“ Sekolah Sehat Menuju Indonesia Unggul “
Sehat
adalah keadaan badan dan jiwa yang baik. Artinya, sesuatu dikatakan sehat jika
secara lahiriah, batiniah, dan sosial berjalan secara normal dan baik, sehingga
memungkinkan sesuatu dapat produktif, baik secara sosial maupun
ekonomis. Jika hal ini dikaitkan dengan lembaga pendidikan, maka sekolah
sehat dapat dimaknai sebagai adalah lembaga pendidikan yang memiliki
unsur-unsur yang baik (normal) secara lahiriah (jasmani) dan batiniah (rohani). Sekolah
sehat pada prinsipnya terfokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut
memiliki kondisi lingkungan belajar yang normal (tidak sakit) baik secara
jasmani maupun rohani. Hal ini ditandai dengan situasi sekolah yang bersih,
indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka
mencapai kesejahteraan lahir dan batin setiap warga sekolah. Dengan begitu,
sekolah sehat memungkinkan setiap warganya dapat melakukan aktivitas yang
bermanfaat, berdaya guna dan berhasil guna untuk sekolah tersebut dan
lingkungan di luar sekolah. Tuntutan utama peradaban teknologi pada era
global adalah kiat menyinergikan berbagai informasi dijadikan proposisi sebagai
kerangka pikir dalam pemecahan masalah. Karakteristik dialektika teknologi era
ini menuntut adanya pergeseran pola berpikir, kiat pemenuhan kebutuhan, ranah
dan tingkat kompetisi, serta budaya untuk survival. Suatu bangsa yang menguasai
pemanfaatan dan pengembangan teknologi berpotensi “menguasai dunia”. Dewasa ini
terjadi pergeseran ranah persaingan pada keunggulan kualitas dan aksessibilitas
suatu produk yang mengarah pada kecepatan, fleksibilitas, dan kepercayaan yang
didukung kemampuan learning how to learn dan networking. Keadaan ini
membutuhkan sumber daya manusia berkepribadian arif dan hikmat, mengedepankan
excellent competence, godly character, sustainable self-learning, dan spiritual
dis-cernment sebagai kunci keberhasilan dalam pemanfaatan, pengembangan dan
pelestarian kekayaan geografis, demografis, sosial- budaya. Karakteristik sosok
manusia ini berpotensi mampu mengembangkan kemampuan emulatif, yaitu
human-ware, info-ware, organo-ware, dan techno-ware untuk menghasilkan produk
teknologi yang ”high quality, low-cost, low-risk, high comptitieve” di era
global. Kata Kunci: manusia unggul dan berkarakter, kemampuan emulatif, bidang
teknologi, era globalisasi
Dalam menyemarakan HUT Kemerdekaan RI Yang Ke –
74 , SMP PGRI 6 Surabaya , Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7-9 Kelurahan
Wonokusumo Kecamatan Semampir , Pada Hari Jum’at 16/8/2019 , Dalam rangka
menyemarakan HUT Kemerdekaan RI Yang Ke – 74
Pada hari Jum;at seperti biasa di isi dengan kegiatan Olah raga Jam
05.00 yaitu LARI Pagi , Selesai lari , Seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6
Surabaya langsung melakukan kegiatan kerja bakti Massal ada yang menyapu halaman sekolah , Ada Yang Mengosek kamar
mandi , Ada Yang Membersihkan selokan , Selesai Membersihkan kerja bakti
tersebut Seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya melaksanakan Lomba Dalam
Rangka HUT Kemedekaan RI Yaitu Lomba Mengambar Dan Mewarnai Untuk Siswa / Siswi
SDS “ AL-IKHLAS Surabaya , Untuk SMP PGRI 6 Surabaya Untuk Putra adalah Lomba
Adzan , SMP Putri Adalah Lomba Paduan Suara Menyanyikan LAGU Perjuangan Dan
LAGU NASIONAL , Dalam kesempatan
tersebut Lomba ini di awasi oleh Ibu YENI EKA PRAWISTA , S.Pd , Ibu MEI
KURNIATUL ADAWIYAH , S.Pd dan Bapak ACHMAD SYAIFUDDIN , S.H.I, Menurut Kepala
SMP PGRI 6 Surabaya Bapak H. Banu Atmoko , S.Pd bahwa tujuan dari kegiatan ini
adalah Sekolah Sehat menjadikan INDONESIA YANG Unggul , Sehingga di harapkan
Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya menjadi Generasi yang Unggul dan Generasi Dan
Generasi Hebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar