“ BERIKAN DAN CIPTAKAN RASA GEMBIRA
KEPADA SISWA / SISWI SMP PGRI 6 DAN SDS AL-IKHLAS
MERASA AMAN DAN NYAMAN DALAM PEMBELAJARAN
AGAR MENJADI GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER
HARI KE - 37
Gerakan
Sekolah Menyenangkan merupakan gerakan akar rumput yang mempromosikan dan
membangun kesadaran guru, kepala sekolah, orang tua, dan pemangku kebijakan
pendidikan untuk membangun ekosistem sekolah sebagai tempat yang menyenangkan
untuk belajar ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup agar anak-anak menjadi
pembelajar yang adaptif, mandiri, tangkas, dan cepat menghadapi perubahan dunia
yang sangat cepat dan tak menentu. Meluasnya wabah pandemi Covid-19 telah
memaksa pemerintah untuk menutup sekolah-sekolah dan mendorong diadakannya
pembelajaran jarak jauh dari rumah. Berbagai cara dilakukan untuk memastikan
bahwa kegiatan belajar tetap berlangsung meskipun tidak adanya sesi tatap muka
langsung. Perubahan mendadak dari metode tatap muka di ruang kelas menjadi
pembelajaran jarak jauh dari rumah juga menunjukkan kebutuhan akan peningkatan
kapasitas dari guru-guru. Akses internet yang tidak merata, kesenjangan
kualifikasi guru, dan kualitas pendidikan, serta kurangnya keterampilan
komunikasi dan teknologi menjadi kerentanan dalam inisiatif pembelajaran jarak
jauh di Indonesia. Pendidikan jarak jauh (distance education) adalah pendidikan
formal yang berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di
lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk
menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnyaSecara
sederhana, pembelajaran jarak jauh adalah pendidikan yang diajarkan dari jarak
jauh, tanpa ruang kelas secara fisik. Historisnya, istilah dari pembelajaran
jarak jauh terkait dengan program perguruan tinggi yang memungkinkan
mahasiswanya belajar dari jarak jauh. Sekarang, pembelajaran jarak jauh tidak
hanya berlaku bagi mahasiswa di tingkat perguruan tinggi, namun juga siswa
sekolah menengah atas, menengah pertama bahkan siswa sekolah dasar. Pada
dasarnya pendidikan jarak jauh merupakan metode dimana peserta didik dengan
pengajar berada di lokasi yang berbeda, sehingga diperlukan sistem telekomunikasi
yang interaktif untuk dapat terhubung satu dengan lainnya. Pada pembelajaran
jarak jauh, peran teknologi sangatlah dibutuhkan, mengingat pembelajaran
dilakukan secara daring atau online.
Metode
pembelajaran jarak jauh sebenarnya sudah ada jauh sebelum pandemi covid 19
melanda. Misalnya di negara Amerika Serikat yang telah melakukan metode ini
sejak tahun 1892. Dimana pada waktu itu Universitas Chicago meluncurkan sistem
pembelajaran jarak jauh yang pertama. Sejak saat itu metode PJJ terus dikembangkan
dengan menggunakan beragam teknologi, mulai dari radio, televisi hingga
teknologi internet. Metode pembelajaran jarak jauh terus mengalami perkembangan
dengan menggunakan beragam teknologi komunikasi dan informasi termasuk radio,
televisi, satelit, dan internet. Dengan meluasnya penggunaan internet oleh
publik di berbagai negara pada tahun 1996 menjadi suatu fenomena yang
berkembang dan diikuti oleh kemunculan beragam konten digital di dalamnya. Di
tahun yang sama, John Bourne mengembangkan Asynchronous Learning Network Web
yang merujuk kepada kemampuan untuk memberikan pendidikan kapan saja dan di
mana saja melalui internet. Di Indonesia sendiri, PJJ telah ada sejak lama dan
telah dilakukan oleh beberapa kampus, Universitas Terbuka merupakan salah satu
pelopor pendidikan jarak jauh di Indonesia. Saat terjadi pandemi covid 19, maka
kementerian pendidikan dan kebudayaan memberikan kebijakan untuk melaksanakan
metode PJJ. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim
mengatakan bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat diadopsi menjadi permanen.
Permanen dalam arti kata PJJ tetap digunakan meskipun pandemi sudah berakhir
namun prosentase hanya sedikit, misal 10 persen online dan 90 persen tatap
muka, itu juga tergantung kebijakan dari sekolah masing-masing.
Sekolah
menyenangkan itu adalah yang di harapkan oleh semua kalangan masyarakat termasuk di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli
Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan
Wonokusumo Kecamatan Semampir Selalu
mengajak Siswa / Siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “ AL-IKHLAS Surabaya
selalu Riang Gembira tanpa harus Ada
rasa terbebani , Apalagi pada saat masa pandemic COVID – 19 Seperti yang
terjadi saat ini, Dimana untuk mengatasi kejenuhan yang dialami siswa / siswi
SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya Pembelajaran Jarak Jauh (
DARING ) Dimana SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya Sudah
melaksanakan pembelajaran secarang LURING, Seperti yang di lakukan Siswa /
Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya Pada Hari SABTU 5/2/2022
Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya melaksanakan
melaksanakan kegiatan Pendidikan Karakter ( Pelajar Pelopor Pancasila ) Yaitu EXTRA Panahan yang dilatih oleh Kak
SYAHRUL ,S.Pd , Kegiatan tersebut dilakukan setelah pagi Jam 06.30 Latihan
Pramuka di lanjutkan dengan Latihan PANAHAN
Dalam
kesempatan yang baik ini Penulis yang sekaligus Kepala SMP PGRI 6 Surabaya
Selalu mengajak Gerakan Menyambut Siswa
Belajar dengan Ikatan Rasa , Sehingga harapannya Siswa / Siswi Baik SMP PGRI 6
Surabaya Maupun SDS “ AL-IKHLAS Surabaya Merasa Aman , Nyaman ketika melakukan pembelajaran di sekolah
bersama dengan teman – teman mereka maupun guru – guru mereka , Sehingga Kelak
harapannya mereka siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya
menjadi Generasi EMAS UNGGUL Dan BERKARAKTER.
#
Tantangan GuruSiana
#Guruhebat
#Dinaspendidikan
Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar