Selasa, 03 November 2020

“ JADIKAN SEKOLAH UNGGUL SEKOLAH BERMUTU Untuk Mencetak Generasi Emas Hebat di Wilayah Utara”

 









































































































“ JADIKAN SEKOLAH UNGGUL  SEKOLAH BERMUTU

Untuk Mencetak Generasi Emas Hebat di Wilayah Utara”

Hari Ke- 294

Proses Pemetaan mutu pendidikan sampai saat ini di bulan Agustus ini masih terus berlangsung. Pemetaan mutu di maksudkan untuk melihat bagaimana kelebihan dan kekurangan dari sekolah dengan instrumen PMP yang di input dalam Aplikasi PMP bersamaan dengan pengisian data sekolah di aplikasi Dapodik. Namun sampai sekarang masih banyak sekolah yang mengalami kebingungan dengan pemanfaatan dari rapor mutu yang sudah mereka peroleh.   Rapor Mutu 2016 dan 2017 telah dapat diunduh dari website PMP dengan catatan bahwa sekolah melakukan pengisian terhadap aplikasi PMP di tahun 2016 dan tahun 2017. Semakin baik pengisian PMP oleh sekolah maka semakin valid data yang di hasilkan. Semakin valid data yang di hasilkan maka akan semakin baik pula program yang di susun berbasis hasil pemetaan yang sudah di lakukan.  Hasil PMP yang sudah di lakukan harus di analisis untuk di ketahui kelemahan dan kelebihan yang sudah di miliki sekolah. Pemetaan baru merupakan langkah awal dalam siklus penjaminan mutu internal. Setelah pemetaan memunculkan rapor mutu kemudian di lakukan perencanaan. Dalam rapor PMP akan terlihat deretan angka angka dari 0 s.d 7. Semakin tinggi artinya semakin baik capaian SNP sekolah demikian sebaliknya. Dalam keadaan capaian sekolah rendah semua maka di butuhkan skala prioritas pencapaian dan disusun dalam RKS yang di jabarkan dalam RKT. Perencanaan 4 tahunan disusun dengan mengacu kepada rencana strategis dinas pada tiap daerah. RKT dengan di dukung RKAS akan mewujudkan program setiap tahunnya.    Nilai capaian SNP yang masih rendah atau berwarna merah di Rapor Mutu PMP memerlukan tindakan. Berdasarkan analisa akan dapat di temukan akar masalah yang menjadi sebab dari kelemahan yang timbul. Jangan sampai terjadi kita memecahkan masalah yang bukan akar masalah, apalagi sampai membuatkan program hal yang bukan merupakan masalah. Hal ini juga menjadi pokok penekanan kenapa dalam pengisian instrumen PMP harus sevalid mungkin, agar jangan sampai muncul program yang bukan masalah sekolah. Pasca perencanaan kemudian di lakukan implementasi pelaksanaan program yang sudah di susun berdasarkan anggaran yang tersedia.

Dalam mewujudkan Sekolah Bermutu MKKS SMP Swasta Surabaya Utara , Pada hari Selasa 3 / 11/2020  Diberikan kepercayaan oleh SMP  Negeri Wilayah Surabaya Utara  untuk ketempatan acara Sosialisasi RAPOT MUTU 2020 Di SMP YP 17 Surabaya  Jalan Randu Nomor 17 Surabaya , Dalam Acara Sosialisasi RAPOT Mutu Tahun 2020  Turut Hadir yaitu Ibu ISTUNINGSIH ,S.Pd ,M.Pd Bapak H. ACHMAD SYUHADAK,S.Pd , M.Pd Selaku Pengawas Pembina SMP Swasta Surabaya Utara  , Bapak Drs. H. SYAHIBUR RACHMAN ,M.Pd Selaku Kepala SMP NEGERI 15 Surabaya Dan Kordinator SMP  Negeri Wilayah Surabaya Utara. Sebelum Memulai Acara Menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang di pimpin Oleh Ibu MEI RATNA SUSANTI,S.Si dari SMP PGRI 6 Surabaya , Selanjutnya Sambutan Dari Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Bapak H. BANU ATMOKO,S.Pd mengajak Rekan Rekan OPERATOR Sekolah Untuk Tetap Menjadi PAHLAWAN DATA  Mulai Dari Profil Sekolah , DAPODIK , Penginputan Nomor HP Siswa Ke DAPODIK , Dan Sekarang PMP ( Rapot Mutu ) Banu Atmoko ,S.Pd mengajak kepada Operator SMP Negeri Dan Swasta Dapat Bersinergi Untuk MAJU Bersama Di mana Beliau  minta Group Untuk PMP SMP Swasta Utara , Jadi Sesama Operator Bisa Kordinasi  Jika Ada Kendala Kendala dalam mengerjakan Rapot Mutu 2020 . Ibu ISTUNINGSIH , S.Pd , M.Pd Selaku Pengawas Pembina SMP Wilayah Surabaya Utara Menyampaikan Bahwa  Tujuan dari Pengisian Rapot Mutu Adalah Pemanfaatan Peta Mutu Untuk Perencanaan Program Peningkatan Mutu, Perencanaan Pelatihan, Perencanaan Kurikulum.

Rapor mutu dari hasil Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) membantu untuk mengidentifikasi masalah, penilaian program dan pencapaian sasaran. Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan serta kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan ke depan. Memperkuat budaya evaluasi kelembagaan dan analisis-diri. Mendorong sekolah untuk meninjau kembali kebijakan yang telah usang. Memberi informasi tentang status sekolah dibandingkan dengan sekolah lain. Sekolah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang Sekolah dapat mengidentifikasikan peluang dan tantangan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hasil PMP dapat dimanfaatkan untuk membuat program peningkatan mutu pendidikan melalui BOS dalam rangka penjaminan mutu pendidikan. Hasil PMP dapat dimanfaatkan untuk mendorong sekolah guna meningkatkan mutu sebagai persiapan menghadapi akreditasi atau sistem penjaminan mutu eksternalSekolah dapat memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah.Hasil PMP dapat dimanfaatkan sebagai ukuran jaminan mutu layanan pendidikan sebagai bentuk akuntabilitas bagi masyarakat.Hasil PMP dapat dimanfaatkan untuk menciptakan budaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah secara berkelanjutan. Pemanfaatan untuk Perencan  Materi Inti disampaikan oleh Bapak HARIYANTO Dari SMP Negeri 15 Surabaya Dan Bapak INDRA Dari SMP NEGERI 8 Surabaya Tentang TEKHNIS Pengisan RAPOT Mutu 2020 , Karena mereka berdualah yang Ikut Pelatihan WEBINAR Bersama Pengawas Dan LPMP JATIM , Teman Teman OPERATOR Sekolah sangat antusais dalam mengikuti Materi tersebut. Di Akhir Penutup Bapak Drs H. SHAHIBUR RACHMAN Menutup Acara SOSIALISASI RAPOT MUTU 2020 , Sebelum Berakhir Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Alumni Jurusan PLS UNESA  Kelahiran APRIL 1984  Dalam kesempatan ini  berharap agar Hasil RAPOT MUTU SMP Antara SMP NEGERI Dan Swasta Bisa Sejajar Sama , Serta Bapak H. BANU ATMOKO ,S.Pd berharap Agar SMP NEGERI Dan SMP Swasta Wilayah Surabaya Utara Dapat Bersinergi Untuk MAJU BERSAMA Menjadikan Sekolah UNGGUL Dan GENERASI EMAS Hebat Dan Bermartabat Tanpa Harus Ada Perbedaan SMP Negeri Dan SMP Swasta Di Surabaya Utara , Makanya Awali Dari SMP NEGERI Dan SWASTA di Utara” Kata BANU ATMOKO,S.Pd” Acara Ditutup Dengan Oleh Dari Bapak Drs.H. MAHFUDZ ,M.Pd . I Kepala SMP ROMLY TAMIM Surabaya.

#Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar