“ Hargai Prestasi Siswa
Untuk Memotivasi Peserta Didik Yang Lain”
Hari Ke
- 48
Ada beragam cara sekolah memacu siswa dalam
mencapai potensi akademik terbaiknya pendidikan karakter dan peran serta orangtua menjadi
dua kata kunci dalam mengoptimalkan minat dan bakat siswa. "Kami
meyakini pendidikan karakter menjadi pondasi dasar siswa. Jika karakter siswa
baik maka siswa akan mudah mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Tambahan
dukungan orangtua, hal ini akan makin memotivasi pembelajaran siswa Menghadapi
tantangan siswa yang berasal dari generasi milenia guru dan wali kelas didorong
tidak hanya menjalankan fungsi mengajar dan administrasi saja. " Guru
memiliki peran sebagai konselor sekaligus pengganti orangtua di sekolah. Tugas
ini berat kalau dilihat secara normatif," ujarnya. Ia menambahkan, pendekatan yang dilakukan
tidak lagi konvesional di depan kelas melainkan turut mendampingi anak dalam
pembelajaran dan keseharian di kelas atau sekolah. "Dalam pendidikan
karakter yang dibutuhkan adalah realisasi dari perilaku seperti santun,
membuang sampah pada tempatnya, menghormati lawan jenis, menjaga martabat.
Nilai-nilai universal inilah yang kita diperjuangkan, Penguatan kompetensi guru
menjadi hal yang penting dalam proses pembelajaran di Pribadi School.
"Jadi assesment (penilaian) tidak hanya dilakukan terhadap siswa. Guru pun
secara rutin dilakukan evaluasi sehingga kita tahu apa yang perlu ditingkatkan
dari setiap guru," ujar Kanibek. Ia menjelaskan guru secara rutin
mendapatkan pelatihan, baik melalui sharing antar guru yang dilakukan secara
rutin di sekolah maupun mengikuti berbagai workshop di luar sekolah. "Guru
saat ini tidak lagi menjadi sumber pengetahuan siswa, sehingga guru perlu
meningkatkan diri agar mampu menjadi motivator dan inspirasi bagi siswa dalam
pembelajaran di kelas," ujar Hidayat. Ia menambahkan filosofi pendidikan
Ki Hadjar Dewantara di mana guru menjadi teladan, pendamping dan juga pemberi
inspirasi/pendorong diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi
tantangan era revolusi industri 4.0. "Dengan kompetensi guru yang inovatif
dalam pembelajaran dan juga peran aktif orangtua dalam proses pendidikan anak,
diharapkan kita dapat lulusan-lulusan dengan kemampuan berpikir kritis,
kreatif, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan karakter yang baik,"
tutupnya
SMP
PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya
Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan
Wonokusumo Kecamatan Semampir , Pada
hari Senin 2/3/2020 mengadakan
kegiatan Upacara Bendera yang menjadi Petugas Upacara adalah Kelas 7 SMP PGRI 6
Surabaya , Sedangkan yang bertindak menjadi Pembina Upacara adalah Ibu DINA AYU
SEPTYARINI , S.Pd selaku Guru BAHASA INGGRIS Di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “
AL-IKHLAS Surabaya , Selesai Upacara Bapak Kepala SMP PGRI 6 Yang Juga Sekaligus Sekretaris Yayasan
Pendidikan AL-IKHLAS Semampir memanggil
Regu Pramuka yang Telah berhasil menjadi
Juara Lomba GIAT PRESTASI Pramuka Penggalang yang di adakan oleh SMP TAMIRIYAH
Surabaya, dalam kesempatan tersebut Piala Lomba di serahkan dari Pimpinan Regu
BOGENVILL Nur Hidayah Kepada Ibu Kepala SDS “ AL-IKHLAS Surabaya Ibu ANIS LAILY MUFIDAH , S.Pd sedangkan Ibu YUNI ISMARYATI S.Pd , Ibu SRI SUPADMI , S.Pd menyerahkan Piagam
Penghargaan dari TAMIRIYAH Surabaya,
Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Kelahiran APRIL
1984 Tersebut Meminta agar seluruh siswa
/ siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Untuk terus berprestasi dengan
memberikan Piala piala untuk Sekolah , dimana Kegiatan pagi hari ini adalah
menghargai hasil perjuangan dan Prestasi yang telah di raih oleh siswa / siswi
SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya serta agar seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6
Surabaya bisa termotivasi juga untuk dapat berprestasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar