“ PEMBINAAN GURU SMP PGRI 6 OLEH YAYASAN PGRI
Daam MENYIAPKAN GENERASI EMAS UNGGU DAN BERKARYA
HARI
KE - 715
Pembinaan berasal
dari kata bina
yang artinya membangun, mendirikan.1Pembinaan menurut
Kamus Lengkap Bahasa
Indonesia adalah proses atau
sistem cara membina.2Secara terminologis, pembinaan guru
sering diartikan sebagai
serangkaian usaha bantuan kepada guru,
terutama bantuan yang
berwujud layanan profesional yang dilakukan oleh kepala
sekolah, pemilik sekolah, pengawas dalam rangka
untuk meningkatkan proses
dan hasil belajar.
Kurikulum 1975
memberikanbatasan pembinaan guru
sebagai bantuan kepada
staf untuk mengembangkan situasi
belajar mengajar yang
lebih baik, sedangkan menurut
Adams memberikan batasan
sebagai perencanaan program perbaikan
pengajaran.3Menurut Zakiyah Dradjat pembinaan adalah upaya pendidikan baik
formal atau non formal yang dilaksanakan secara sadar, terencana, terarah dan
bertanggung jawab dalam
rangka memperkenalkan,
menumbuhkan dan mengembangkan
suatu dasar kepribadian
yang seimbang dan selaras.Secara lebih
luas, pembinaan dapat
diartikan sebagai
serangkaian upaya, pengendalian
profesional terhadap semua unsur
organisasi agar berfungsi
sebagaimana mestinya sehingga
dapat terlaksana secara efektif dan efisien Tujuan pembinaan guru
adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional
guru dalam meningkatkan
proses dan hasil belajar
melalui pemberian bantuan
yang terutama bercorak layanan profesional kepada
guru.Jika dalam proses
belajar meningkat maka hasil
belajar diharapkan juga
meningkat. Dengan demikian,
rangkaian usaha pembinaan profesional
guru akan memperlancar
pencapaian tujuan kegiatan belajar mengajar.Secara umum,
pembinaan guru atau
supervisi bertujuan untuk memberikan bantuan
dalam mengembangkan situasi
belajar mengajar yang lebih
baik melalui usaha
peningkatan profesional mengajar, menilai kemampuan guru sebagai
pendidik dan pengajar dalam bidang masing-masing guna membantu mereka melakukan
perbaikan dan bila mana diperlukan dengan menunjukkan nkekurangan-kekurangan
untuk diperbaiki sendiri Manajemen kelas terdiri
dari dua kata,
yaitu manajemen dan kelas.
Manajemen merupakan serangkaian
usaha untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan dengan
memanfaatkan orang lain, sedangkan yang dimaksud dengan kelas adalah suatu
kelompok orang yang melakukan kegiatan
belajar bersama sesuai
dengan tujuan yang telah
ditetapkan dalam kelas
tersebut, guru berperan
sebagai manajer utama dalam
merencanakan,
mengorganisasikan,
mengaktualisasikan dan melaksanakan pengawasan atau supervisi
kelas.31Kelas memiliki arti
sempit dan arti
luas. Dalam arti sempit, kelas
berarti ruangan yang
dibatasi empat dinding
tempat sejumlah siswa berkumpul
untuk mengikuti proses
belajar mengajar.Kelas dalam arti
luas adalah suatu
masyarakat kecil sebagai
bagian masyarakat sekolah sebagai
suatu satu kesatuan
yang diorganisir menjadi unit
kerja yang secara
dinamis menyelenggarakan kegiatan-kegiatan belajar mengajar yang
kreatif untuk mencapai tujuan.32Kelas harus dirancang dan dikelola dengan
seksama agar memberi hasil yang maksimal.
Pendekatan atas kelas
tergantung kepada kemampuan, pengetahuan, sikap
guru terhadap proses
pembelajaran. Kondisi proses belajar mengajar yang
berlangsung optimal ini harus
direncanakan dan diusahakan
oleh guru secara
sengaja agar dapat dihindarkan kondisi
atau situasi yang
merugikan atau mengganggu dan
mengembalikan kepada kondisi
yang diharapkan, bilamana terjadi
hal-hal yang merusak
atau mengganggu suasana pembelajaran disebabkan oleh tingkah
laku siswa yang menyimpang di dalam kelas.34Strategi pembelajaran
yang menyenangkan dapat
diciptakan melalui penerapan berbagai
strategi pengajaran. Setiap
siswa dapat menikmati proses
pembelajaran yang menyenangkan
jika lingkungan fisiknya kondusif
untuk belajar, selain
itu interaksi dan
komunikasidengan guru dalam
hubungan saling menghargai,
menghormati dan penuh keakraban,
juga akan mendukung
suasana tersebut.
Dalam
memasuki pembelajaran semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 Bapak / Ibu Dewan Guru SMP PGRI 6 Surabaya
Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7
– 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Pada Hari Kamis 30/12/2021
Kedatangan Bapak Drs. H. ILYAS ,S.Ag , M.Pd
Selaku Ketua YPLP PGRI Kota Surabaya. Bapak Drs. ACHMAD SUHARTO M.Pd Selaku Wakil Ketua YPLP PGRI
Kota Surabaya Dan Bapak Drs SUTOPO MM
Selaku Sekretaris YPLP PGRI Kota Surabaya
Dalam
sambutannya Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menghaturkan banyak
terimakasih Atas SUPORT Dan Dukungan Bapak / Ibu Dewan Guru di SMP PGRI 6
Surabaya yang telah Suport Untuk sama –
sama Mencetak Generasi Emas UNGGUL Dan Berkarakter Semasa Kepemimpinan Penulis
. Penulis menyampaikan Bahwa Tanggal 31
DESEMBER 2021 Adalah masa Terakhir Penulis menjabat menjadi Kepala Sekolah di
SMP PGRI 6 Surabaya Selama di pimpin
Penulis merasa banyak salah dan dosa kepada Bapak / Ibu Guru
Dalam
kesempatan ini Bapak Drs. H. ILYAS ,S.Ag , M.Pd
Selaku Ketua YPLP PGRI Kota Surabaya Menyampaikan Pembinaan Guru Pada
Siang Hari Ini Mengajak Guru – Guru Dan Kepala Sekolah Untuk Bersinergi Maju bersama Mencerdaskan
Generasi Emas Dan Berkarakter Serta Semoga Ke depannya SMP PGRI 6 Surabaya
LEBIH JAYA SUKSES Dibawah Komando Bapak
H. BANU ATMOKO,S.Pd
#
Tantangan GuruSiana
#Guruhebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar