selesai Upacara Bapak Kepala SMP PGRI 6  Yang Juga Sekaligus Sekretaris Yayasan Pendidikan AL-IKHLAS Semampir  memanggil Regu Pramuka  yang Telah berhasil menjadi Juara  Lomba GIAT PRESTASI Pramuka  Penggalang yang di adakan oleh SMP TAMIRIYAH Surabaya, dalam kesempatan tersebut Piala Lomba di serahkan dari Pimpinan Regu BOGENVILL Nur Hidayah Kepada Ibu Kepala SDS “ AL-IKHLAS  Surabaya Ibu ANIS LAILY MUFIDAH , S.Pd  sedangkan Ibu YUNI ISMARYATI S.Pd  , Ibu SRI SUPADMI , S.Pd menyerahkan Piagam Penghargaan dari TAMIRIYAH Surabaya,  Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Kelahiran APRIL 1984 Tersebut  Meminta agar seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Untuk terus berprestasi dengan memberikan Piala piala untuk Sekolah , dimana Kegiatan pagi hari ini adalah menghargai hasil perjuangan dan Prestasi yang telah di raih oleh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya  serta agar seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya bisa termotivasi juga untuk dapat berprestasi.
#Tantangan Guru Siana
# dispendik Surabaya
#Guruhebat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar